4 Cara Merebus Ayam Ungkepan biar Cepat Empuk Hingga Meresap Bumbunya

Cara merebus ayam

Mengolah daging ayam sering kali dianggap sebagai hal yang sepele dibanding mengolah daging sapi atau jenis daging lainnya. Namun, saat merebus ayam untuk menghasilkan daging yang empuk dan meresap justru sering membuat teksturnya terlalu lunak, bahkan hancur. Belum lagi jika ayam jadi bau amis setelah matang. Hal ini membuat soal merebus daging ayam sebenarnya cukup tricky.

Advertisement

Apalagi ketika membuat ayam ungkep yang akan lebih enak jika bumbu meresap, daging matang sempurna dan nggak hancur. Tapi kendalanya adalah saat merebus ayam. Nah, untuk mendapatkan daging ayam yang sempurna, cara merebusnya nggak boleh sembarangan, ya. Ada trik khusus dalam merebus ayam yang benar. Penasaran gimana caranya? Berikut Hipwee Tips bagikan cara merebus ayam yang benar, yuk simak triknya!

1. Supaya nggak berbau amis, lumuri ayam dengan garam dan jeruk nipis atau lemon sebelum dicuci. Ayam juga perlu direbus sebanyak 2 kali

cara merebus ayam

Lumuri menggunakan lemon | Credit by Jcomp on Freepik

Saat merebus ayam sering kali menimbulkan bau amis, bahkan air rebusan jadi berbusa. Hal ini biasanya terjadi pada ayam pedaging jenis boiler yang mengandung banyak lemak. Cara merebus ayam agar tidak amis, coba lumuri seluruh bagian ayam dengan campuran garam dan jeruk nipis atau lemon. Gosok-gosok bagian kulit dengan campuran tersebut untuk menghilangkan lendir di permukaan ayam.

Bila perlu, buang juga lemak-lemak tebal yang biasanya berwarna putih kekuningan di sekitar dada. Proses melumuri garam dan jeruk tidak perlu terlalu lama, cukup sampai rata kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu, cuci daging ayam menggunakan air mengalir, kemudian rebus dengan air tanpa bumbu hingga mendidih. Setelah itu, buang air rebusan lebih dulu, kemudian rebus lagi. Pada rebusan kedua ini, barulah tambahkan bumbu sesuai selera.

Advertisement

2. Merebus ayam agar cepat empuk dengan cara memarinasinya lebih dulu menggunakan nanas sebelum mulai perebusan

Nanas | Credit by Dashu83 on Freepik

Beberapa jenis ayam seperti ayam kampung atau ayam jawa memiliki tekstur daging yang alot ketika dimasak. Sehingga butuh cara khusus saat mengolahnya. Biasanya, cara merebus ayam jawa agar cepat empuk menggunakan presto. Jika tidak punya presto, coba marinasi ayam lebih dulu menggunakan jus nanas atau parutan nanas.

Sebelum dimarinasi, cuci ayam lebih dulu sampai bersih, potong ayam menjadi bagian yang tidak terlalu besar, kira-kira satu kali lauk makan. Setelah itu, baluri ayam dengan campuran marinasi nanas dan bumbu-bumbu sesuai selera. Diamkan selama 15 menit, setelah itu rebus ayam selama 45-60 menit.

Jika kamu menggunakan ayam pedaging biasa, proses marinasi tidak boleh terlalu lama untuk menghindari daging remuk, cukup 5 menit saja, dan rebus selama 30 menit.

Advertisement

3. Cara merebus ayam agar bumbunya meresap sempurna tanpa perlu merebusnya terlalu lama

cara merebus ayam

Jangn dipotong terlalu besar | Credit by Jcomp on Freepik

Saat membuat ayam ungkep, bumbu memang harus meresap sehingga perlu direbus lama. Nah, supaya proses memasak lebih cepat tapi bumbu tetap meresap, ada triknya lo. Pertama, sayat bagian daging ayam yang tebal, kemudian marinasi ayam menggunakan bumbu-bumbu alami selama 30-45 menit.

Setelah itu, rebus ayam tapi jangan terlalu banyak airnya, cukup sampai seluruh ayam terendam tiga per empatnya. Rebus menggunakan panci atau wajan tertutup dan api kecil. Koreksi rasa saat air sudah mendidih. Tunggu selama 30-45 menit, kemudian matikan api dan biarkan ayam terendam bumbu hingga sisa air rebusan dingin, setelah itu tiriskan.

4. Supaya ayam bisa matang dan meresap sempurna, tapi tidak mudah hancur, tambahkan cuka saat proses perebusan

cara merebus ayam

Cuka | Credit by user3802032 on Freepik

Salah satu hal yang sering olahan ayam yang direbus dulu jadi gagal adalah terkstur dagingnya yang terlalu lunak, bahkan hingga hancur karena proses perebusan. Apalagi jika ayam yang dimasak cukup banyak dan harus diaduk-aduk supaya bumbunya merata. Cara merebus ayam agar tidah hancur cukup mudah, lo. Kamu hanya perlu menambahkan 2 sendok makan cuka untuk merebus 1 kg ayam.

Zat asam pada cuka bisa mengikat jaringan daging, sehingga tidak hancur saat direbus dalam waktu lama. Sehingga, tidak perlu khawatir jika ingin membuat bumbu meresap, empuk dan matang sempurna. Cara ini juga bisa kamu lakukan saat menambahkan nanas untuk mengempukan daging, ya. Jangan khawatir, rasa asam pada cuka tidak akan memengaruhi rasa kok.

Nah, itulah keempat cara merebus ayam yang benar. Mau dibuat olahan apa pun, seperti ungkepan, ayam panggang atau goreng, tetap terasa lezat karena matang sempurna, tidak berbau amis dan bumbunya meresap. Secara tampilan juga lebih bagus karena tidak hancur saat diolah. Sehingga, masak jadi menyenangkan, dan makan ayam jadi makin enak. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE