5 Trik Perbaiki Tanaman Hiasmu yang Tumbuh Kerdil. Rajin Dipupuk Ternyata Nggak Menjamin

cara perbaiki tanaman kerdil

Sejak pandemi, banyak lahan rumah yang awalnya kosong jadi penuh dengan tanaman-tanaman hias yang menyegarkan mata. Selain bikin sejuk udara dan indah pemandangan, bercocok tanam juga kamu coba untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif hobi baru untuk menghilangkan penat dari segala hal yang dilakukan di rumah aja karena nggak bisa ke mana-mana. Selain itu, siapa tahu kamu bisa dapat uang kaget saat salah satu tanaman di pekaranganmu jadi hits seperti janda bolong belakangan ini kan~

Akan tetapi, merawat tanaman ternyata nggak semudah yang dikira. Ada yang sudah rajin disiram tetap saja kerdil dan nggak bertumbuh. Alasannya bisa macam-macam seperti kebutuhan unsur hara yang nggak tercukupi, kekurangan sinar matahari, suhu udara yang nggak sesuai, atau terkena penyakit. Tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan kok untuk mengatasinya. Simak yuk selengkapnya!

1. Selain hanya menyiram dan memberikan pupuk, kamu harus memperhatikan apakah kira-kira tanaman hiasmu sudah perlu repotting

Repotting itu perlu/ Photo by Huy Phan from Pexels via www.pexels.com

Jika saat melihat ke bagian bawah pot kamu mulai melihat ada akar yang keluar dari sana maka artinya tanamanmu mulai terkekang dan butuh tempat yang lebih longgar untuk bisa tumbuh lebih besar. Dilansir dari Kompas, dalam sebuah wawancara, Alex Young, seorang pegiat kebun dari Royal Horticultural Society (RHS) mengatakan bahwa repotting bisa dilakukan di sore hari ketika cahaya sudah mulai meredup. Pastikan jangan sampai membuat akarnya patah saat memindahkan ya. Untuk pot yang dipilih tentunya harus lebih besar dari pot sebelumnya dengan selisih ukuran kira-kira 5 cm. Pot tak boleh terlalu besar karena banyaknya air yang ditampung justru akan membuat akar membusuk.

2. Ternyata bukan kita aja yang suka dengan micin, tanamanmu juga bisa tumbuh subur karena zat yang satu ini~

Micin/ Credit: topteen on Deposit Photos via depositphotos.com

Micin atau Monosodium Glutamat (MSG) ternyata baik untuk kesuburan tanaman karena mengandung kalium dan natrium. Tak hanya menyuburkan, micin ternyata juga bisa mencegah daun rontok, mempercepat tumbuhnya bunga, dan memperkuat akar.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Not that millennial in digital era.