Tiap hari, pengguna Instagram terus bertambah. Nggak cuma saling berbagi foto, banyak orang yang memanfaatkan Instagram sebagai media untuk berjualan. Tapi agar profil akun jualanmu terpercaya, jumlah followers ternyata ada pengaruhnya. Sayangnya, nggak mudah untuk mendatangkan followers, apalagi jika akunnya benar-benar baru.

Memang awalnya susah, tapi dengan cara-cara ini, lambat laun followers-pun akan berdatangan dan mengikuti akun olshop yang kamu bangun. Simak deh~

1. Buatlah akun jualan publik yang nggak di-private atau dikunci

jangan di private via parenting.orami.co.id

Advertisement

Memang, kalau akunmu dikunci, calon followers harus mengikuti dulu untuk mengecek produk jualanmu. Tapi, hal ini justru membuat pembeli malas. Lebih baik jangan kunci akun, supaya orang bisa dengan mudah menyukai unggahanmu. Kan kalau banyak likes, nanti bisa muncul di-explore juga.

2. Buatlah konten yang menarik dan unggah secara konsisten

buat konten menarik via www.yrcharisma.com

Kamu bisa membuat konten interaktif seperti infografis atau permainan yang memancing komentar followers. Unggahlah setiap hari supaya followers tahu bahwa akunmu ini cukup aktif. Kalau nggak sempat upload, kamu bisa memanfaatkan schedule post seperti Buffer atau Hot Suite.

3. Bermainlah dengan tagar dengan melakukan riset dulu sebelum menuliskannya

main tagar via www.idntimes.com

Jumlah tagar yang direkomendasikan untuk setiap unggahan ialah 10 sampai 15. Usahakan untuk nggak memakai banyak kata agar lebih mudah ditelusuri. Sebelumnya, kamu juga bisa melakukan riset untuk mencari tagar yang populer dengan menggunakan All Hastag Generator.

4. Meski dampaknya nggak begitu terlihat, namun caption yang menarik bisa mengundang banyak followers lo!

caption menarik via www.liputan6.com

Advertisement

Caption nggak perlu terlalu panjang yang penting bisa menuliskan dengan detail produk yang kamu jual. Di akhir, kamu bisa membuat kalimat seruan atau ajakan agar followers ikut berkomentar. Sekalian meningkatkan engagement, kan?

5. Kamu juga bisa melakukan metode follow-unfollow untuk mendapatkan followers

metode follow unfollow via nechstar.com

Cara ini terbilang ampuh untuk memancing pengikut kalau kamu baru buat akun. Tapi supaya nggak di-banned, pastikan kamu nggak follow akun terlalu banyak. Misalnya begini, hari ini kamu mem-follow 50 akun, nah setelah itu besoknya kamu bisa unfollow sebanyak 20. Lakukan secara rutin supaya followers konsisten naik.

6. Optimalkan Instagram Stories untuk menarik followers

optimalkan stories via later.com

Buatlah seenggaknya lima Instastory setiap hari. Kalau nggak sempat, kamu bisa mem-posting ulang feed-mu, tapi baiknya edit dulu supaya menarik, ya! Jangan lupa gunakan tagar dan geolokasi supaya Instagram Stories muncul di Explore.

7. Sesekali cobalah manfaatkan jasa endorse produk ke selebgram atau artis

endorse artis via www.diveregalos.com

Kalau akunmu belum banyak dikenal, metode ini patut kamu coba. Kamu hanya perlu mengirimkan produk jualan ke selebgram atau artis, kemudian mereka akan me-review-nya dan mempromosikan akun jualanmu. Cari tahu lebih dulu karena masing-masing selebgram punya aturannya sendiri.

8. Selalu cek analitik untuk mendapatkan insights baru dari followers

cek analitik via buffer.com

Instagram Insights bisa memberi kalian banyak informasi mulai dari lokasi, gender, usia dan bahkan waktu mereka sering memakai Instagram. Nah, dari sini kamu bisa melihat kapan waktu terbaik untuk upload dan konten seperti apa yang mereka inginkan.

Selain cara-cara ini, usahakan untuk selalu fast respon ketika ada komentar yang masuk. Selain membuat mereka nyaman,  ini juga bisa menaikkan engagement lo. Selamat mencoba, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya