6 Solusi Menyulap Cat Pagar Rumah yang Memudar Jadi Baru. Yuk, Tumpas Karat yang Mengganggu!

Cat pagar rumah

Membuat tampilan cantik pada hunian memang dambaan setiap orang, terutama bagian depan rumah. Namun, seringkali kita mengeluh soal pagar rumah yang cepat sekali catnya mengelupas atau berkarat. Alih-alih ingin menciptakan cat pagar rumah minimalis, justru bagian yang mengelupas membuat suasana jadi terkesan nggak terawat. Sebenarnya ada banyak bahan dari pagar rumah yang biasa ditemukan, dari mulai kayu, alumunium sampai besi — yang punya kekurangannya masing-masing setelah dipakai dalam waktu yang lama. Cepat atau lambat, pagar bisa mengalami oksidasi yang membuat catnya mengelupas, nggak hanya merusak estetika tapi bisa berujung kerobohan.

Advertisement

Daripada harus mengganti yang baru, kamu bisa lo mengatasi masalah cat pagar rumah yang mengelupas dengan beberapa cara ini, dijamin tampilannya jadi kayak baru lagi!

1. Kalau pagar di rumahmu terbuat dari kayu, sebelum dicat ulang, lihat dulu apakah ada lubang yang keropos. Jika iya, baiknya ditambal dengan wood putty biar hasilnya lebih solid

mengecat pagar kayu I Photo by lianna_s via id.depositphotos.com

Cat pagar rumah warna coklat memang memberikan kesan yang sederhana dan hangat, namun kalau pagar kayu perlahan memudar dan menghitam, tentu bikin estetikanya jadi berkurang. Diperlukan pengecatan ulang supaya tampilan terlihat baru. Pertama amplas permukaan kayu hingga licin dan rata sebisa mungkin searah dengan serat kayu. Bersihkan permukaan dari debu, air, minyak dan sisa amplas, kemudian lapisi kayu menggunaan woody putty. Tujuannya supaya kayu yang keropos atau bekas paku bisa tertutup sebelum dicat.

Selanjutnya, kamu bisa memilih warna pagar rumah terkini atau tetap mengikuti warna sebelumnya. Aplikasikan cat dasar yang diencerkan dengan tiner, tunggu hingga mengering baru dilanjutkan dengan campuran cat kayu dan tiner.

Advertisement

2. Belum terlalu parah, cat pagar rumah besi yang terkelupas masih bisa diatasi dengan mengoleskan gemuk alias minyak atau oli bekas

ilustrasi penggunaan oli I Photo by stocco.claudio.libero.it via id.depositphotos.com

Biasanya, cat pagar besi sering terkelupas karena paparan sinar matahari hingga air hujan. Ditandai warna cat pagar besi semakin memudar dari warna aslinya, bahkan lebih menghitam. Nah, kalau ada tanda-tanda kayak gini, sebaiknya tutupi bagian yang terkelupas dengan gemuk, bisa menggunakan minyak atau oli bekas. Bahan tersebut nggak akan bisa bersatu dengan air. Setelah diolesi, tutup dengan plastic wrap untuk mencegah timbulnya karat.

3. Kalau pagar sudah diselimuti karat, jangan tunggu lama, langsung aplikasikan cat antikarat. Gunakan minuman bersoda untuk meluruhkan karatnya~

pagar berkarat I Photo by Cornfield via id.depositphotos.com

Cat pagar rumah warna abu-abu jadi coklat? sudah pasti itu karatan, apalagi jika bahannya terbuat dari besi. Berikut cara praktis memperbaruinya:

Advertisement
  1. Siapkan perlengkapan mulai dari sikat kawat, amplas besi, kuas, cat anti karat dan sarung tangan.
  2. Bersihkan permukaan yang berkarat, kemudian amplas permukaannya hingga halus.
  3. Oleskan cat dasar antikarat dan tunggu sampai mengering.
  4. Timpa dengan cat pagar rumah yang bagus sesuai selera.

Opsi lain bisa menggunakan minuman bersoda ke titik yang berkarat, diamkan, kemudian gosok permukaannya dengan lap kering sampai luruh.

4. Perhatikan teknik pengecatan dan jenis cat yang dipilih supaya warna tetap awet. Keringkan di cuaca panas selama seharian

mengecat pagar rumah I Photo by Sutichak via id.depositphotos.com

Sebelum membeli, kenali dulu jenis cat khusus untuk melapisi besi, diantaranya cat alumunium, epoxy, cat efek, cat alkyd sintetik dan duco. Pilih merek cat pagar rumah yang ramah lingkungan biar nggak membawa efek negatif untuk tetangga sekitar. Gunakan teknik semprot untuk pengecatan agar bahan menempel lebih sempurna dan memberikan perlindungan lebih maksimal dari teknik pulas dengan kuas. Warna cat pagar rumah 2020 kemarin sih identik dengan kesan minimalis warna putih atau hitam, mungkin bisa jadi rekomendasi untuk pagar rumahmu?

5. Karat bisa menyebabkan besi lapuk dan keropos, kalau sudah begini, las jadi pilihan terakhir untuk mengembalikan bentuk seperti semula

ilustrasi las pagar I Photo by tachichakly via id.depositphotos.com

Kalau sudah terlanjur berkarat dan sudah lapuk, sebaiknya las kembali bagian yang rusak. Namun perlu hati-hati, biasanya hanya dilakukan oleh orang yang lebih ahli. Agar pagar terlihat menarik, pakai cat pagar rumah yang cantik, warna terang bisa dicoba untuk memberikan kesan ceria. Gunakan cat pagar rumah kelabu seperti hitam atau abu-abu untuk tampilan lebih modern.

6. Jangan lupa untuk dirawat secara berkala, bagian samping pagar untuk penyangga juga nggak boleh luput, lo!

perawatan pagar rumah I Photo by Feverpitch via id.depositphotos.com

Setelah cara sebelumnya kamu praktikkan, lakukan kontrol perawatan secara berkala biar efek kerusakannya nggak terlalu besar. Pagar kuat kalau penyangganya cepat rusak sama saja bohong dong, bakal rugi juga. Kalau bagian samping terbuat dari batu alam dan sudah memudar, kamu bisa memberikan warna cat pagar batu rumah yang senada. Misal batu bata yang dipakai, maka gunakan warna terracota untuk mempercantik atau yang paling umum aplikasikan warna abu-abu muda.

Demikian cara mengembalikan cat pagar rumah seperti semula. Yuk, coba lakukan perawatan sedini mungkin biar efek kerusakannya nggak terlalu parah. Pengeluaranmu jadi nggak terlalu besar deh. Jangan lupa aplikasikan cat pagar rumah yang cantik sesuai seleramu, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE