Banyak sih sekarang yang bilang kalau manusia diperbudak sama teknologi. Mungkin kamu pernah dengar istilah ini “smartphone, dumb people” yang artinya ponsel cerdas dan orang bodoh.

Contohnya aja kamera HP. Kamera smartphone sekarang udah banyak yang punya resolusi yang nggak kecil lagi, belasan MP lho. Luar biasa. Nah, sayangnya kamera-kamera dengan resolusinya sebesar ini kurang dimanfaatkan dengan maksimal. Biasanya sih cuman dipakai buat motret makanan, selfie, motret pemandangan, dan gitu-gitu aja.

Nyatanya nggak juga kok. Nyatanya kita nggak kalah cerdas dengan ponsel kita yang makin hari-makin cerdas. Dengan kamera ponsel, kita bisa lakukan beberapa hal bermanfaat dan penuh faedah yang mempermudah hidup kita, sekaligus membuktikan kalau kita lebih cerdas dari ponsel kita. Penasaran apa kegunaannya? Ini dia.

1. Jangan sampai kamu lupa siapa saja yang pinjam barang-barangmu. Kamu bisa jepret temenmu yang lagi pegang barang yang dia pinjam.  Jadikan ini bukti kalau nanti dia mengelak.

dengan begini kamu tahu barang-barangmu dipinjam siapa aja via www.reddit.com

Ini nih, kebiasaan minjemin buku, disc, catatan, apa kek itu nggak selalu menjamin barang itu akan kembali ke kamu. Untuk mengantisipasinya, kamu perlu terapkan tips yang satu ini. Kelihatannya sih emang bodoh, tapi dijamin ini bakal berguna banget untuk jangka panjangnya. Abadikan siapa saja yang pinjam barang-barang kamu, sekaligus antisipasi kalau suatu saat nanti dia mengelak pernah pinjam barang ke kamu, tunjukkan foto ini sebagai bukti.

2. Kalau kamu terburu-buru banget mau belanja dan lupa bikin checklist, jepret aja isi kulkasmu. Jadi kamu bisa tahu mana yang perlu dibeli dan mana yang belum perlu.

Advertisement

ini dia checklist bergambar, mana yang perlu dibeli dan mana yang nggak. Itung-itung hemat pengeluaran via simplybeingmum.com

Kalau udah keburu, nggak sempet bikin checklist. Kamu juga berdayakan smartphone kamu buat bikin checklist bergambar. Dengan begini kan kamu bisa tahu mana yang sudah perlu dibeli lagi dan mana yang belum. Itung-itung juga buat penghematan biar nggak belanja barang yang belum perlu dibeli.

3. Lihat betapa banyak yang parkir, lupa tadi parkir motor di mana udah hal wajar. Biar tetap ingat, jepret aja sekali. Kalau kamu lupa, buka aja gallery lalu “Oh, di situ motorku”.

motormu yang biru, deket pedagang es kelapa muda via www.panoramio.com

Lupa tempat parkir adalah hal yang wajar. Apalagi kalau kamu habis bersenang-senang selama berjam-jam, sampai-sampai motor sendiri kamu lupakan. Dengan mengabadikannya, kamu bisa ingat posisi motor kamu di sebelah mana dan apa saja di dekat situ. Selain untuk pribadi, kalau ada teman kamu mau pinjam motor, kamu bisa tunjukkan di mana motor kamu lewat foto itu juga.

4. Memotret catatan adalah cara cerdas untuk menyimpan dokumen tanpa mencatat. Nggak beda jauh kan sama fotocopy?

daripada fotocopy, bayar, mending jepret aja deh via hidatte.wordpress.com

Bukan masalah malas, memotret catatan adalah cara cerdas yang bisa kamu terapkan. Daripada harus mencatat ulang catatan teman atau dokumen-dokumen penting, daripada fotokopi selembar dua lembar yang harus mecah uang, jepret aja. Beres kan? Hasilnya juga nggak jauh beda dari fotocopy atau scan.

5. Mata kamu minus dan kesulitan cari kacamata? Gunakan kamera dan tatap layar HP-mu. Semuanya terlihat lebih jelas, bukan?

setidaknya kamera membantumu memfokuskan pandanganmu saat terdesak via blog.freshspex.com

Beruntunglah kalian yang tidak punya gangguan pengelihatan. Tapi, khusus kamu yang nggak bisa lepas dari kacamata, ada saatnya kan kamu kesulitan mencari barang atau kacamata saat kamu tidak pakai kacamata. Pandanganmu mungkin memang kabur untuk menemukan kacamatamu, tapi kamu bisa pakai kamera hape kamu untuk memudahkan kamu menemukan barang yang kamu cari. Nggak perlu ambil foto atau video, cukup buka aja program kamera dan kamu bisa melihat segala sesuatu dengan lebih jelas.

6. Buat memastikan nggak ada orang yang menyentuh barang-barang pribadimu, jepret aja sebelum kamu bepergian. Setelah pulang, lihat apakah ada perbedaan dengan posisi barang-barangmu?

amati saja barang sakralmu kalau-kalau ada perubahan posisi via www.intisari-online.com

Kadang ada nih yang sering memakai alat mandi kita secara diam-diam, apalagi kamu yang tinggalnya di kos-kosan. Untuk mengetahui kalau benar ada yang diam-diam pakai alat mandimu yang sifatnya pribadi itu, kamu jepret aja alat-alat mandi kamu. Sepulang kerja atau kuliah, kamu bisa cek kembali alat-alat mandimu sambil membandingkan posisinya dengan yang ada di foto. Kalau emang ada perubahan posisi, berarti ada orang lain yang pakai, hehe, hehe.

7. Buat antisipasi kalau hapemu hilang, pasang foto informasi atau kontak yang bisa dihubungi sebagai wallpaper. Siapa tahu orang yang nemu berbaik hati

siapa tahu yang nemu berbaik hati (ngarep lagi) via nedhardy.com

Ngarep boleh-boleh aja kok, sah dan nggak ada hukum yang melarang. Buat kamu nih yang sering meninggalkan atau menghilangkan barang, terutama hape, kamu perlu coba teknik ini. Kamu bisa foto informasi tentang diri kamu atau orang yang bisa dihubungi. Kalau perlu cantumkan email, alamat facebook atau twitter. Lalu, pasang foto itu sebagai wallpaper atau background screenlock kamu. Ya, emang kedengarannya nggak mungkin berhasil, tapi setidaknya kamu telah berusaha memberikan informasi bagi siapapun yang menemukan hape kamu. Siapa tahu orang yang nemu adalah orang yang bijaksana.

Kalau penasaran teknik ini bakal berhasil atau tidak, tinggal aja hape kamu di suatu tempat. Tunggu kalau ada orang yang menghubungi kamu. Kalau ada yang menghubungi, berarti teknik ini berhasil.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Yakinlah kalau kamu nggak kalah pintar dibanding smartphone kamu.