Kebanyakan rambut panjang hanya dimiliki oleh para cewek, namun ternyata beberapa cowok juga kerap memanjangkan rambutnya. Yup, mereka menyebutnya rambut gondrong. Pada cowok, rambut gondrong ini biasanya terkesan jorok dan berantakan sehingga membuat cewek ilfil dan kurang menyukai model rambut gondrong ini. Padahal, jika dirawat dengan baik, rambut gondrong ini memberi kesan yang berbeda bagi cowok yang memilikinya.

Supaya rambut gondrongmu terlihat rapi dan nggak awut-awutan, ikuti cara merawatnya dari Hipwee Tips berikut ini, ya…

1. Pilih model rambut yang tepat dengan bentuk wajahmu, jangan sampai keliru, bukannya keren malah terlihat aneh dan bikin malu. Duh..

sesuaikan dengan bentuk wajahmu via beta286.print.kompas.com

Rambut gondrong nggak selalu cocok untuk semua jenis rambut dan bentuk wajah. Cowok biasanya menginginkan segala hal yang keren namun tetap rapi dan praktis, tapi ingat, jangan sampai kamu keliru mengambil keputusan.

Konsultasikan dengan hair stylist bagaimana model rambut yang simpel dan sesuai dengan bentuk wajahmu. Salah melakukan hair-styling bisa bikin wajah terlihat aneh dan rambut jadi susah diatur.

2. Punya rambut gondrong harus jaga kebersihan, rutinlah mencucinya dengan sampo dan kondisioner pilihan

Advertisement

rajin keramas dan pakai kondisioner via www.google.co.id

Idealnya, mencuci rambut yang tepat adalah tiap dua sampai tiga hari sekali untuk memaksimalkan kesehatan rambut. Kebanyakan cowok biasanya keramas tiap hari, hal ini dapat mengupas kulit kepala dari minyak esensial alami, sehingga rambut menjadi rusak dan kering serta kulit kepala terkelupas.

Setelah keramas, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner. Cowok cenderung mengabaikan langkah ini, padahal kondisioner sangat penting untuk merawat rambut panjang supaya tetap lembut dan nggak kusut. Gunakan kondisioner hanya di bagian ujung rambut saja, hindari mengusapkannya pada kulit kepala karena justru akan menyebabkan munculnya ketombe.

3. Jangan menggosok rambut saat basah karena akan membuat rambut mudah patah, sekaligus kusut

cukup diangin-anginkan via lghttp.33667.nexcesscdn.net

Setelah keramas, biasanya cowok cenderung memilih cara praktis untuk mengeringkan rambutnya seperti menggosok rambut dengan handuk. Cara ini justru akan membuat rambut menjadi mudah kusut karena banyak mendapat tekanan dan gesekan.

Cukup keringkan rambut sewajarnya saja dengan menyekanya perlahan. Biarkan air menetes dengan sendirinya. Atau angin-anginkan supaya rambut kering dengan sendirinya.

4. Hindari juga menyisir berlebihan, tapi juga jangan membiarkan rambutmu tanpa disisir. Hmm, repot ‘kan?

sisir rambutmu seperlunya via surgeryvip.com

Biasakan menyisir rambut gondrongmu seperlunya saja, jangan terlalu berlebihan. Sedikit menyisir hanya untuk meluruskan rambut nggak masalah, terlalu sering menyisirnya akan merusak rambut dan membuatnya rontok.

Usahakan juga untuk nggak menyisir rambut saat rambut masih basah, karena keadaannya rapuh dan mudah rontok. Baiknya, sisirlah rambutmu sebelum tidur supaya rambut nggak kusut dan tetap rapi sampai keesokan harinya.

5. Potong ujung rambut selama 2 bulan sekali agar pertumbuhannya sehat dan terhidar dari rambut bercabang

lakukan pemotongan ujung rambut secara berkala via i.ytimg.com

Masalah rambut panjang adalah bercabang. Cara terbaik untuk membuang rambut bercabang adalah dengan melakukan hair trimming atau pemotongan ujung rambut. Baiknya kamu melakukannya secara rutin tiap 2 bulan sekali. Namun, memotong ujung rambut juga nggak boleh sembarangan, jangan malu pergi pergi ke salon untuk meminta bantuan.

Nggak ada gunanya memelihara rambut panjang jika nampak kusam, rusak dan bercabang. Dengan melakukan hair trimming, rambut akan tetap sehat karena bagian yang rusak dibuang. Kamu pun akan mendapatkan rambut panjang idaman.

6. Untuk merawatnya dari dalam, beri asupan nutrisi dan air putih secara teratur

beri nutrisi pada rambutmu via hariangadis.com

Rambutmu juga butuh makanan dengan kadar nutrisi tepat untuk membuatnya tetap sehat dan bersinar. Konsumsi makanan seimbang yang mengandung zinc, asam lemak Omega-3, dan juga vitamin B.

Kadar air di dalam tubuh harus mencukupi. Selain air putih, sekali waktu kamu perlu minum air kacang hijau dan sari kedelai. Kacang-kacangan akan membantu pertumbuhan sehat pada rambut panjang.

7. Minimalkan penggunaan bahan kimia. Untuk menjaga rambut gondrongmu tetap sehat, gunakan minyak kelapa

minyak kelapa baik untuk kesehatan rambut via smileherb.com

Pada dasarnya, rambut panjang memiliki sifat rapuh dan mudah patah. Jadi, jika terlalu sering terkena paparan bahan kimia, maka akan membuat rambut jadi kering dan rusak. Sebagai alternatif yang aman, kamu bisa gunakan minyak kelapa untuk membantu menjaga rambutmu tetap sehat. Minyak kelapa membantu mencegah kehilangan protein dan kerusakan pada rambut.

8. Supaya nggak terlihat berantakan, ikat rambutmu saat kamu mengalami bad hair day

ikat rambutmu supaya nggak berantakan via www.genmuda.com

Rambut panjang yang sedang dalam masa kejelekannya akan kurang nyaman dipandang. Ikat rambutmu untuk menyamarkannya, selain itu juga akan membuatmu lebih nyaman dan leluasa. Sebaiknya jangan mengikat rambut terlalu kencang karena dapat membuat rambut rontok. Gunakan pengikat rambut yang non elastis sehingga rambut lebih nyaman dan aman.

Merawat rambut panjang memang gampang-gampang susah, tapi juga jangan anggap remeh. Selama kamu rajin memperhatikan kesehatan rambut dan rutin melakukan perawatan, yakin deh, rambut gondrongmu akan jadi incaran banyak wanita. Selamat mencoba, ya!