Di bulan puasa, bukan cuma soal menahan haus dan lapar saja, tentu menahan hati dan pikiran dari keburukan juga jadi tantangan tersendiri. Kadang waktu terasa berjalan begitu lama. Tiap lihat jam, batinmu berbisik “kok masih lama azan Magribnya?”. Untuk membunuh waktu, di zaman yang penuh perkembangan teknologi ini sudah pasti berselancar di dunia maya menjadi pilihan utama, terutama bagi anak muda. Mulai dari streaming film sampai scrolling media sosial dan ngepoin akun-akun gosip. Dengan aktif di dunia maya, waktu yang kita habiskan jadi nggak terasa. Tahu-tahu udah mau berbuka aja.

Nah, ketimbang nonton hal nggak berfaedah yang menyedot kuota atau scrolling postingan akun gosip yang berpotensi merusak puasamu (apalagi kalau topiknya buat rumpi), banyak hal yang lebih baik kamu lakukan di Internet. Mumpung berada di bulan penuh berkah, dengan ganjaran pahala yang berkali-kali lipat, inilah waktunya kamu #MembentangKebaikan. Yuk lakukan lima kebaikan ini!

1. Bantuin teman jualan, sekadar repost sekali atau dua kali nggak apa-apa ‘kan?

repost jualan teman via www.pexels.com

Advertisement

Pada bulan puasa ini, satu hal yang pasti meningkat adalah transaksi jual beli demi pemenuhan kebutuhan selama ramadan ataupun untuk hari raya Idul Fitri nanti. Kesempatan ini tentu digunakan oleh banyak orang untuk menjual barang-barang yang dibutuhkan oleh orang banyak. Contohnya saja kebutuhan sandang alias pakaian.

Apalagi di era serba online seperti sekarang, teman-temanmu pasti ada yang mencoba peruntungan di dunia online shop alias jual beli lewat internet. Nah, nggak cuma mendukung usaha temanmu, dengan repost postingan jualan temanmu saja kamu udah melakukan kebaikan dan ikut mendapatkan pahala, lho. Apalagi kalau dagangannya sampai laris manis karena kamu bantu promosiin. Ikutan bahagia pasti~

2. Suka nulis? Yuk berbagi tips puasa di blog pribadi sambil nunggu adzan Magrib

nulis tips saat berpuasa via www.pexels.com

Atau buat kamu yang gemar menulis, bulan puasa ini mesti kamu manfaatkan dengan baik nih. Karena apa yang kamu bagikan di blog pribadimu bisa sangat bermanfaat bagi orang lain. Salah satunya adalah tips yang berhubungan dengan puasa. Misalnya bagaimana menjaga kesehatan kulit meski kita nggak minum seharian, tips memilih busana untuk hari raya atau mungkin resep takjil untuk berbuka puasa. Wah, pokoknya banyak banget topik yang bisa kamu angkat selama bulan Ramadan ini. Dan ketika tulisanmu bermanfaat bagi orang lain, maka sudah pasti kamu akan mendapatkan kebaikannya juga yaitu berupa pahala dari Allah SWT. Aamiin.

3. Hobi belanja online di aplikasi? Sesekali “belanja donasi” juga boleh dong. Mumpung lagi di bulan penuh berkah ini

belanja donasi via www.pexels.com

Advertisement

Nggak bisa dipungkiri, transaksi online selama bulan puasa pasti meningkat berkali-kali lipat. Banyak yang menginginkan kehidupan serba praktis. Tinggal cari kebutuhanmu di internet, klik, lalu bayar, maka kamu tinggal menunggu pesanan dengan santai di rumah. Nggak perlu capek-capek berbelanja ke pasar.

Nah, mumpung bulan ramadan nih, kamu juga bisa “belanja donasi” lho di e-commerse yang kamu kunjungi. Yups, Dompet Dhuafa kini bekerja sama dengan berbagai e-commerce kesayangan kamu seperti Tokopedia, Shopee, dan Shopback. Kamu bisa membeli paket donasi yang tersedia di sana dan melakukan transaksi seperti biasa. Donasimu ini nantinya akan diberikan pada mereka yang membutuhkan. Semudah itu ‘kan berbuat kebaikan? Sambil kamu milih-milih baju, bisa dong sekalian “belanja pahala”. Hehe

4. Sudah bayar zakat belum? Sekarang bisa bayar zakat via Dompet Dhuafa, tinggal klik-klik saja

tinggal klik via www.pexels.com

Nggak lupa, bayar zakat juga jadi salah satu kewajiban bagi kita yang mampu nih. Jangan lupa nih, kalau di setiap rezeki yang kita dapatkan ada 2,5% hak fakir miskin di sana. Nah, sekarang makin gampang saja, karena kamu hanya butuh jaringan internet, kamu bisa menyalurkan zakatmu melalui Dompet Duafa. Benefit lainnya, bukti zakat di Dompet Dhuafa bisa menjadi jadi pengurang penghasilan kena pajak atau PKP lho.

Caranya juga gampang banget. Cuma klik “donasikan sekarang”, masukkan nominal dan data diri kamu, lalu transfer deh. Istimewanya lagi, di Dompet Dhuafa ada yang namanya kalkulator zakat. Jadi, kamu juga bisa mengkalkulasi secara langsung berapa zakat yang harus kamu tunaikan. Kurang gampang apalagi sih? Yuk, tunaikan zakatmu di sini~

5. Sekadar retweet ilmu tentang agama yang ada di media sosial juga sudah berpahala. Atau membagikan ilmu yang kamu dapat dari ceramah sebelum tarawih semalam

retweet ilmu agama via www.pexels.com

Media sosialmu juga bisa membantumu untuk mendulang pahala, lho. Salah satunya dengan membagikan ilmu-ilmu agama lewat akun media sosialmu. Apakah itu lewat postingan di Instastory, retweet di Twitter, atau share di Facebook. Misalnya tentang keutamaan salat, hadist yang menjelaskan tentang hukum sebuah perkara, dan lain sebagainya. Nggak perlu effort berlebihan untuk melakukan kebaikan seperti ini ‘kan? Atau mungkin kamu bisa membagikan kesimpulan dari ceramah yang kamu dengar di mesjid saat salat tarawih tadi malam. Hitung-hitung berbagi ilmu dengan teman-temanmu. Bisa jadi mereka juga belum tahu soal itu. Begitu indahnya berbagi, bukan?

Masih ingin #membentangkebaikan lagi? Dompet Dhuafa juga terbuka untuk kamu yang berminat terlibat sebagai relawan lho. Selengkapnya cek di sini ya~

Berbuat kebaikan emang bisa lewat mana saja, termasuk di dunia maya. Kapanlagi mempergunakan media sosialmu untuk berbuat kebaikan semaksimal mungkin selain di bulan penuh berkah ini. Yuk berlomba-lomba dalam kebaikan!

Loading ...

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya