Sudah dengarkan upaya pengurangan limbah plastik dengan diet kantong plastik? Banyaknya limbah plastik yang bisa mencapai beratus-ratus ton, membuat pemerhati lingkungan menetapkan Indonesia ke dalam darurat sampah plastik. Dari sana pemerintah pun tergerak membuat program baru kantong plastik berbayar di seluruh ritel besar ataupun kecil, sebagai upaya mengurangi penggunaannya.

Nah, untuk mendukung program pengurangan limbah plastik, melakukan daur ulang kantong-kantong plastik yang ada di rumahmu juga bisa kamu lakukan loh. Alih-alih membuang tumpukan kantong plastik yang udah terlanjur ada di rumah, kenapa nggak lamu sulap aja kantong-kantong plastik itu jadi barang lucu yang bermanfaat?

1. Selama tumpukan kantong plastik masih ada, kamu nggak perlu lagi beli keranjang sampah atau pakaian. Buat saja sendiri!

keranjang serbaguna via www.instructables.com

Advertisement

Toh keranjang sampah atau pakaian rata-rata terbuat dari plastik juga. Jadi, kalau si kantong plastik bekas ini berubah wujud sebagai keranjang multifungsi pun sah-sah saja. Membuat keranjang berbahan kantong plastik bekas nggak sulit. Kamu cuma perlu keahlian mengepang rambut. Nggak percaya?

Pokoknya, kamu tinggal siapkan katong-kantong plastik bekas dan beberapa benang yang bahannya cukup kuat. Terus gulung dan gabung setiap kantong sampai berbentuk seperti tali panjang. Setelah beberapa tali panjang tersedia, kamu bisa mulai mengepangnya. Hasil kepangan itu yang nantinya kamu susun dan rekatkan hingga membentuk keranjang. Supaya keranjang sampah atau pakaianmu nggak norak, kamu bisa memilih plastik-plastik yang warna putihnya lebih dominan.

2. Kamu suka merajut? Kantong plastikmu juga bisa kamu sulap jadi Benang rajut. Selain unik, pastinya pengeluaran untuk pembelian benang jadi lebih irit, deh!

jadi hemat benang via findmakedo.blogspot.co.id

Bukan cuma bisa menghemat pengeluaranmu untuk membeli benang rajut. Kantong plastik yang kamu sulap jadi benang rajut juga menawarkan kelebihan lain, yaitu anti air. Ya iya lah namanya juga plastik udah pasti anti air. Tunggu apa lagi? Kamu cuma perlu menggunting kantong-kantong plastik itu dan menggulungnya sesuai ketebalan benang yang dibutuhkan. Lalu gabungkan semuanya, sampai membentuk seperti bola benang rajut pada umunya. Gampang banget kan?

3. Dari benang rajut plastik, kamu bisa membuatnya menjadi sandal jepit. Tenang, kali ini alas kaki rajutanmu ini bisa digunakan di luar ruangan.

sandalnya bisa buat main ke pantai via www.viralnova.com

Advertisement

Salah satu benda yang kamu bisa buat dari benang rajut kantong plastik itu sandal jepit. Meski sebenarnya banyak benda rajutan yang bisa dihasilkan dari benang ini, tapi yang menawarkan fungsi paling menonjol adalah sandal jepit. Kalau biasanya benang rajut biasa cuma bisa membuat alas kaki untuk di dalam ruangan. Nah, sandal jepit dari benang rajut kantong plastik yang kamu buat kali ini, bisa dipakai untuk di luar ruangan.

4. Wujud kantong plastik yang biasa banget juga bisa berubah jadi hiasan seperti pompom atau bunga.

untuk pajangan di kamar via www.instructables.com

Siapa bilang hiasanya cantik seperti pompom atau bunga nggak bisa tercipta dari kantong plastik biasa? Cuma modal kreatif aja kok untuk membuat hiasan-hiasan seperti ini. Cara paling sederhana membuat bunga, kamu cukup menggunting kantong-kantong plastik jadi lembaran-lembaran berbentuk kelopak. Lalu, lembaran kelopak itu kamu gabungkan dengan menggunakan benang, sampai membentuk bunga yang kamu inginkan.

5. Tambah koleksi gelangmu dengan gelang kantong plastik yang kamu buat sendiri.

gelang plastik ngga kalah keren

Kamu hobi mengoleksi gelang, hampir semua gelang dari berbagai bahan sudah berhasil kamu miliki. Tapi, apa kamu udah punya gelang berbahan kantong plastik bekas? Di toko emang nggak akan kamu temui gelang dari kantong plastik bekas. Namun, kamu bisa membuatnya sendiri. Caranya nggak beda jauh dari membuat kepangan untuk keranjang. Lalu, untuk mempermanis tampilannya kamu bisa tambahkan pita warna-warni.

6. Tas kantong plastik juga bisa naik level jadi tas rajut yang cantik. Menambah koleksi fashion itemmu lebih menarik.

bisa jadi tas rajut cantik via www.lemele.net

Benang dari kantung plastik buatanmu juga bisa kamu jadikan tas rajut yang cantik. Tas tempat belanjaan biasa pun naik level jadi salah satu fashion item koleksimu. Tas rajut ini bisa kamu buat dengan teknik crochet (merenda) ataupun knitting (merajut), tinggal kamu pilih aja mana yang menurut kamu lebih mudah. Selamat mencoba ya!

7. Tatakan gelas dari katong plastik, Buat gelasmu di meja terlihat lebih unik

ati-ati, ini bukan kerupuk lho ya via www.crookedbrains.net

Daripada mejamu kotor dan basah karena sisa minuman yang tumpah dan membekas di pantat gelas. Yuk, kamu buat aja tatakan gelas dari kantong plastik bekas. Ada banyak cara juga untuk membuat tatakan gelas ini. tapi yang paling mudah, kamu bisa membuatnya dengan cra hampir mirip membuat keranjang. Kamu cuma perlu menyiapkan beberapa kepangan dari katong plastik. Lalu bisa kamu bentuk melingkar, atau bisa dibentuk seperti bunga dengan teknik crochet.

Pokoknya jangan jangan sampai tumpukan kantong plastik di rumahmu berakhir sia-sia sebagai limbah. Selama masih bisa dimanfaatkan jadi benda yang lebih baik, kenapa nggak mulai kamu coba dari sekarang? Yuk, selain melakukan diet kantong plastik, daur ulang juga kantong-kantong plastik yang ada. Tinggal kamu pilih barang mana yang menurutmu menarik dan menantang kreatifitasmu. Selamat mencoba ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya