Dekorasi 17 Agustus untuk Diaplikasikan ke Berbagai Tempat. Alternatif Selain Pasang Bendera

Dekorasi 17 Agustus

Perayaan hari kemerdakaan Republik Indonesia tahun ini mungkin akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya sebelum 17 Agustus, kebanyakan kampung-kampung, sekolah, hingga perkantoran melaksanakan lomba 17-an tahunan untuk menyemarakkan, rasanya nggak akan ada di tahun ini. Akibat pandemi virus corona, kemeriahan hari kemerdakaan Republik Indonesia nyaris nggak ada. Tapi bukan berarti pernak-pernik dekorasi 17 Agustus yang unik mesti dihilangkan. Justru dengan tetap memasang dekorasi 17 Agustus unik, semangat kemerdakaan akan lebih terasa meski kondisi sedang sulit.

Advertisement

Jangan bersedih, meski sekarang kamu khususnya para pelajar tak bisa membuat dekorasi 17 Agustus untuk kelas, setidaknya bisa diganti dengan menata pernak-pernik kemerdakaan RI baik di rumah maupun jalanan kampungmu. Nah, supaya dekorasi 17 Agustus simpleĀ tampak berbeda dan nggak monoton, gunakan pernak-pernik antimainstream berikut ini. Nggak harus beli, ada juga dekorasi 17 Agustus dari barang bekas yang bisa dibuat sendiri. Simak beberapa pernak-pernik dekorasi 17 agustus yang unik di berbagai tempat dan cara mudah menata bahkan membuatnya.

Selain menggunakan bendera, hias tempat-tempat berikut dengan dekorasi 17 Agustus yang unik dan beda. Biar lebih terasa perayaannya!

Tiap-tiap tempat tak bisa disamakan dekorasinya. Dekorasi 17 Agustus di rumah-rumah atau jalanan kampung tentu saja berbeda dengan dekorasi 17 Agustus di bank. Pernak-pernik dengan umbul-umbul dan hiasan-hiasan yang berukuran besar juga cocoknya digunakan untuk dekorasi 17 Agustus di lapangan. Nah, berikut beberapa referensi penataan dekorasi di berbagai tempat.

1. Dekorasi 17 Agustus untuk kantor bisa memakai benda-benda berukuran kecil yang gampang dilepas pasang. Kamu bisa gunakan bendera plastik selain bendera kain yang dipasang di depan kantor

Advertisement

dekorasi 17-an di kantor via kopi17an.com

Supaya ruang kerja nggak kelihatan begitu ramai, cukup hiasi dengan kertas berwarna merah serta styrofoam bertuliskan angka kemerdekaan. Kamu juga bisa menambahkan pernak-pernik dekorasi kecil untuk digantung. Bentuknya pun beragam, mulai dari keping salju hingga lolipop seperti di film-film. Tapi karena temanya kemerdekaan, gunakan perpaduan warna merah dan putih saja. Pernak-pernik dekorasi ini bisa dibuat dengan memanfaatkan kertas lipat dan kertas kado lo! Menjelang hari kemerdekaan, biasanya banyak kok toko alat tulis yang menjualnya.

2. Dekorasi 17 Agustus di kampung bisa dibuat lebih beragam karena areanya pun luas dan di luar ruangan. Bahkan kamu juga dapat membuat hiasan 17 Agustus dari bahan bekas untuk mendekorasi kampungmuĀ 

Advertisement

dekorasi 17 Agustus di kampung via www.jawapos.com

Dibanding di kantor atau dekorasi 17 Agustus di mall, dekorasi kampung selalu lebih meriah. Kadang sampai ada yang mengecat halaman kampung dan membuat gapura khusus untuk merayakan hari kemerdekaan. Biar nggak begitu effort,Ā hiasi kampungmu dengan bendera dan kertas krep berwarna merah putih yang dirangkai menjadi bentuk rantai. Atau bisa juga dengan membuat lampion merah putih dari kertas. Pernak-pernik ini cukup dipasang di pinggir jalan-jalan kampung depan rumah warga. Nggak harus repot mengecat dan membangun gapura, pemasangan pernak-pernik seperti ini pun bisa bikin kampung lebih meriah.

3. Dekorasi 17 Agustus untuk toko mending pakai pernak-pernik yang simpel saja. Penempatannya bisa digantung, tempel di dinding, atau ditaruh di dekat meja kasirĀ 

dekorasi 17 Agustus toko via it.123rf.com

Kalau ukuran tokomu nggak begitu besar, dekorasi 17 Agustus yang dipakai mestinya berukuran standar saja. Pasanglah bendera merah putih plastik di sudut-sudut tembok lalu kaitkan dengan balon merah putih. Supaya lebih menarik, kamu juga bisa menggantung kertas krep tapi diikatkan ke bawah. Di sekitar meja kasir, coba tempatkan permen berwarna merah dan putih di botol kaca bening untuk menambah daya tarik. Biar lebih lucu, permennya bisa pakai lolipop berbentuk hati.

4. Hiasan dekorasi 17 Agustus nan cantik dari kertas juga dapat kamu gunakan untuk mendekorasi rumah. Bisa dipasang di halaman depan rumah atau di ruang tamuĀ 

dekorasi 17 Agustus di rumah via www.pinterest.cl

Di teras rumah, kamu bisa menggantung lampion merah putih yang terbuat dari kertas. Kalau kesulitan, lampion kertas bisa diganti dengan plastik minuman bekas yang sudah dicat berwarna merah putih. Selain di luar ruangan, kamu juga dapat menghadirkan unsur kemerdekaan di dalam rumah. Tapi nggak perlu terlalu ribet, cukup tempatkan saja bunga mawar merah di vas berwarna merah putih dari kaleng bekas lalu tempatkan di meja tamu milikmu.

Berikut cara membuat hiasan 17 Agustus dari barang bekas yang bisa digunakan untuk mempercantik dekorasinya. Bahan pembuatannya bisa pakai kaleng, kertas, dan juga sedotan

Daripada barang tak terpakai dibuang, mending manfaatkan untuk membuat dekorasi 17 Agustus dari barang bekas. Jangan khawatir, langkah-langkahnya mudah diikuti kok. Berikut cara mudah membuatnya.

1. Hiasan 17 Agustus dari kertas lipat

hiasan dari kertas lipat via sidu.id

Kertas lipat bisa dibuat jadi hiasan 17 Agustus berbentuk segitiga dengan warna bendera Indonesia yang unik. Berikut cara mudah membuatnya:

  1. Siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan seperti kertas lipat berwarna merah, gunting, lem, dan benang jahit.
  2. Posisikan bagian kertas lipat berwarna merah di depan, lalu lipat kedua sisi ke bawah dan ke belakang sampai sudut bawah membentuk segitiga.
  3. Rekatkan lipatan kedua sisi dengan menggunakan lem. Kemudian lipat sisi berwarna putih ke belakang sampai semua bagian kertas jadi berwarna merah.
  4. Masukkan benang jahit ke dalam lipatan dan rekatkan menggunakan lem.
  5. Lakukan hal yang sama pada bagian kertas origami berwarna putih dan atur selang-seling di benangnya.
  6. Buatlah beberapa bendera sesuai kebutuhanmu lalu tempel di sudut rumah.

2. Hiasan 17 Agustus dari sedotan

hiasan dari sedotan via www.youtube.com

Dari sedotan, kamu bisa membuat beragam pernak-pernik dekorasi menarik untuk memeriahkan 17 Agustus nanti. Dari yang berbentuk gantungan dan ulir hingga lingkaran pun bisa dibuat dengan sedotan. Berikut cara pembuatannya:

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti sedotan minuman, kertas lipat merah, lem tembak, kardus bekas, dan benang wol.
  2. Buat bulatan dengan ukuran yang berbeda pada kertas merah kemudian gunting dan sisihkan. Gambar pola lingkaran kardus supaya gampang saat menempel sedotan nanti.
  3. Tempel sedotan di tiap garis pola kardus dengan menggunakan lem tembak kemudian tutup dengan kardus lain di bagian polanya.
  4. Tempel kertas lipat di atas kardus kemudian tempel lagi separuh lingkaran kertas lipat berwarna putih supaya warnanya mirip bendera Indonesia.
  5. Potongan kertas lingkaran yang sudah dibuat tadi bisa ditempel di ujung sedotan. Supaya lebih unik, panjang sedotan dibuat beda-beda saja. Selesai deh, tinggal digantung di teras atau di ruang tamu.

3. Hiasan 17 Agustus dari gelas plastik bekas

hiasan dari gelas plastik via www.tokopedia.com

Manfaatkan gelas bekas kopi susu dan air mineralmu untuk jadi dekorasi 17 Agustus yang unik dan hemat bujet. Berikut cara mudah membuatnya:

  1. Siapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan, yakni gunting, gelas plastik bekas, benang wol, dan cat warna merah serta putih.
  2. Cat masing-masing gelas plastik sesuai warna bendera Indonesia. Kalau sudah, jemur sampai kering lalu lubangi sisi atasnya dengan gunting dan masukkan benang wol.
  3. Gantung gelas plastik di depan teras, bisa dengan dikaitkan ke tiang atau paku payung.

Daripada harus beli banyak hiasan mahal, mending sesekali bikin sendiri saja. Nggak cuma buat di rumah, pernak-pernik ini juga dapat dipajang kantor atau di jalan kampung lo! Walau sederhana, nilai-nilai perayaan kemerdekaan tetap akan terasa berkat pernak-pernik yang dibuat bersama-sama. Dirgahayu Indonesiaku!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE