Menurut riset, kondisi sekitar kamar tidur akan sangat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Bahkan, banyak hal yang ternyata luput dari perhatian kita dan ternyata sangat menentukan kualitas tidurmu setiap harinya. Misalnya, barang apa saja yang kamu letakkan di dalam kamar tidur hingga bagaimana kamu memilih lampu tidurmu.

Jennifer Adams, seorang pakar interior dan pengarang dari buku Bedrooms That Inspire: Rest, Relaxation & Romance memiliki trik-trik jitu yang mungkin akan menginspirasimu. Di artikel kali ini Hipwee mencoba membagikan trik-trik untuk mendekorasi ulang kamar tidurmu sehingga tidur yang lebih berkualitas pun bisa kamu dapatkan. Langsung simak, yuk!

1. Karena menggunakan lampu LED saat malam hari bisa membuatmu sakit mata, lebih baik gunakan lampu halogen saja

Lampu tidur kuno

Lampu tidur kuno via www.huffingtonpost.com

Advertisement

Lampu LED memang hemat energi, namun seringkali cahayanya terlalu terang sehingga terlihat seperti cahaya di siang hari. Jika kamu menggunakan lampu LED di kamar, bisa jadi kamu akan mengalami kesulitan untuk tidur. Meskipun bisa memejamkan mata, mungkin tidurmu tidak akan seberapa lelap alias kurang berkualitas.

Akan lebih baik jika memilih lampu yang biasa khusus untuk kamar tidurmu. Misalnya, kamu bisa menggunakan lampu bohlam atau halogen yang sedikit lebih boros listrik tapi cahayanya cukup redup. Terutama untuk lampu duduk di samping tempat tidur, sebaiknya gunakan dimmer yang bisa mengatur intensitas cahaya.

2. Kamu butuh tidur yang berkualitas, maka sebaiknya jauhkan gadget dan perangkat elektronik dari jangkauan tanganmu

Kurangi penggunaan barang elektronik ketika hendak tidur

Kurangi penggunaan barang elektronik ketika hendak tidur via www.yourprescriptionforsuccess.com

Kita sudah tahu bahwa televisi dan smartphone menghasilkan cahaya biru yang bisa mengganggu produksi melatonin alami dalam tubuh. Hal inilah salah satu yang akan mengganggu kualitas tidur kita. Maka, sebaiknya jauhkan barang-barang elektronik atau gadget dari jangkauan tanganmu. Setidaknya jangan menggunakan benda-benda itu 1-2 jam sebelum tidur agar waktu istirahatmu tidak sia-sia.

3. Pasang tirai berlapis untuk menghalangi masuknya cahaya saat siang dan malam hari

Pasang beberapa lapis tirai

Pasang beberapa lapis tirai via www.huffingtonpost.com

Advertisement

Perkara memasang tirai juga akan sangat mempengaruhi kualitas tidurmu lho. Apakah kamu bisa tidur nyenyak, ataukah sekadar “tidur ayam” alias tidur semalaman tapi berkali-kali terbangun? Nah, sebaiknya pasang tirai dalam 2 lapis, sehingga kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Misalnya, saat siang hari kamu bisa menggunakan satu lapis saja agar kamarmu bisa tetap terang. Sementara ketika malam hari kamu sudah menggunakan lampu, kamu bisa menutup dua tirai sekaligus.

4. Posisi menentukan kenyamanan, jadi pastikan kamarmu bebas dari suara-suara bising yang bisa mendistraksi waktu istirahatmu

Susah tidur

Susah tidur via pixshark.com

Untuk kamu yang tinggal di lingkungan yang ramai, mungkin harus sedikit bersabar. Pasalnya, kamu mungkin akan sulit tidur lantaran terganggu dengan suara-suara bising yang terdengar sampai ke kamar. Misalnya suara lalu lalang kendaraan atau lantaran berdekatan dengan tempat-tempat hiburan malam.

Selain itu, bisa jadi suara bising itu datang dari teman sekamarmu yang suka mendengkur atau berisik saat tidur. Nah salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan kipas angin. Selain bisa mengatur temperatur di kamarmu, bunyi kipas yang konsisten akan membantumu agar lelap tertidur. Dan jika kamu beruntung karena tinggal di lingkungan yang tenang, nikmatilah waktu tidurmu dengan nyaman.

5. Rapikan tempat tidurmu setiap pagi, agar sepulang kerja nanti kamu tak perlu membereskannya lagi

Kamar tidur yang rapi

Kamar tidur yang rapi via www.huffingtonpost.com

Merapikan tempat tidur setiap pagi membuatmu merasa nyaman ketika di akhir hari kembali ke kamar. Saat kelelahan selepas bekerja atau kuliah, rasanya pasti menyenangkan jika bisa masuk ke dalam kamar yang rapi dan tidak berantakan.

Jika kamu memiliki binatang peliharaan, lebih baik letakkan binatang peliharaanmu di luar kamar. Lagipula jika kamu membiarkan mereka di kamar selagi kamu pergi, sudah bisa dipastikan bahwa mereka akan mengacak-acak sprei dan kamarmu.

6. Kebersihan tempat tidur juga perlu diperhatikan. Ganti sprei di kamarmu seminggu sekali agar tidurmu lebih nyaman

Sprei unyu

Sprei unyu via www.bed-bath.info

Banyak yang tidak menyadari bahwa rutin mengganti sprei seminggu sekali memiliki dampak kepada kualitas tidur. Sprei yang jarang diganti akan kotor dan bau sehingga membuat waktu istirahatmu tidak bisa maksimal, terutama jika binatang peliharaan juga sering tidur bersamamu. Sebaiknya rutinlah mengganti sprei minimal seminggu sekali. Dengan sprei yang bersih dan wangi tentu tidurmu akan terasa lebih nyaman ‘kan?

7. Untuk dinding kamar, sebaiknya pilih cat berwarna lembut atau wallpaper dengan motif yang sederhana

Wallpaper simple

Wallpaper simple via www.brickeatery.com

Jika kamu ingin memiliki waktu tidur yang berkualitas, sebaiknya pilih warna cat dinding yang lebih kalem atau lembut. Putih, biru muda, abu-abu, atau warna-warna pastel bisa dipilih sesuai keinginanmu. Sementara jika ingin menggunakan wallpaper di kamar tidurmu, sebaiknya pilih motif yang sederhana dan hindari motif dinding yang terlalu ‘ramai’. Warna cat dinding yang lembut dan motif wallpaper yang sederhana akan membuat suasana kamarmu lebih tenang sehingga cocok untuk beristirahat.

8. Wewangian juga bisa menciptakan suasana nyaman. Gunakan lilin aromaterapi atau semprotkan pewangi ruangan

Selain tatanan dekorasi kamar, suasana nyaman juga bisa dimunculkan jika kamu menggunakan lilin aromaterapi atau pewangi ruangan di kamar. Sebaiknya, pilihlah wewangian seperti lavender atau melati yang aromanya memiliki fungsi untuk mendongkrak suasana hati. Jangan memilih aroma yang terlalu menyegarkan seperti jeruk karena bisa dipastikan bahwa kamu akan terjaga semalaman gara-gara wewangian kamarmu terlalu menusuk hidung.

9. Temperatur kamar yang dingin akan lebih mudah membuatmu terlelap

Banyak orang yang memilih untuk mandi sebelum tidur karena cara ini dianggap bisa membantu tubuh untuk rileks. Padahal, mandi justru bisa menaikkan suhu tubuh yang berakibat kesulitan untuk tidur.

Nah, daripada membiasakan mandi saat malam hari yang justru menggangu siklus tidurmu, sebaiknya buat kamarmu agar sedikit lebih dingin dari biasanya. Saat temperatur ruangan dan suhu tubuhmu menurun, dijamin kamu akan lebih mudah terlelap. Tapi jika mandi sebelum tidur memang sudah jadi kebiasaan yang sulit kamu hilangkan, usahakanlah untuk mandi minimal 30 menit lebih awal dari waktu tidurmu.

10. Bersihkan atau jemur bantal dan kasur agar kualitas tidurmu tidak terganggu debu

bersihkan debu di kasurmu

bersihkan debu di kasurmu via gambarrumahideal.blogspot.com

Banyak orang yang mengalami kesulitan tidur karena tidak tahu bahwa mereka sebenarnya alergi terhadap debu. Parahnya, debu-debu itu sebenarnya menempel di kasur, bantal, guling, atau selimut yang setiap hari digunakan. Akibatnya, mereka akan bangun di pagi hari dalam kondisi kelelahan karena selama semalaman tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Itulah alasannya mengapa kamu wajib membersihkan perlengkapan tidurmu setiap akhir minggu. Khusus untuk bantal sebaiknya diganti minimal satu tahun sekali dan kasur setiap 10 tahun sekali tidak peduli seberapa nyaman bantal dan kasurmu itu.

11. Memilih perabotan dalam kamar juga harus bijaksana, karena kualitas tidurmu bisa lebih prima jika meletakkan barang-barang seperlunya

Kamar tidur yang simple

Kamar tidur yang simple via imgbuddy.com

Sebenarnya kamu hanya membutuhkan sedikit barang-barang dalam kamar untuk membuatmu tidur lebih nyaman. Sebuah tempat tidur, dua lampu duduk, dan sebuah kursi sebenarnya boleh dibilang cukup. Lemari, cermin, atau perabot lain sebenarnya bisa kamu letakkan di ruangan berbeda jika memang memungkinkan. Prinsipnya, semakin minim barang yang kamu letakkan di kamar tidur, maka semakin berkualitas pula waktu istirahatmu.

Singkatnya, kamar tidur memang dibuat untuk tempatmu tidur maka buatlah senyaman mungkin. Utamakan kualitas tidurmu karena hal itu akan mempengaruhi produktivitas kerja dan keseimbangan tubuhmu. Nah, selamat mencoba trik-trik di atas, ya! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya