Pesawat layak dinobati sebagai salah satu penemuan paling penting di dunia. Kalau tidak ada pesawat, mungkin sampai saat ini kamu belum bisa menginjakkan kaki di negara atau benua lain. Adanya pesawat membuat waktu tempuh perjalananmu menjadi lebih singkat. Jarak yang tadinya hanya bisa ditempuh lewat kapal selama berbulan-bulan, jadi tak begitu berarti lagi karena bisa ditebus dalam waktu beberapa jam.

Perjalanan dengan pesawat adalah pengalaman yang mengasyikkan. Sayangnya, tidak semua penumpang pesawat terbang bisa merasakan ini, karena termasuk kamu. Mungkin kamu memang takut berada di ketinggian. Mungkin juga kamu takut karena take off dan landing-nya. Padahal, perjalanan menggunakan pesawat bisa sangat menyenangkan dan memberi pengalaman lain, lho. Coba deh ikuti tips dari Hipwee di bawah ini. Rasa takut dan cemasmu pasti bisa berkurang sedikit demi sedikit.

1. Pilih waktu penerbangan sekitar pukul 09.00-15.00 supaya suasana di atas sana tidak gelap dan menakutkan

Pilih penerbangan pagi atau siang

Pilih penerbangan pagi atau siang via bandara.web.id

Advertisement

Bagi kamu yang takut naik pesawat, melakukan perjalanan udara di malam hari akan menambah tingkat ketakutan dan kepanikan yang kamu rasakan. Saat malam hari, jelas langit akan sangat gelap dan kamu tidak bisa melihat apa-apa. Namun selain itu, terbang di malam hari akan membuat perjalanan terasa lama dan membuatmu merasa terkurung di dalam pesawat. Sebagian besar penumpang tidur, suasana menjadi sepi, dan akhirnya pikiranmu jadi ke mana-mana.

Keadaan yang tidak nyaman tersebut akan tidak begitu terasa jika kamu melakukan penerbangan saat pagi atau siang hari. Sekitar pukul 09.00 sampai 15.00 adalah waktu yang cukup tepat. Langit masih sangat cerah dan suasana penerbangan masih cukup ramai.

2. Malam sebelum berangkat, tidurlah dengan waktu yang cukup untuk menghindari perasaan cemas

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup via tumblr.com

Kurangnya waktu istirahat dan tidur akan membuatmu mudah merasa cemas. Suasana hati seperti ini sebaiknya jangan sampai kamu rasakan sesaat sebelum berpergian menggunakan pesawat. Bisa jadi, kamu akan semakin takut, stres, dan cemas sepanjang perjalanan.

Advertisement

Untuk itu, semalam sebelum berangkat esok paginya, usahakan kamu tidur terlebih dahulu dengan waktu yang cukup. Kurang lebih 7 sampai 8 jam sudah cukup membuat tidurmu berkualitas. Esok paginya, kamu pun akan terbangun dengan segar dan perasaan yang lebih tenang.

3. Dapatkan kursi yang nyaman dan waktu yang longgar dengan datang lebih awal ke bandara

Bisa pilih tempat duduk

Bisa pilih tempat duduk via www.tallinn-airport.ee

Naik pesawat saja sudah takut, jangan pakai ditambah dengan kecemasan akan ketinggalan jadwal penerbangan. Maka dari itu, datanglah lebih awal ke bandara untuk menghindari kemungkinan tersebut.

Di sisi lain, datang ke bandara lebih awal dari jadwal bisa memberikanmu keuntungan. Pertama, kamu bisa check-in lebih cepat dan memilih tempat duduk yang diinginkan. Untuk kamu yang takut naik pesawat, pilih kursi di barisan 3-8 dan lajur B atau E akan bisa mengurangi rasa cemasmu. Selain itu, datang lebih awal juga bisa memberikanmu banyak waktu di ruang tunggu untuk lebih akrab dengan suasana bandara dan menenangkan diri sebelum terbang nanti.

4. Rasa cemas dan takutmu perlu dialihkan! Bawa buku, majalah, dan buat playlist musik favoritmu

Membaca buku: cara ambuh membunuh waktu

Membaca buku: cara ambuh membunuh waktu via huffingtonpost.com

Walaupun hanya 1-2 jam, perjalanan udara akan tetap terasa lama untukmu yang takut naik pesawat. Nah, supaya perjalanan terasa lebih singkat juga menyenangkan, kamu perlu membawa pengalih yang bisa “membunuh” waktu terbangmu itu.

Buku dan majalah adalah pengalih yang paling tepat untuk kamu bawa. Kedua barang ini sudah terbukti ampuh untuk mengalihkan rasa takut dan juga membuat waktu berlalu dengan sangat cepat. Untuk perjalanan singkat, 1 buku saja sudah cukup. Tapi kalau agak lama, 2 atau 3 buku adalah jumlah yang tepat.

Selain itu, buat juga playlist musik di smartphone atau pemutar mp3 milikmu untuk menemani sesi membacamu. Pilih lagu-lagu yang benar-benar kamu sukai supaya kamu bisa ikut bernyanyi dan akhirnya lupa waktu, deh.

5. Merasa takut saat take off atau landing? Bawalah 1 buah bantal kecil untuk dipeluk nantinya

Bawa bantal

Bawa bantal via first2board.com

Banyak alasan mengapa ada orang-orang yang takut naik pesawat. Ada yang merasa takut saat take off, ada yang karena takut ketinggian, ada yang karena tidak nyaman di ruangan sempit dan tertutup, dan ada juga yang karena takut saat landing. Kalau misalnya alasanmu adalah take off atau landing, cara satu ini bisa jadi alternatif untuk mengobati rasa takutmu.

Bawalah 1 bantal atau guling kecil ke dalam kabin. Saat pesawat akan take off  atau landing, peluk dengan erat dan remas bantal atau guling tersebut. Posisi seperti ini bisa membuatmu merasa lebih nyaman dari sebelumnya. Jika membawanya terasa merepotkan, kamu bisa memintanya kepada pramugari atau pramugara yang bertugas. Tapi, pastikan kalau maskapai tersebut memang menyediakannya, ya.

6. Pergi sendirian naik pesawat tidak harus membuatmu takut. Ajaklah orang di sebelahmu mengobrol untuk “membunuh” waktu

Ajak ngobrol sebelahmu

Ajak ngobrol sebelahmu via dailymail.co.uk

Pergi sendirian naik pesawat? Tidak perlu takut, kok. Justru, momen ini bisa kamu manfaatkan untuk menambah jaringan baru.

Ajaklah mengobrol orang yang ada di sebelahmu. Berapapun usianya, kamu tidak usah ragu mengajak berbicara duluan. Tanya saja mulai dari tujuannya pergi, dia berasal dari mana, kegiatannya apa saja, sampai akhirnya pembicaraan mulai natural dan merembet ke mana-mana. Percaya deh, mengobrol dengan orang baru dapat membuatmu lupa kalau kamu sedang pergi seorang diri. Dan pastinya, waktu terasa berjalan cepat.

7. Jika perjalananmu cukup panjang, turunkan sandaran duduk, tarik napas, pejamkan mata, dan tidurlah sejenak

Tidur sejenak

Tidur sejenak

Buku yang dibawa sudah habis? Orang yang duduk di sebelahmu sedang tidur atau sibuk sendiri? Tenang. Jangan lantas merasa cemas kembali. Lebih baik kamu turunkan sandaran kursimu sedikit, atur napas perlahan, pejamkan mata, dan tidurlah sejenak.

Tidur adalah cara yang paling tepat untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiranmu. Waktumu juga akan terasa cepat sekali berlalu. Jadi, kalau rasa takut dan cemasmu mulai datang lagi, langsung atur posisi dan tidur saja, ya.

Nah, itulah 7 cara supaya kamu tidak lagi takut dan cemas saat akan pergi naik pesawat. Tapi, ketujuh cara di atas hanya bisa berhasil maksimal kalau kamu juga berpikiran positif bahwa semuanya akan baik-baik saja. Selamat bepergian!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya