12 Desain Dapur Kecil yang Hemat Bujet dan Nggak Makan Tempat. Cocok untuk Rumah KPR Mungilmu

Desain dapur kecil

Beberapa orang sepakat kalau dapur merupakan jantung suatu rumah. Sebab, dari dapur inilah kita bisa mengolah masakan yang dapat memikat seluruh penghuni rumah. Nah, karena fungsi dapur cukup signifikan, agaknya kita perlu memperhatikan desain khusus untuk ruang ini. Bukan berarti kamu harus membuat dapur yang besar, desain dapur minimalis berukuran 3×3 pun tak masalah, asal penataannya bisa maksimal. Lagipula, desain dapur minimalis type 36 juga lebih gampang diurus dan dibersihkannya.

Advertisement

Banyak cara untuk mewujudkan desain dapur sederhana dan murah. Salah satunya ialah dengan memaksimalkan setiap sudut di dalam maupun rumah rumah. Nggak harus pakai jasa seorang desain interior, dengan melihat banyak referensi dari internet kamu juga bisa mewujudkan kok membuat dapur cantik sesuai kepribadianmu. Nah, buatmu yang sedang ingin mendesain ulang dapur, Hipwee Tips punya beberapa referensi ide penataan yang bisa kamu sontek. Cocok diaplikasikan untuk rumah KPR yang nggak terlalu besar!

1. Kamu yang orangnya simpel, pasti bakal suka desain dapur kecil minimalis seperti ini

dapur minimalis 2×2 via nl.pinterest.com

Dapur minimalis ukuran 2×2 bisa kamu buat di sudut antara dua ruangan. Karena luasnya yang terbatas, maka kamu perlu membuat storage di bawah kompor serta memasang kitchen set atau rak model ambalan di atasnya. Usahakan untuk tetap membuat bukaan baik jendela maupun ventilasi di dekat dapur kecilmu ini agar asap masakan bisa keluar dari ruangan.

2. Untuk memaksimalkan sudut ruangan, desain dapur kecil bentuk L ini bisa kamu coba

pakai warna cerah via id.pinterest.com

Desain dapur kecil sederhana seperti di atas bakal kelihatan menarik kalau kamu pintar memilih perpaduan warnanya. Tak perlu lagi mengecat dinding, dekorasi ruangannya bisa kamu maksimalkan dengan memilih perkakas berwarna cerah. Jadi, kalau sewaktu-waktu bosan, tinggal ganti perkakas saja dan nggak perlu cat tembok lagi deh.

Advertisement

3. Desain dapur kecil bentuk U justru lebih disarankan untuk diaplikasikan pada rumah kecil karena bisa memaksimalkan sudutnya

bentuk dapur U via www.dekoruma.com

Desain dapur sederhana seperti ini akan terasa nyaman jika kamu membuat bukaan yang cukup besar di sudutnya agar udara bisa keluar masuk dengan baik. Pastikan kamu juga memaksimalkan setiap area di sudut meja dapur. Misalnya dengan menggunakannya untuk melakukan pekerjaan tertentu seperti kanan untuk cuci piring, kiri untuk memasak, lalu tengah untuk menata makanan. Pengaturan sudut meja ini bisa kamu sesuaikan lagi dengan kebutuhan dan kenyamananmu, ya!

5. Desain dapur kecil panjang umumnya juga dipakai pada desain dapur kecil dekat kamar mandi

didesain memanjang via www.instagram.com

Biasanya, di samping dapur panjang akan ada laundry room dan kamar mandi yang juga sejajar dengan meja makan. Untuk desain dapur kecil ini, gunakan meja dan cat tembok berwarna netral agar kelihatan lebih luas. Biar kamu gampang masaknya, tempatkan kompor di tengah. Lalu, kanan untuk wastafel dan kiri sebagai meja preparation. Jadi, kalau ada kotoran tinggal lempar ke kanan atau kalau butuh ambil bahan bisa mengulurkan tangan ke kiri.

6. Desain dapur kecil dengan lemari terbuka dan rak piring basah justru tengah banyak diminati ibu milenial

pakai rak terbuka via www.instagram.com

Kadang, dengan menampilkan isi rak dapur malah kelihatan lebih estetis. Apalagi, jika perkakas di raknya kamu tata dengan rapi. Meski begitu, tak ada salahnya jika kamu tetap menutup bawah meja dapur dengan gorden kok. Tapi pilihlah gorden yang warnanya sesuai dengan dapur agar nggak kontras dan bikin sakit mata. Satu hal lagi, penggunaan rak bermaterial kayu jauh lebih direkomendasikan karena nggak akan mudah berjamur, karatan, serta mudah dibersihkan. Tenang, desain dapur kecil minimalis sederhana seperti ini bakal bisa kok kamu aplikasikan pada rumah type 21 sekalipun. Ringkas soalnya!

Advertisement

7. Desain dapur kecil jadi satu dengan meja makan pas untuk diaplikasikan pada rumah pasangan muda

ada meja makan kecil via www.instagram.com

Kalau tak bisa mewujudkan konsep bar di dapurmu, alternatif seperti gambar di atas bisa kamu coba lo! Mumpung baru tinggal berdua, hehe. Nah, karena dapur dan ruang makannya jadi satu, kamu perlu menyiapkan kitchen set atau storage di bawah wastafel untuk memaksimalkan penyimpanan. Jadi, nggak ada tuh yang namanya perkakas tercecer di area dapur dan ruang makan. Kalau mau lebih maksimal, di atas meja makan pun bisa kamu buatkan rak khusus untuk menaruh alat makanmu nanti lo! Nggak bikin penuh dan gampang diambil juga.

8. Kamu bisa mewujudkan desain dapur modern pada konsep desain dapur kecil serba putih agar terlihat luas seperti ini

kelihatan luas via www.popbela.com

Selain menggunakan warna putih, kamu pun disarankan untuk membuat jendela yang cukup besar pada area dapur. Tujuannya, agar cahaya bisa masuk ke dapur dan membuat ruangan jauh lebih terang. Agar nggak kelihatan monoton, kamu bisa memadukan warna putih dengan hitam atau abu-abu di ruangan ini. Kedua warna tersebut bisa kamu aplikasikan pada stiker kulkas atau cover dispenser. Jangan lupa tambahkan tanaman hijau di sudut dapur biar udara di dalamnya makin bagus.

9. Buatmu yang punya taman semi indoor di rumah, bisa menyontek desain dapur kecil terbuka ini

dibuat di luar ruangan via www.brilio.net

Selain sirkulasi udara yang lebih bagus, desain dapur terbuka seperti ini juga bakal membuatmu lebih nyaman masaknya lo! Nggak akan lagi mengeluh kegerahan, kan udaranya lebih sejuk karena terbuka. Meski begitu, kamu tetap harus mempertimbangkan alur penyajian makanannya nanti. Biar kamu juga nggak repot bolak-balik ke ruang makan.

10. Tema ruangan jadi salah satu ide untuk mewujudkan desain dapur kecil unik

pakai warna feminin via www.instagram.com

Sebenarnya, banyak tema yang bisa kamu pakai, misalnya floral atau monokrom. Namun, memilih tema tropikal dengan perpaduan warna yang feminin pun tak masalah kok, asal motifnya bisa kamu sesuaikan. Nah, karena keramik tembok dan gordennya sudah bermotif, maka usahakan untuk memilih perkakas dengan warna netral dan tanpa motif. Biar nggak kelihatan ramai banget dan mencolok di mata.

11. Kata siapa bikin desain dapur kecil sederhana tanpa kitchen set itu susah. Bisa kok 😉

tanpa kitchen set via www.instagram.com

Cara mengakalinya adalah dengan memaksimalkan area bawah wastafel untuk jadi tempat penyimpanan. Atau, kalau masih punya cukup ruang, kamu bisa membeli rak kecil yang ditempatkan di samping meja dapur persis. Untuk wajan maupun panci, sebenarnya bisa kamu gantung di tembok dengan memanfaatkan gantungan baju stainless. Nggak akan kelihatan penuh kok kalau pintar mengutak-atik penataan barangnya.

12. Desain dapur kecil tapi mewah bahkan bisa diwujudkan pada rumah KPR type 36 maupun 45 lo!

kelihatan mewah via www.instagram.com

Coba deh buat dapur di sudut belakang rumah, kemudian desain dapur bentuk U lalu gunakan warna netral yang dominan untuk ruang masak kesayanganmu ini. Pastikan kamu juga memilih storage serta perkakas yang warnanya nggak kontras supaya dapur tak telihat norak. Percayalah! Penggunaan warna senada bisa membuat dapur kecil yang sebenarnya murah bangunnya kelihatan lebih mewah lo!

Desain dapur kecil lebih direkomendasikan karena nggak akan memakan banyak tempat, apalagi kalau ukuran rumahmu nggak luas-luas amat. Jadi, kamu bisa memaksimalkannya untuk ruangan lain. Tak perlu khawatir, asal penataannya oke, dapur yang kecil tetap terasa menyenangkan dan bikin kamu betah masak lama-lama. Semoga menginspirasi, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE