Desain Kamar Mandi Kecil di Dalam Kamar Tidur yang Tampak Lega, Meski Ukurannya Cuma 2×1 Saja

Desain kamar mandi kecil

Desain kamar mandi minimalis dalam kamar tidur banyak diterapkan karena lebih privat dan praktis. Buktinya, kamar mandi kecil ini juga banyak diaplikasikan pada kamar kos. Karena luas kamar tidur kebanyakan nggak cukup besar, desain kamar mandi ukuran 2√ó1 meter lebih direkomendasikan. Kalaupun nggak memungkinkan, ada juga yang membuat desain kamar mandi ukuran 1√ó1. Ukuran kamar mandinya memang nggak begitu besar, tapi bukan berarti tak nyaman. Justru karena ukurannya kecil, kamu jadi lebih mudah menatanya.

Advertisement

Selama penataannya tepat, kamar mandi kecil dalam kamar tidur nggak akan terasa sumpek dan pengap. Makanya, pastikan selalu ada bukaan kecil di area kamar mandinya. Nggak melulu desain kamar mandi sederhana dan murah, kamu pun bisa menerapkan desain kamar mandi kecil mewah lo! Tak perlu bingung dan cuma membayangkan bagaimana penataan serta desainnya, inspirasi dari Hipwee Tips berikut bisa dijadikan referensi.

Desain kamar mandi kecil ukuran 1√ó2 bisa dibuat lebih lega. Berikut trik menyulap desain kamar mandi biasa yang ada di dalam kamar tidurmu

Kebanyakan kamar tidur hanya berukuran 3√ó4, lantas bagaimana cara mendesain kamar mandi di ruang yang tak begitu luas ini? Nah, daripada cuma membayangkan saja, aplikasikan trik desain kamar mandi minimalis 2√ó2 berikut.

1. Gunakan tembok dan keramik berwarna netral

Advertisement

pakai warna netral via id.pinterest.com

Kamu bisa mencoba beberapa warna netral seperti putih, krem, atau abu-abu untuk cat dindingnya. Lalu gunakan warna senada untuk perabot kamar mandi sebagai pendukungnya. Selain membuat ruangan terlihat lebih luas, warna netral juga akan membuat kamar mandi kecil lebih terang meski tak memiliki jendela.

2. Pasang cermin untuk memberi ilusi lapang pada kamar mandi 

Advertisement

dipasang cermin

Tak cuma dipakai pada desain kamar mandi kecil modern saja, cermin juga dapat digunakan untuk kamar mandi sederhana. Sekalipun ukurannya nggak besar, cermin bisa membuat kamar mandimu kelihatan lebih lapang berkat pantulan ruang di sebelah sisinya.

3. Maksimalkan fungsi dinding 

maksimalkan dinding via www.casaindonesia.com

Daripada cuma dipasang keramik hiasan saja, manfaatkan dinding untuk menempel rak. Nantinya, rak ini dapat dimanfaatkan untuk menaruh peralatan mandi seperti sabun dan juga handuk. Jauh lebih efisien daripada pakai rak lantai.

4. Buat desain kamar mandi kecil minimalis modern tanpa sekat 

dibuat tanpa sekat via id.pinterest.com

Keberadaan sekat atau shower screen justru bisa membuat kamar mandi semakin sempit. Daripada pakai sekat, lebih baik beri cekung atau jarak beda di lantai dindingnya. Kalau mau lebih estetis, pilihlah lapisan keramik dinding yang bertekstur.

5. Gunakan shower, bukan bak mandi 

pakai shower via kurio.id

Jangan gunakan bak atau bath tub pada kamar mandimu yang kecil, sebab bisa membuat ruangan terkesan lebih sumpek. Daripada menaruh bak atau bath tub, mending gunakan sisa area untuk menaruh perkakas di rak dinding saja.

6. Pasang gantungan handuk di pintu

handuk di belakang pintu via id.pinterest.com

Daripada dibiarkan kosong begitu saja, manfaatkan bagian belakang pintu untuk menggantung handuk. Selain menghemat ruang, gantungan di belakang pintu juga akan memperluas ruang gerakmu lo! Sisa ruangan memang nggak banyak, tapi dijamin akan membuatmu lebih nyaman.

7. Beri sentuhan warna kontras

beri warna kontras via kontraktorsyariah.com

Pada desain kamar mandi kecil unik, kamu bisa memanfaatkan warna kontras untuk jadi dekorasi ruangan. Jika dindingnya menggunakan warna netral, maka gunakan keramik lantai berwarna kontras atau agak terang. Agar nggak kelihatan penuh, warna kontras bisa ditempatkan di satu sudut saja.

8. Gunakan perabot dengan material simpel tapi tetap menambah daya tarik 

pakai material simpel via www.popbela.com

Nggak kudu pakai marmer atau batuan mahal, cukup gunakan perabot bermaterial kayu atau beton saja untuk memberi tekstur dan warna di kamar mandi kecilmu. Karena dindingnya berwarna netral, material perabot ini akan menambah daya tarik dan membuat kamar mandi minimalis tak kelihatan membosankan.

Inspirasi desain kamar mandi minimalis dalam kamar tidur ini bisa kamu jadikan referensi. Bahkan bisa juga digunakan untuk desain kamar mandi di rumah kos yang sedang dibangun

Kamar mandi dalam kamar tidur ukurannya kebanyakan terbatas, tapi bukan berarti nggak bisa dibuat lebih luas. Penataan dan desain berikut dapat disontek untuk diaplikasikan pada kamar mandi mungilmu. Kalau nggak suka pakai shower, bisa juga kok dibuat dengan bak atau bahkan mini bath tub.

1. Desain kamar mandi kecil WC jongkok 

kamar mandi kloset duduk via www.instagram.com

Desain kamar mandi kecil kloset jongkok ini memang kelihatan sederhana, tapi bukan berarti nggak nyaman. Area buang air dan mandi yang dipisahkan dengan lantai bertingkat seperti ini akan membuatmu lebih nyaman saat menggunakannya. Tapi baiknya, ukuran bak jangan terlalu besar supaya nggak makan tempat.

2. Desain kamar mandi kecil memanjang

kamar mandi kecil memanjang via www.instagram.com

Gaya minimalis yang diterapkan pada kamar mandi berbentuk memanjang seperti ini tak akan membuat ruangan terasa sumpek. Alih-alih memakai bak, akan lebih baik jika menggunakan shower dan tempatkan di pojok kamar mandi. Untuk memaksimalkan tempat penyimpanan, sekat kamar mandi bisa dijadikan tempat menaruh handuk juga lo!

3. Desain kamar mandi minimalis kloset duduk 

kamar mandi kloset duduk via www.instagram.com

Kalau kamar mandimu berbentuk persegi, maka area buang air dan mandi bisa dibuat saling berhadapan saja. Supaya air nggak menggenang dan membuat lantai kamar mandi jadi basah, level area mandinya bisa dibuat lebih rendah dan gunakan tirai untuk sekatnya. Kalau ingin sekat yang lebih jelas, pakai juga motif keramik lantai yang berbeda di tiap areanya.

4. Desain kamar mandi kecil sederhana minimalis

kamar mandi minimalis sederhana via www.instagram.com

Sebenarnya, kamar mandi tak perlu dibuat dengan banyak perabot. Kloset dan bak mandi saja sudah cukup. Selain membuat kamar mandi kelihatan lega, kamar mandi sederhana ini juga lebih nyaman digunakan. Belum lagi jika kamar mandi dibuat dengan perpaduan warna netral yang dinamis seperti putih dan krem.

5. Desain kamar mandi kecil  tanpa kloset

kamar mandi tanpa kloset via www.instagram.com

Seringnya, kamar mandi tanpa kloset dibuat hanya untuk relaksasi saja. Nah, karena tujuannya seperti itu, maka konsep kamar mandi harus dibuat agak beda. Misalnya dibuat jadi lebih berwarna dengan mengaplikasikan warna-warna terang yang cantik dan menawan pada keramik dinding serta lantainya. Karena tak perlu kloset, maka kamu bisa membuat bath tub untuk kamar mandinya. Ukurannya bisa disesuaikan saja dengan luas kamar.

6. Desain kamar mandi kecil unik dengan shower

kamar mandi kecil shower via www.instagram.com

Ukurannya memang kecil, tapi bukan berarti kamu tak bisa mendekorasinya. Jika memungkinkan, tempatkan beberapa tanaman di sudut kamar mandi. Kalau perlu, buat juga bukaan yang hanya bisa dilihat dari kamar mandi saja. Penambahan bukaan di samping area mandi akan membuat ruang kelihatan lebih luas dan terang lo!

7. Desain kamar mandi kecil sederhana dengan bak dan kloset duduk 

kamar mandi kecil dengan bak via www.instagram.com

Kamar dengan bak kotak memang terkesan monoton. Nah, supaya terbebas dari judge tersebut, coba tempatkan beberapa tanaman hijau dan batuan kecil di sekitar area kamar mandinya. Bisa digantung atau ditaruh di sudut belakang kloset.

Mendesain kamar mandi kecil memang tricky, tapi bukan berarti nggak bisa diutak-atik atau didekorasi. Kalau kesulitan menambah perkakas, kamu bisa memanfaatkan motif keramik dan tanaman hijau untuk dekorasinya. Selama desainnya pas, kamar mandi kecil bisa kelihatan mewah. Yuk ah, bisa!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE