Metode Diet DEBM: Sarapan Tiap Pagi tapi Nggak Bikin Perut Buncit, Asalkan Kamunya Tertib

Diet DEBM

Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang nggak boleh dilewatkan mengingat fungsinya yang cukup penting untuk memenuhi kebutuhan gizi selama sehari. Nggak heran jika jenis asupan makanan saat sarapan juga menjadi salah satu hal yang harus diperhitungkan. Nah, kalau kamu sedang menjalani diet dan ingin mengecilkan perut, ada satu metode diet yang justru mengharuskanmu untuk sarapan. Metode diet ini dikenal dengan nama DEBM (Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan). Kalau ada yang bertanya, “Diet DEBM sehatkah?”, jawabannya adalah, “Tentu saja!”.

Advertisement

Diet DEBM menurut ahli gizi menganjurkan kita untuk menikmati sarapan setiap paginya. Kalau sarapan sudah benar, maka perubahan tubuh terutama di area perut bisa terlihat dalam kurun waktu satu hingga dua minggu, seperti halnya testimoni diet DEBM yang sudah banyak dibagikan. Berikut aturan sarapan diet DEBM pemula yang bisa dicoba demi perut yang berangsur rata.

1. Aturan diet DEBM untuk pemula memang mengharuskan sarapan, namun makanan yang dimakan harus yang rendah karbo, ya!

stop dulu makan nasinya | credit: Sharon Ang via pixabay.com

Sarapan tanpa karbo akan membantu tubuhmu ketika melakukan proses pembakaran lemak. Bagi kalian yang selama ini sering sarapan karbo, mulai sekarang cobalah untuk mengurangi konsumsi karbo ketika sarapan jika ingin perutmu lebih ramping.

2. Untuk mengganti karbo, kamu bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi

makanan kaya protein | credit: RitaE via pixabay.com

Usahakan untuk sarapan maksimal 300-350 kalori dengan makanan yang tinggi protein dan tinggi serat. Kamu bisa mengonsumsi 2 butir telur atau buah alpukat dengan tambahan keju atau buncis. Tenang, diet DEBM boleh makan tahu tempe kok untuk asupan proteinnya. Selain alpukat, diet DEBM juga boleh makan kurma untuk asupan buahnya. Tapi kalau ada yang tanya, “Diet DEBM boleh makan mangga?”, mending hindari dulu deh karena lebih banyak kandungan karbo daripada proteinnya.

Advertisement

Selain bisa menahan lapar lebih lama, sarapan tinggi protein dan serat dapat membuat tubuh kita lebih bertenaga dan nggak jadi lemak.

3. Selain dilarang mengonsumsi banyak karbo saat sarapan, kamu juga nggak diperbolehkan untuk makan dan minum yang manis-manis lo!

minum air putih | credit: Wavebreakmedia via id.depositphotos.com

Sebaiknya kamu nggak mengonsumsi segala jenis minuman bergula dan jenis sarapan seperti pancake atau wafel agar diet DEBM bisa bekerja dengan maksimal. Kamu dianjurkan untuk minum air putih saja sebagai minuman saat sarapanmu. Kalau merasa lapar di pukul 9-10 pagi, kamu bisa mengakalinya dengan minum tiga gelas air putih. Jadi, diet DEBM boleh minum susu nggak ya? Mending jangan dulu untuk menghindari kandungan lemaknya.

4. Meski menggoreng merupakan hal yang mudah untuk mengolah makanan, namun kamu disarankan untuk nggak makan banyak gorengan saat sarapan

kurangi gorengan | credit: RitaE via pixabay.com

Batasan maksimal konsumsi minyak adalah 5 porsi. Nah, lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang digoreng ketika siang atau malam hari. Jika kamu mengonsumsi lemak saat pagi hari, perutmu malah akan membesar dan dietmu gagal. Jadi, kalau sewaktu-waktu lapar tapi kembung minum air putih terus, cemilan diet DEBM apa ya yang dibolehkan? Nah, diet DEBM boleh makan kuaci kok, tapi jangan yang banyak garamnya, ya! ehehe~

Advertisement

5. Kamu juga perlu mempertimbangkan waktu sarapanmu lo. Usahakan untuk sarapan nggak terlalu siang agar nggak mepet dengan waktu makan siang

jangan kesiangan | credit: leungchopan via id.depositphotos.com

Sarapan terlalu siang membuat nafsu makan menjadi semakin besar dan bisa jadi tidak terkontrol. Hal ini tentu membuat pemilihan makanan menjadi tidak seimbang karena kita hanya cenderung menuruti munculnya rasa kelaparan akan makanan yang tinggi kalori, manis, dan cenderung berlemak saja. Dari kebanyakan pengalaman diet DEBM, faktor waktu ini yang paling bikin gagal. Diet DEBM bahaya justru kalau sarapannya kesiangan~

6. Selain itu, kamu juga perlu menghindari makanan yang berbahan tepung kalau nggak pengin buncit perutmu

hindari makanan dari tepung | credit: Thorsten Frenzel via pixabay.com

Produk olahan tepung yang nggak boleh dimakan saat sarapan ini termasuk kerupuk juga lo. Hindari makan makanan yang terbuat dari tepung agar perutmu nggak cepat melar nantinya. Nggak ada pengalaman diet DEBM berhasil yang menyertakan menu tepung-tepungan ke dalam lis asupan sarapannya.

Bagimu yang sedang mencoba untuk mengecilkan perut, kamu bisa mencoba diet DEBM di atas. Untuk menu diet DEBM seminggu, bisa kamu pilah-pilah sendiri asalkan sesuai dengan aturan di atas. Sejauh ini, nggak ada efek samping diet DEBM yang merugikan sih, cuma butuh penyesuaian saja, terutama kamu yang terbiasa sarapan pakai nasi dan lauk lengkap. Justru bukan dengan melewatkan sarapan, tapi sarapanlah sesuai anjuran agar perut buncitmu menghilang.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE