Salah satu t-shirt kekinian yang sedang banyak digandrungi adalah galaxy t-shirt. Dari pameran baju, garage sale, sampai online shop berlomba membuat kaos dengan efek galaksi ini. Karena permintaan yang cukup tinggi, harganya pun jadi melonjak tinggi. Daripada buang-buang uang, kenapa tak mencoba membuatnya sendiri?

Tenang, Hipwee akan membantumu membuatnya dalam artikel ini!

ini adalah contoh galaxy t-shirt yang paling mudah yang bisa kamu buat sendiri dirumah

Sudah siap? via www.collegefashion.net

Advertisement

Untuk membuat kaos galaksi se-keren kaos di atas, ada beberapa hal yang kamu perlukan:

1. Kaos hitam (efek galaksi akan terlihat lebih jelas kalau kaosnya hitam)

2. Cat fabric atau akrilik

Advertisement

3. Spons

4. Palet/ piring plastik juga bisa

5. Sikat gigi (bekas boleh, baru juga boleh)

6. Glitter (glitter ini opsional, bisa pakai bisa tidak)

Nah, setelah semua itu siap, sekarang Hipwee akan menjelaskan langkah-langkah apa saja untuk membuat galaxy t-shirt ini. Yuk simak!

Semua dimulai dengan mempersiapkan seluruh bahan untuk pembuatan kaos galaksi. jangan ada yang ketinggalan ya!

persiapkan dulu semua bahan dan peralatan sebelum mulai melukis efek galaksi

persiapkan dulu semua bahan dan peralatan sebelum mulai melukis efek galaksi via www.collegefashion.net

Untuk membuat efek galaksi, warna yang bisa kamu adalah biru, pink dan ungu. Galaksi terasa kurang lengkap jika tak ada efek bintang dan planet di kaosnya, dan untuk ini, kamu bisa menggunakan warna putih.

Saat kamu mengaplikasikan cat ke kaos, jangan menaruhnya terlalu banyak. Hati-hatilah dan sabar bermain dengan spons. Agar lancar, pastikanlah bahwa seluruh peralatannya telah kamu siapkan.

Oleskan cat tipis-tipis ke kaos, lalu ratakan dengan spons. Ini untuk membentuk efek awan yang tipis dan samar

oleskan tipis dulu, lalu ratakan dengan spons

oleskan tipis dulu, lalu ratakan dengan spons via www.collegefashion.net

Mulailah dengan mengusapkan cat secara hati-hati dan tipis. Dari ketiga warna efek galaksi itu, kamu bisa memulai dengan mengusap satu per satu warnanya. Yang terpenting dari proses ini adalah kamu harus memastikan jika olesan cat itu membentuk efek awan yang tipis dan samar. Jadi, setelah kamu mengoleskan cat, usap-usaplah dengan spons.

Saat mengusapnya, kamu harus hati-hati dan sabar. Kuncinya, jangan mengoles terlalu tebal dan pastikan sapuan spons itu membentuk efek awan yang tipis dan samar. Hipwee menyarankan, sebelum mengaplikasikan cat ke kaos, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu di kertas hitam, agar saat diaplikasikan ke kaos tidak terjadi kesalahan teknis.

Lanjutkan dengan memberi warna biru, ungu, dan pink tipis-tipis dan samar. Lakukan dengan sabar ya!

jangan secara bersamaan mengaplikasikan warna cat, tapi satu per satu warna  lalu ratakan. Begitu berulang-ulang sampai membentuk galaksi yang kamu mau

jangan secara bersamaan mengaplikasikan warna cat, tapi satu per satu warna lalu ratakan. Begitu berulang-ulang sampai membentuk galaksi yang kamu mau via www.collegefashion.net

Tidak ada patokan baku untuk membuat kaos berefek galaksi ini. Maka dari itu kamu bisa saja menambahkan cat sampai mendapatkan bentuk dan kecerahan warna sesuai keinginanmu. Bahkan, bisa saja kamu ‘memoles’ beberapa bagian jika memang warnanya kurang buram. Yang harus kamu perhatikan saat menambahkan cat adalah catnya harus tetap tipis. Ratakan dengan spons untuk mendapatkan efek awan seperti dalam langkah sebelumnya.

Pola warnanya pun harus diperhatikan, jangan sampai salah satu warna menonjol pada bagian tertentu. Itu justru akan membuat efek galaksi terlihat tidak natural. Bentuk galaksi yang alami adalah tidak teratur. Jadi, jangan membuat pola yang justru membuat salah satu warna mendominasi warna lain.

Galaksi terasa kurang lengkap tanpa gemerlapnya bintang-bintang. Yuk, sekarang saatnya memberi efek bintang pada galaksimu dengan cat putih dan sikat gigi.

lakukan dengan sabar dan cepat agar cat tidak menggumpal dan berbeda ukuran menjadi lebih besar dari yang lain

lakukan dengan sabar dan cepat agar cat tidak menggumpal dan berbeda ukuran menjadi lebih besar dari yang lain via www.collegefashion.net

Setelah selesai membuat efek galaksi, yang harus kamu lakukan adalah membuat efek bintang. Caranya, ambil sikat gigi lalu oleskan pada cat berwarna putih. Lalu, jentik-jentikkan pada efek galaksi. Meski boleh tidak beraturan, kamu harus hati-hati agar cipratannya tidak terlihat terlalu menonjol atau keluar dari efek galaksi. Untuk mengantisipasi ini, kamu bisa menggunakan koran atau kertas lain untuk menutupi bagian yang berada di luar efek galaksi.

Selain menggunakan sikat gigi, kamu juga bisa menggunakan kuas kecil. Tak ada berapa jumlah bintang yang harus ada, semua terserah berapa banyak efek bintang yang ingin kamu beri pada efek galaksi. Ketika sudah dijentikkan, kamu tak perlu meratakannya dengan spons.

Voila! Kaos galaksi kamu sudah selesai. Tinggal tunggu kering, lalu siap dipakai.

biarkan mengerin dengan sempurna

biarkan mengerin dengan sempurna via www.collegefashion.net

Terakhir, biarkanlah kaos kamu kering secara merata. Kamu bisa menambahkan glitter atau ingin menambahkan cat pada beberapa bagian. Tentu dengan hati-hati ya, jangan sampai warna yang tadi sudah di kaos justru malah tertutup warna yang baru. Jika kamu memakai glitter, pastikan penggunaannya tidak berlebihan agar kesan ketidakteraturan tetap ada.

Pemakaian glitter disini sifatnya opsional, kamu bisa menggunakan atau bisa juga tidak. Jika kamu ingin menambahkan sedikit cat lagi, kamu tinggal melakukan sama seperti langkah-langkah diatas tadi. setelah itu biarkan kering sempurna. Dan galaxy t-shirt pun siap dipakai.

Ada teknik lain yang tak kalah sederhana untuk membuat galaxy t-shirt, yaitu teknik spray. Kamu juga bisa mencobanya, gampang kok!

salah satu contoh galaxy t-shirt yang menggunakan cara spray

salah satu contoh galaxy t-shirt yang menggunakan cara spray via www.autostraddle.com

Selain menggunakan cara yang paling sederhana seperti contoh diatas, kamu juga bisa menggunakan media botol spray bekas apa saja. Step yang dilakukan juga sama seperti di atas, yang berbeda hanyalah cara mengaplikasikan cat ke kaos. Jika di atas kita mengoleskan cat dengan kuas atau tangan, di cara ini kita mencampurkan cat dan sedikit air untuk disemprotkan ke kaos. Selain itu semua langkah-langkahnya sama, jadi kamu juga bisa mencoba untuk membuat dengan metode ini juga. Gampang ‘kan?

Kaos galaksi tak selalu dengan bentuk yang abstrak ataupun spiral. Kamu juga bisa mengaplikasikannya dengan bentuk-bentuk yang kamu suka atau anggap keren. Galaksi kumis contohnya.

buatlah cetakan kumis terlebih dahulu

buatlah cetakan kumis terlebih dahulu via www.youtube.com

lakukan hal yang sama seperti langkah-langkah awal

lakukan hal yang sama seperti langkah-langkah awal via www.youtube.com

Voila! jadilah mustache galaxy t-shirt

Voila! Jadilah mustache galaxy t-shirt via www.youtube.com

Pengaplikasian efek galaksi juga bisa dengan bentuk-bentuk yang lucu kok, salah satunya dengan mustache galaxy ini. Kamu hanya perlu menggambar polanya lalu melakukan langkah-langkah yang sama seperti di atas. Bentuk-bentuk lain juga bisa, tinggal bagaimana cara kamu berkreasi. Di bawah ini ada beberapa contoh lainnya:

bentuk segitiga pun jadi terlihat menarik dengan efek gakalsi

bentuk segitiga pun jadi terlihat menarik dengan efek gakalsi via weheartit.com

bentuk diamond ini juga terlihat menarik dan keren

bentuk diamond ini juga terlihat menarik dan keren via flyonesclothing.spreadshirt.com

Nggak cuma buat cewek, cowok juga bisa kok pakai Galaxy T-shirt

Nggak cuma buat cewek, cowok juga bisa kok pakai Galaxy T-shirt via www.pinstopin.com

Efek galaksi ini tak hanya bisa diaplikasikan di atas kaos, lho. Kamu juga bisa mencobanya di media lain:

disepatu juga bisa kok, kalau sudah berhasil di kaos, kamu bisa mencoba di sepatu juga

Galaxy Sneakers, di sepatu juga bisa kok, kalau sudah berhasil di kaos, kamu bisa mencoba di sepatu juga via barbieroxyhagar.buzznet.com

Galaxy Shorts, lucu ya. Daripada beli mahal mending buat sendiri

Galaxy Shorts, lucu ya. Daripada beli mahal mending buat sendiri via blazetheshow.com

Gimana, mudah ‘kan? Dengan membuat sendiri kita bisa tetap stylish tanpa mengeluarkan kocek yang mahal. Kamu juga bisa mengasah kreativitas dengan membuat galaxy t-shirt ini. Semoga hasilnya memuaskan, selamat mencoba 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya