Merasa laptop adalah sebagian dari hidup dan nyawamu?

Komputer jinjing atau yang kerap disebut sebagai laptop rasanya sudah menjadi kebutuhan yang perlu dipenuhi bagi sebagian orang. Sebab kepraktisannya untuk membantu menyelesaikan tugas atau pekerjaan lah yang menjadi daya liriknya, jika dibandingkan dengan komputer.

Nah, jika bicara soal laptop, rasanya nggak cukup sampai di situ saja. Sebab, banyak pernak-pernik lain yang dibutuhkan demi kenyamanan penggunaannya. Salah satu yang begitu dibutuhkan adalah meja laptop. Yup! Namun, mulai hari ini kamu nggak lagi perlu membelinya. Bikin meja laptopmu sendiri saja bareng-bareng Hipwee, yuk!

1. Pipa paralon bekas bisa kamu manfaatkan sebagai meja laptop. Nggak perlu beli, cukup bikin sendiri!

meja laptop pipa. via www.pinterest.com

paralon bekas via merdeka.com

Advertisement

paralon bekas via kaskus.co.id

Untuk membuat meja laptop dari paralon, rasanya kamu nggak akan merogoh kocek yang dalam deh. Selain itu, nggak perlu juga waktu yang lama untuk membuatnya. Untuk ukuran laptop 14 inch, kamu hanya perlu menyiapkan:

  1. Pipa paralon atau PVC, minimal berdiameter 1/2 inch, sepanjang 1 meter.
  2. Elbow berdiameter 1/2 inch, sebanyak 4 bh.
  3. Gergaji tangan besi yang bergigi halus.
  4. Penggaris
  5. Cat semprot (optional kok, nggak harus ada)

Cara membuatnya:

  • Gunakan penggaris dan gergaji, kemudian ambil 1 meter pipa yang sudah kamu siapkan.

Potong panjang 5 cm, 2 bh (untuk 2 kaki stand guard)

Potong panjang 22 cm, 2 bh (sebagai penopang laptop)

Potong panjang 25 cm, 1 bh (sebagai penghubung antara 2 kaki)

  • Kemudian pasang 3 bh elbow 90 derajat pada pipa 22 cm dan 5 cm. Ukuran diameter elbow jelas harus sesuai dengan pipa yang kamu gunakan, ya. Pasanglah hingga membentuk letter L. Lakukan hingga semua elbow terpasang.
  • Lalu, hubungkan kedua pipa yang membentuk letter L tersebut dengan pipa yang panjangnya 25 cm.
  • Jadi deh!

Jika ingin mempercantik tampilannya kamu bisa memberikan warna sesuai kesukaanmu, lho!

2. Kardus bekas pun bisa kamu manfaatkan untuk membuat meja laptop, lho

kardus bekas via mobgenic.com

Jika kamu punya kardus-kardus bekas yang bingung mau dijadikan apa, mulai sekarang kamu nggak perlu bingung lagi. Sebab, nyatanya kardus itu bisa disulap menjadi meja laptop. Yuk, siapkan alat dan bahan ini untuk langsung membuatnya:

  1. Kardus bekas
  2. Karton manila/kertas pola untuk Mal
  3. Pensil dan penghapus
  4. Cutter dan gunting
  5. Penggaris panjang

Cara membuatnya:

  • Pertama, kamu perlu membuat dulu pola dasarnya atau mal di atas karton manilamu, supaya nanti kamu lebih mudah menggambar dan cepat untuk mengerjakannya.

Pola mal yang kamu butuhkan adalah mal kotak persegi panjang dan mal trapesium. Kemudian buatlah 7 potongan kecil sepanjang 4 cm denga tebal serupa dengan kardus. Potongan kecil itu nantinya berfungsi sebagai pengait antara potongan kardus satu dengan yang lainnya.

seperti ini pola persegi panjangnya~ via plus.google.com

  • Setelah mal sudah jadi, kamu pun bisa meletakkan mal tersebut pada lembaran kardus bekas untuk masing-masing mal. Buatlah 9 bh potongan persegi panjang dan 7 bh potongan trapesium.
  • Nah, kemudian kamu hanya tinggal menggabungkan kedua bentuk kardus tersebut sesuai dengan potongan kecil atau coakan yang sudah kamu buat. Maka, meja laptopmu pun siap dipakai.

Kalau ingin lebih jelas, coba simak video satu ini:

Sumber: Youtube

3. Daripada dibuang, botol bekas air mineral pun bisa kamu manfaatkan. Meja laptop unik dan anti mainstream siap kamu miliki!

meja lptop dari botol. via pinterest.com

Sesederhana botol bekas air mineral kamu pun bahkan bisa menjadi meja laptop, lho. Nggak percaya? Untuk membuktikannya, siapkan ini dulu:

  1. Botol air mineral bekas berukuran 1,5 liter
  2. Gunting
  3. Tali atau benang

Cara membuatnya:

  • Rangkaikan botol-botol bekas menjadi satu (bisa menggunakan 5 botol) untuk kemudian diikat dengan benang atau tali. Kamu bisa membuatnya menjadi dua atau tiga buah rangkaian, sesuai dengan keinginanmu untuk tinggi meja yang kamu butuhkan.
  • Lalu, kamu bisa menumpukkan rangkaian botol yang sudah kamu siapkan tadi. Dan, jangan lupa untuk kembali merekatkan atau mengikat tumpukkan botolmu agar menjadi kokoh.
  • Meja laptopmu pun siap dipakai. 🙂

Itulah beberapa meja laptop yang bisa kamu buat sendiri dengan barang bekas. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan barang bekas di sekitarmu untuk jadi sesuatu yang bermanfaat dan akan buatmu jauh lebih hemat. Yuk ah, langsung eksekusi!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!