6 Model Exhaust Fan Dapur dengan Harga Bersahabat. Meski Kompor Ngebul Terus, Nggak Bikin Pengap

Exhaust fan dapur

Salah satu syarat rumah yang sehat adalah memiliki sirkulasi udara yang baik. Itulah gunanya jendela maupun ventilasi di dalam rumah, yaitu sebagai tempat bertukar udara. Aliran udara yang nggak lancar atau terjebak di dalam rumah bisa menimbulkan masalah kesehatan, juga bisa memicu bau tak sedap yang bisa menyebar ke seluruh ruangan, hingga pertumbuhan jamur dan rayap merusak dinding dan furnitur. Nah, jika ternyata ruangan di rumah nggak memiliki cukup ventilasi sebagai tempat pertukaran udara, memasang exhaust fan adalah solusi yang tepat.

Advertisement

Exhaust fan adalah sejenis kipas angin yang difungsikan untuk sirkulasi udara dalam ruang atau rumah.

Nah, sebetulnya exhaust fan ini nggak hanya cocok dipasang di dalam kamar mandi, tapi juga di dapur, terlebih jika nggak ada bukaan atau ventilasinya. Kenapa? Ruang dapur memerlukan pergantian udara setidaknya 10-15 kali, mengingat fungsinya untuk mengolah dan menyimpan makanan. Exhaust fan dapur rumah ini dibutuhkan supaya aliran udara di ruang dapur terjaga dengan baik sehingga bebas bau menyengat dan lebih nyaman digunakan.

Manfaat nyata menggunakan exhaust fan dapur nggak bisa disepelekan. Meski tanpa ventilasi, sirkulasi udara di ruang dapur bakal lebih lancar

menyerap asap hasil proses memasak via www.arsitur.com

1. Sebagai pengganti ventilasi ruangan

Advertisement

Exhaust fan dapur dapat menggantikan fungsi ventilasi untuk menyalurkan udara. Nggak seperti kipas angin biasa, alat ini akan menyedot atau menghisap udara di dalam ruangan yang sudah terkontaminasi, lalu mengalirkan udara kotor tersebut dan membuangnya ke luar ruangan. Volume udara yang ingin dimasukkan ke dalam ruangan juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan lo!

2. Memperlancar sirkulasi udara

Advertisement

Exhaust fan akan menjaga sirkulasi udara dalam ruangan tetap baik dan sehat. Melalui cara kerjanya, exhaust fan akan dapat mengusir udara kotor dan bau tak sedap dalam ruangan. Itulah kenapa exhaust fan paling tepat dipasang pada ruangan dengan kelembapan tinggi dan kurang ventilasi.

3. Mengusir panas dan pengap di dalam ruangan

Exhaust fan dapat dipasang di langit-langit untuk memperlancar sirkulasi udara yang lebih efektif pada ruangan yang kurang ventilasi. Kalau pertukaran udara lebih lancar, ruangan nggak akan terasa panas dan pengap lagi.

4. Udara dalam ruangan lebih sejuk dan segar

Jika kipas angin biasa hanya memutar udara saja, maka exhaust fan secara efisien dapat  menyerap udara kotor dan panas dari dalam ke luar ruangan, lalu menggantinya dengan udara baru sehingga ruangan pun terasa lebih sejuk dan segar. Inilah kenapa manfaat exhaust fan ampuh sebagai agen pendingin ruangan. Kipas angin biasa meskipun bisa mendinginkan, tapi juga memicu masuk angin.

Variasi exhaust fan dapur tergantung lokasi pemasangannya

1. Exhaust fan plafon atau langit-langit

exhaust fan plafon via teras.id

Model exhaust fan yang biasanya dipasang di bagian plafon atau langit-langit ruangan ini terhubung dengan saluran pembuangan udara bernama Mechanical Ventilation Heat Recovery System (MVHR). Cocok dipasangkan di plafon ruangan yang nggak dilengkapi area terbuka seperti dapur. Sebelum memasangnya, sesuaikan dengan luas ruangan supaya proses sirkulasi udaranya bisa maksimal.

2. Exhaust fan dinding

exhaust fan dinding via www.dekoruma.com

Model exhaust fan dinding ini proses pemasangannya cenderung sederhana karena nggak memerlukan saluran pipa khusus sehingga dapat dipasang sendiri tanpa perlu meminta bantuan ahli. Tapi sebelum memasang, pastikan dinding dapurmu berhadapan langsung dengan area terbuka di luar ruangan supaya proses sirkulasi udaranya bsia optimal.

3. Inline exhaust fan

inline exhaust fan via informations786.blogspot.com

Exhaust fan dapur yang bagus ini dilengkapi sejumlah komponen penting yang terdiri dari filter dalam, filter luar, pipa, dan kipas penyedot. Tujuannya untuk menghisap uap air dan udara kotor dari ruangan yang nggak mempunyai akses ke ruangan terbuka di luar bangunan atau terisolasi dari luar. Inline exhaust fan dipasang di tengah saluran yang menghubungkan filter dalam dan filter luar, memungkinkan suatu ruangan untuk terhubung ke area terbuka.

4. Cooker hood

chooker hood via desainrumahid.com

Cooker hood ini bisa dipasangkan pada kitchen set atau langsung pada bagian atas kompor, biasanya ada pada dapur-dapur profesional. Selain  tampilannya yang modern, cooker hood punya daya hisap yang sangat kuat untuk menyedot uap, asap dan bau yang dihasilkan dari proses memasak. Exhaust fan dapur berupa cooker hood ini juga dapat memaksimalkan kinerja exhaust fan pada plafon, dinding, ataupun inline yang dipasangkan di area dapur supaya asap kotor lebih cepat disingkirkan.

Rumus menghitung kapasitas exhaust fan dapur yang diperlukan dalam rumah

menghitung CMH via artikel.rumah123.com

Perlu diperhatikan bahwa beda ruangan, beda pula kapasitas exhaust fan yang diperlukan. Semakin besar peluang ruangan tersebut terkontaminasi dengan asap, debu, dan kotoran, maka makin besar pula nilai pergantian udara per jamnya.

Berikut rumus untuk menghitung exhaust fan di dapur:

CMH = volume ruang x ACH

Keterangan:

  • CMH: Cubic Meter Hour (kebutuhan sirkulasi udara di dalam ruangan)
  • Cara menghitung volume ruangan: panjang x lebar x tinggi
  • ACH : Air Changer per Hour (pergantian udara per jam)

Contoh perhitungan untuk memilih exhaust fan yang cocok dipasang di dapur adalah sebagai berikut:

  • Ukuran ruangan 4m x 3m x 3m = 36m (volume ruang)
  • Pergantian udara yang diperlukan per jamnya 15 kali (pergantian udara per jam)
  • Volume udara dalam ruangan yang diperlukan:

CMH  = volume ruang x ACH = 36m x 15 = 540 m3/jam

Dengan perhitungan tersebut, artinya kapasitas exhaust fan yang harus dipilih minimum sebesar 540 CMH.

Rekomendasi exhaust fan dapur berkualitas

1. Mitsubishi EX-30RHK5T Ventilating Wall Exhaust Fan

Exhaust fan ini dirancang tahan terhadap panas dengan fungsi putaran 2 arah, yakni untuk keluar dan masuk. Konsumsi daya listriknya sebesar 31 Watt, termasuk cukup hemat energi. Exhaust fan dinding yang berukuran 12 inci dengan motor yang lebih awet dan nggak berisik ini bisa kamu beli di sini.

2. Panasonic FV15TGU1W Exhaust Fan

Panasonic via www.tokopedia.com

Exhaust fan dapur Panasonic terbaik dengan desain yang modern adalah Panasonic FV15TGU1W Exhaust Fan. Model yang ini lebih aman dari kebakaran karena motornya bisa berhenti otomatis setelah mencapai batas maksimal. Termasuk yang hemat listrik dengan daya isap yang lebih besar dan stabil. Exhaust fan yang awet ini bisa kamu beli di sini.

3. Exhaust Fan Ceiling 10 Inch KDK – 25TGQ

Kamu yang lagi cari exhaust fan dapur KDK, bisa pilih tipe satu ini. Desainnya ramping dan elegan dengan proses pemasangan yang mudah. Suara motornya halus, juga dilengkapi dengan thermal fuse sebagai pengaman dari panas dan korsleting. Kelebihan lainnya adalah di bagian baling-baling yang antiretak dan back cabinet-nya antikarat serta terbuat dari material non-toxic yang aman untuk kesehatan. Exhaust fan hemat energi ini bisa dibeli di sini.

4. Maspion MV-200 NEX Exhaust Ventilating Fan

Maspion via shopee.co.id

Exhaust fan dapur Maspion tipe ini termasuk yang terbaik dan multifungsi. Exhaust fan berukuran 8 inci ini dilengkapi dengan sistem pelumas otomatis dan sekring pengaman panas. Suara motornya juga halus dan nggak bising. Kalau tertarik, bisa beli di sini.

5. Miyako KET-1203 Exhaust Fan

Jika mencari dengan kata kunci Exhaust fan dapur Shopee di Google, kamu akan temukan tipe yang satu ini. Exhaust fan dengan kipas berukuran 12 inci ini aman digunakan karena dilengkapi dengan thermal fuse untuk menghindari dari kebakaran akibat kelebihan tegangan. Bisa kamu beli langsung di sini.

6. Exhaust Fan Plafond 12″ Sekai CEF1295 / CEF-1295

Exhaust fan dapur kecil ini memiliki embusan angin yang kuat. Aliran udara keluar masuk dari exhaust fan ini bisa diatur sesuai kebutuhan. Materialnya terbuat dari plastik dan dilengkapi dengan pengaman untuk menghindari korsleting. Exhaust fan terbaik dari Sekai ini bisa kamu beli di sini.

Selain beberapa merek exhaust fan dapur di atas, masih ada exhaust fan dapur Modena dan exhaust fan dapur Rinnai yang juga jadi favorit warga. Nah, ukuran ideal dan variasi exhaust fan dapur di atas bisa disesuaikan menurut luas dan tata letak dapur di rumahmu, ya. Pastikan juga untuk rutin membersihkan exhaust fan yang terpasang di dapur agar kinerjanya tetap optimal.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE