Para cewek tentu sudah paham betul tentang penggunaan hair dryer untuk membantu mengeringkan rambut. Belum lagi bagi mereka yang padat aktivitasnya, habis keramas inginnya rambut langsung kering saja.

Kalau kamu punya hair dryer, jangan kira fungsinya cuma sebatas untuk pengering rambut semata. Lupakan dulu fungsi utamanya itu, beberapa fungsi lain hair dryer ini bisa kamu terapkan untuk mempermudah kehidupanmu sehari-hari.

1. Bulu mata jadi lebih lentik dengan penjepit yang sudah dihangatkan dengan hair dryer

maksimalkan fungsi penjepit bulu mata via macgyverisms.wonderhowto.com

Advertisement

Penjepit bulu mata nggak akan selamanya prima. Kadang ia akan aus dan renggang karena gesekan yang terlalu sering. Nah, sebelum dipakai, coba hangatkan penjepit bulu mata dengan hair dryer. Barulah kamu lentikkan bulu matamu. Hasilnya bakal lebih lentik dan tahan lama!

2. Kalau pas lagi buru-buru dan nggak sempat nyetrika baju, gunakan hair dryer biar bajumu nggak kusut

Selain menggunakan setrika, baju yang kusut bisa dirapikan menggunakan hair dryer. Mudah caranya, gantungkan dulu baju dengan hanger, semprotkan pewangi baju di bagian yang kusut, lalu keringkan dengan hair dryer. Bajumu pun bakal lebih rapi dan nggak kusut lagi.

3. Selain bisa mengeringkan sepatu, hair dryer juga bisa dipakai untuk melonggarkan sepatumu yang kesempitan lo!

melonggarkan sepatu sempit via www.my-image-expert.com

Agar sepatumu lebih longgar, cukup arahkan hair dryer ke sepatu bagian dalam hingga terasa hangat. Pakai kaus kaki tebal, lalu pakai sepatumu, dan semprot lagi dengan hair dryer sampai hangat. Sepatumu yang kesempitan akan perlahan memuai ke ukuran sepatu ideal sesuai kakimu.

4. Ketika gagang kacamatamu dirasa kurang pas dan sering melorot, coba betulkan dengan hair dryer

melonggarkan atau merekatkan gagang kacamata via lifehacker.com

Advertisement

Trik ini khusus gagang kacamata yang terbuat dari plastik yang rentan dan mudah mengendur. Cara membetulkannya mudah, arahkan udara panas hair dryer ke lengkungan yang ingin diubah, lalu bentuk ulang secara perlahan gagang kacamatamu sesuai dengan ukuran yang pas.

5. Percaya nggak percaya, hair dryer bisa lo bantu kamu bersihin noda coretan krayon di tembok

Kalau kamu punya anak, keponakan, atau saudara yang masih kanak-kanak dan suka corat-coret tembok dengan krayon, jangan khawatir. Untuk membersihkannya, gunakan panas dari hair dryer untuk melelehkannya (karena krayon terbuat dari lilin). Setelah meleleh, usaplah dengan menggunakan handuk kecil atau kain yang sebelumnya dibasahi air.

6. Hair dryer juga memudahkanmu melepas stiker label atau plester yang menempel kuat dan sulit dicabut

lebih mudah melepas stiker via www.corvetteforum.com

Baik stiker label atau plester, lem perekatnya bisa kamu lepas dengan mudah kalau sebelumnya sudah dipanaskan dulu dengan hair dryer. Nggak cuma mudah dilepas, cara ini juga akan mengurangi sisa-sisa kertas atau perekat yang menempel. Jadi mudah dibersihkan deh!

7. Risi karena bekas cairan lilin yang menempel di lantai atau meja? Bersihkan lebih mudah dengan hair dryer saja!

melelehkan lilin via www.almanaquesos.com

Lelehan lilin yang terkena permukaan lantai atau meja memang harus berhati-hati untuk membersihkannya. Tapi bisa disiasati dengan bantuan hair dryer yang akan membantu mencairkan sisa lilin yang menempel sehingga lelehannya lebih mudah dibersihkan. Nggak perlu lagi mencongkel bekas lilin menggunakan kuku ataupun alat-alat yang dapat merusakan permukaan, kan?

8. Debu-debu yang sulit dijangkau bisa kamu semprot dengan udara hangat dari hair dryer lo!

bersihkan debu-debu yang sulit dijangkau via www.bobvila.com

Misalnya, debu yang menempel di sela-sela rak buku ataupun debu yang menempel di keyboard laptop. Untuk membersihkannya, tinggal nyalakan hair dryer berkekuatan rendah dan perlahan-lahan debu yang menempel akan terangkat.

9. Menggembungkan kasur udara nggak selalu harus pakai pompa, gunakan hair dryer juga bisa!

Kalau kebetulan pompamu hilang atau terselip entah di mana, sementara kamu perlu untuk menggembungkan kasur udara, cobalah gunakan hair dryer dengan menyemprotkan udara hangatnya ke dalam lubang angin kasur. Maka secara perlahan kasur udaramu pun akan mengembang dan lebih tahan lama anginnya.

Jenis hair dryer itu ada beragam, ada yang tradisional, ionic, ceramic, atau tourmaline yang masing-masing punya kegunaannya sendiri. Pastikan kamu jeli memilih jenis hair dryer yang tepat, khususnya untuk digunakan sebagai pengering rambut. Tapi dari kesemuanya, hair dryer jenis apa pun tetap bisa dipakai fungsi-fungsi di atas kok. Semoga lebih maksimal lagi pakai hair dryer-nya ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya