6 Fitur Google Maps yang Rugi Banget Kalau Nggak Difungsikan. Anti Nyasar, Lancar Jaya di Jalan

Fitur google maps

Nggak bisa dimungkiri, aplikasi peta online seperti Google Maps sudah jadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Apalagi jika kamu sering berkunjung ke tempat baru dan belum tahu rute jalan daerah tersebut. Ya, nggak hanya menunjukkan rute saja, kini Google Maps hadir dengan banyak fitur baru yang mempermudah penggunaannya.

Advertisement

Seorang pemilik akun twitter @Joemillionraps pun turut membagikan beberapa fitur rahasia Google Maps yang mungkin belum banyak orang tahu. Berikut, fitur-fitur tersebut.

1. Kalau bawa mobil dan nggak mau masuk tol, setting saja pengaturan di Google Maps-nya

keluar tol via twitter.com

Biasanya jika bawa mobil, Google Maps akan menyarankan rute melalui jalan tol. Tapi kamu bisa kok mengubah arahnya, caranya ialah dengan menekan tanda titik tiga di samping lokasi keberangkatan, kemudian pilih opsi rute dan hapus centang ‘hindari jalan tol’.

2. Kamu juga bisa mengatur titik antar ojek online meski tempat yang dituju nggak bernama

pesen ojek online via gadgetren.com

Ketika seseorang mengirimi ‘Share Location’ melalui aplikasi chatting ketika bakal ketemuan, nggak perlu repot mencari lokasi lagi. Dengan mengklik lokasi yang dikirimkan, maka kamu akan otomatis masuk ke Google Maps. Kemudian, pilih mode perjalanan di ujung kanan, lalu pilih jasa ojek online mana yang ingin digunakan.

Advertisement

3. Google Maps juga menyediakan informasi jadwal bus seperti Trans Jakarta maupun Jogja

jadwal bus via gadgetren.com

Nah, nggak ada lagi deh cerita ketinggalan bus atau nunggu kelamaan. Fitur ini bisa kamu cek jika sudah menekan ‘Direction’ setelah memasukan alamat tujuan.

4. Kamu pun bisa mencari fasilitas publik terdekat, seperti ATM atau pom bensin misalnya

ATM terdekat via twitter.com

Daripada kehabisan bensin di jalan, mending segera cari pom bensin terdekat melalui Google Maps. Caranya, cukup tambahkan kata ‘sekitar sini’ atau ‘terdekat’ setelah nama tempat yang dicari. Misalnya: ATM terdekat.

5. Tahu nggak sih, Google Map juga bisa diakses meski nggak terhubung jaringan internet lo!

google maps offline via kepotek.com

Untuk bisa menikmati fitur ini, kamu perlu mengunduh lokasi tujuannya terlebih dahulu. Setelah itu, Google Maps akan membawamu ke lokasi tujuan meski lagi nggak ada internet. Sayangnya, fitur ini nggak bisa menunjukkan rute tercepat.

Advertisement

6. Tempat favorit yang sering dikunjungi bisa kamu simpan di Google Maps

menyimpan tempat via techno.okezone.com

Nggak repot kok, kamu hanya perlu menyimpannya di bagian ‘label’. Selain disimpan, tempat favorit ini juga bisa kamu bagikan ke temanmu. Jadi, ketika mereka butuh rekomendasi tempat, kamu hanya perlu buka Google Maps dan membagikannya.

Kemudahan lainnya, Google Maps juga bisa menyediakan peta di dalam ruangan lo! Jadi, kalau kamu jalan-jalan ke mal yang cukup besar, nggak perlu khawatir nyasar. Google Maps juga peka terhadap peristiwa di jalan, biasanya ia akan menandai rute jika terjadi banjir atau kecelakaan. Biar nggak nyasar dan makin lancar di jalan, yuk pahami lagi fitur-fitur menarik dari Google Maps ini!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE