Tips Hadapi Nyamuk Bandel Saat Musim Hujan

Di musim penghujan seperti sekarang ini, rawan sekali kasus demam berdarah. Ini yang seharusnya menjadi perhatian kita agar berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatan. Karena, penyakit demam berdarah tidak bisa disepelekan begitu saja. Sudah banyak korban berjatuhan karena kasus demam berdarah ini.

Walau hanya menjadi perantara virus dengue, perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti semakin pesat saat musim hujan. Kondisi lingkungan yang mendukung perkembangannya membuat kasus demam berdarah semakin meningkat. Padahal nyamuk ini tidak suka dengan tempat-tempat kotor, nyamuk Aedes Aegypti malah mudah ditemukan di genangan air yang ada di sekitar rumah.

Lalu, bagaimana mencegahnya agar keluarga tercinta terhindar dari bahaya demam berdarah? Ternyata langkah-langkahnya sangat mudah dilakukan. Ini beberapa tips yang dapat dijalankan oleh siapa saja:

Menjadwalkan kegiatan di luar ruangan

Aktivitas luar ruangan (Foto: iStock) via www.istockphoto.com

Nyamuk sering berkeliaran saat subuh, sore, dan senja. Agar terhindar dari gigitannya, atur ulang kegiatan dan aktivitas luar ruangan saat nyamuk berkeliaran.

Kenakan pakaian tertutup saat beraktivitas di luar ruangan

Pakai baju tertutup (Foto: iStock) via www.istockphoto.com

Bila tidak dapat menghindari kegiatan di luar ruangan atau harus mengunjungi daerah yang sedang rawan demam berdarah, kenakan pakaian tertutup. Nyamuk suka dengan pergelangan tangan, kaki dan leher. Kenakan kaus kaki atau jaket dan kemeja panjang.

Membersihkan tanaman liar di sekitar rumah

Bersih-bersih taman depan rumah (Foto: iStock) via www.istockphoto.com

Rumput yang lebat dan tebal menjadi rumah nyamuk. Apalagi dengan lebatnya tanaman, kita tidak menyadari adanya genangan air di sekitarnya. Pangkas dan siangi tanaman di saat musim hujan agar nyamuk tidak bersarang.

Hindari menumpuk barang dan menggantung pakaian

Sebisa mungkin hindari menggantung baju (Foto: iStock) via www.istockphoto.com

Musim hujan membuat kegiatan cuci mencuci terhambat, akibatnya pakaian sering tergantung. Nyamuk menyukai aroma tubuh manusia sehingga tumpukan pakaian menjadi tempat favoritnya. Lebih baik melipat pakaian dan menyimpannya di tempat tertutup.

Semprotkan obat nyamuk saat pagi dan malam

Semprot obat nyamuk siang-malam

Semprotkan obat nyamuk di kamar tidur, bawah meja dan sofa serta pojok ruangan. Gunakan obat nyamuk yang berbahan alami seperti ForceMagic. ForceMagic, pemati dan penolak nyamuk dengan Teknologi 2 in 1 adalah pilihan yang tepat untuk menjaga rumah dari nyamuk.

ForceMagic mengandung aerosol insektisida dengan bahan aktif seperti piretroid sintetis (prallethrin & permethrin). Zat ini adalah insektisida alami yang terkandung dalam bunga krisan. Bunga krisan dikenal sebagai penolak nyamuk alami.

ForceMagic juga dapat memberantas nyamuk bandel, nyamuk yang bangkit lagi setelah disemprot, dan menolak nyamuk masuk ke dalam ruangan. Aromanya yang lembut dan menyegarkan, tidak akan membuat pusing, namun usahakan untuk mengosongkan ruangan, 2 jam setelah menyemprotkan ForceMagic.

Tegar Baskoro (Group Product Manager ForceMagic) juga mengatakan ForceMagic tidak meninggalkan residu sehingga ramah lingkungan. “Piretroid Sintetis dalam ForceMagic lebih mudah dinetralisir udara, tidak perlu takut bila terhirup karena akan cepat dikeluarkan tubuhmelalui feces, urine dan saluran pernafasan.”, ujar Tegar.

Dengan pencegahan yang rutin dilakukan, tentu nyamuk bandel dapat diberantas dan mengurangi risiko terkena demam berdarah.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.