Otak memang merupakan bagian inti dari tubuh manusia. Tanpanya, manusia mustahil untuk dapat hidup. Dengan otak, kita dapat berpikir, merasa, dan menyerap ilmu.

Otak sendiri terbagi menjadi dari 2 bagian: kiri dan kanan. Menurut para ahli, otak kiri berfungsi untuk menggerakkan tubuh bagian kanan, dan otak kanan berfungsi untuk menggerakkan tubuh bagian kiri. Oleh karenanya, orang yang bertangan kidal cenderung lebih aktif otak kanannya.

Advertisement

Baik otak kiri dan kanan digunakan manusia untuk berpikir analitis dan logis serta berpikir kreatif. Namun, otak kiri lebih mendominasi dalam pikiran logis-analitis dan otak kanan mendominasi pikiran kreatif.

Kalau selama ini otak kiri telah dilatih oleh mata pelajaran yang kita dapatkan di sekolah, bagaimana sih caranya agar kita dapat memaksimalkan dan mengembangkan otak kanan kita? Ada beberapa latihan yang bisa kamu lakukan, diantaranya sebagai berikut:

1. Latihlah tubuh bagian kiri untuk melakukan tugas sehari-hari. Jika kamu selalu menggunakan tangan kanan untuk menulis maupun menggosok gigi, ini saatnya melakukannya dengan tangan kiri

Maksimalkan penggunaan tangan kiri

Maksimalkan penggunaan tangan kiri via www.huffingtonpost.com

Seperti yang telah Hipwee sebutkan pada paragraf pembuka, bahwa otak kanan berfungsi untuk menggerakkan tubuh bagian kiri. Oleh karenanya, maksimalkanlah penggunaan tubuh bagian kiri dalam kehidupan sehari-hari—kecuali demi sopan santun, tetap gunakan tangan kanan.

Advertisement

Latihan ini bisa kamu mulai dengan belajar menulis maupun menggosok gigi menggunakan tangan kiri. Pada awalnya memang akan terasa susah dan mustahil untuk dilakukan. Namun jika kamu mempraktikkannya setiap hari, bukan tidak mungkin kamu akan dapat menggunakan tangan kirimu secara maksimal, dan tentunya otak kananmu pun akan semakin terlatih.

2. Ketika memutar lagu, jangan hanya mendengarkan sambil lalu. Cobalah resapi nada-nada di dalam musik yang kamu dengar itu

Dengarkan dan resapi nada-nada dalam musik yang kamu dengar

Dengarkan dan resapi nada-nada dalam musik yang kamu dengar via www.huffingtonpost.com

Jangan hanya mendengarkan saja, namun coba pula untuk menghayati dan meresapi musik yang kamu dengar. Dengan begini, otak akan bisa memproses irama dan melodi. Apalagi jika kamu berusaha untuk dapat mengimajinasikan keadaan yang digambarkan melalui sebuah musik maupun lagu, dan ikut merasakan emosi dalam musik tersebut.

Namun Hipwee sarankan jangan mendengarkan lagu-lagu mellow. Putarlah lagu-lagu yang memiliki beat cepat seperti hip-hop maupun musik electro. Rasakan dirimu terbawa dalam pesta yang meriah dan gemerlapnya suasana.

3. Meski bukan seorang seniman, cobalah untuk membuat sebuah karya seni seperti menggambar, maupun membuat kerajinan tangan

Tak ada salahnya belajar membuat karya seni

Tak ada salahnya belajar membuat karya seni via pixabay.com

Seperti kita tahu, para seniman adalah orang-orang yang kreatif. Itu artinya, otak kanan mereka sangat dominan. Oleh karenanya, tak ada salahnya untuk bertindak seperti mereka dengan membuat sebuah karya seni seperti menggambar maupun membuat kerajinan tangan.

Jangan terlalu berpikir bahwa kamu harus menggambar sesuatu yang bagus dan membuat kerajinan tangan seperti layaknya seorang masterpiece. Gambarlah apa saja, gambarlah sesuatu yang lucu, yang bisa membuatmu gembira. Lakukan hal ini untuk bersenang-senang. Mungkin jika kamu memiliki blog, kamu bisa mendesain ulang blogmu agar memiliki tampilan yang lebih menarik.

4. Lakukanlah hal-hal di luar kebiasaanmu, lakukan hal-hal yang biasa kamu lakukan dengan cara yang berbeda

Carilah jalan lain diluar kebiasaan-kebiasaanmu

Lakukan hal lain diluar kebiasaan-kebiasaanmu via www.anotherwayvt.org

Tanpa sadar sebuah kebiasaan akan membuatmu malas untuk mencoba hal-hal baru. Kamu terlalu nyaman dengan aktivitas keseharianmu. Bangun tidu, kemudian mandi, lalu bersiap berangkat ke kampus, dan sarapan di warteg dekat kos-kosan. Mulai sekarang, cobalah untuk melakukan hal-hal diluar kebiasaanmu.

Bangunlah lebih pagi, kenakan sepatu olahragamu yang telah lama menganggur, lalu mulailah berlari pagi di sekitar kos-kosanmu. Jika sebelumnya kamu telah rutin berlari pagi, cobalah untuk berlari dan berolahraga di malam hari. Jika kamu biasa melewati jalan tertentu untuk berangkat ke kampus, cobalah melewati jalan lain ketika pulang dari kampus. Hal ini akan membuatmu merasakan sensasi berbeda dari keseharianmu sebelumnya.

5. Daripada menonton acara debat di televisi, biarkanlah dirimu tertawa dengan menonton acara-acara komedi

Tertawa akan membuatmu kreatif

Tertawa akan membuatmu kreatif via magsflores.tumblr.com

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa tertawa akan dapat memancing kreativitasmu. Namun menurut para ahli, tertawa justru dapat melepaskan energi-energi negatif dalam pikiranmu. Kamu dapat merasakan kebahagiaan dan kebebasan ketika tertawa lepas.

Menurut penelitian, tertawa akan dapat membuat otakmu menjadi kurang sensitif terhadap hal-hal negatif. Tertawa juga mampu mengeluarkan hormon endorfin yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan pikiranmu. Oleh karenanya, jangan remehkan tontonan-tontonan komedi yang bisa mengocok perutmu.

6. Tenangkanlah jiwa dan pikiranmu, tak jarang pikiran tenang akan bisa mengasah otak kanan untuk bisa berpikir kreatif

Tenangkan pikiranmu

Tenangkan pikiranmu via galleryhip.com

Kreativitas dan ide-ide yang bagus tak akan datang jika pikiranmu sedang dilanda stres. Sebaliknya, ide-ide kreatif akan datang jika dirimu berada dalam keadaan rileks dan pikiran yang tenang. Oleh karenanya, cobalah untuk bermeditasi.

Jika kamu tak terbiasa bermeditasi, cobalah untuk berjalan-jalan di pantai yang tenang, maupun dibawah rimbunnya pepohonan hutan. Biarkan dirimu merasa tenang dan biarkan pikiran-pikiran stres menghilang dari dirimu.

7. Demi memupuk rasa empati, ajaklah mengobrol orang di sisi kanan-kiri. Resapi kata-katanya karena percakapanlah yang mengeratkan manusia

Mengobrol dengan orang lain

Mengobrol dengan orang lain via www.huffingtonpost.com

Mengobrol dengan orang lain dan terlibat pada hal-hal yang dibicarakan orang tersebut juga dapat melatih otak kananmu. Misalkan saja, ada temanmu yang sedang mencurahkan isi hatinya padamu mengenai masalah di kampus maupun hubungannya dengan sang pacar.

Dengan bercerita maupun mendengarkan perkataan orang lain, kamu akan dapat meresapi kata-katanya dan dapat merasakan emosi temanmu tersebut. Rasa empatimu akan semakin terasah, dan kamu akan semakin memiliki perasaan peduli terhadap orang lain. Daniel Pink, seorang penulis buku berjudul “A Whole New Mind” dalam sebuah wawancara dengan Oprah Winfrey menuturkan bahwa manusia tidak menggunakan grafik dan diagram dalam berkomunikasi satu sama lain. Kita dihubungkan oleh sebuah percakapan.

Itulah beberapa hal yang meski sederhana, namun dapat mengasah otak kanan, dan bukan tidak mungkin kreativitasmu pun akan semakin terasah. Oleh karenanya, lakukanlah salah satu hal diatas setiap hari, dan cobalah untuk tetap konsisten. Jika memang dibutuhkan, tak ada salahnya bagimu untuk mengambil kursus melukis maupun kursus musik nantinya. Siapa tahu kamu memang memiliki kreativitas yang terpendam dalam dirimu?

Artikel ini terinspirasi dari laman ehow, artikel aslinya bisa kamu baca disini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya