Alasan kenapa bahan-bahan alami lebih banyak dipilih untuk merawat kulit adalah mudah dan murah. Membuat body scrub atau lulur misalnya, caranya gampang banget dan harganya super minimal. Seperti yang kamu tahu, body scrub membantu kita mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit kita jadi lebih halus dan ternutrisi dengan baik.

Untuk mendapatkan semua manfaat itu biasanya kita harus merogoh kantong cukup dalam, tapi kali ini kayaknya sih nggak, kamu cukup bikin sendiri aja.

1. Trio labu, madu, dan baking soda siap jadi percobaanmu yang pertama

Body scrub alami

Body scrub alami via brit.co

Advertisement

Bahan:

1 kaleng labu

1 cangkir baking soda

1/4 cangkir madu

Scrub dari labu ini kaya akan vitamin dan dapat mengembalikan kulit yang rusak. Madu akan mencerahkan kulit dan juga membantu menutup pori-pori. Sementara baking soda sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati dan merawat kulit yang sensitif.

Campurkan semua bahan dan aplikasikan ke kulit cantikmu dan rasakan manfaatnya yang bikin kulitmu makin cuantikkk!! BTW, jangan sampai kamu mencicipi scrub ini dengan mulutmu ya, nggak edible soalnya.

2. Body scrub ini terbuat dari gula merah dan pisang, ngeliatnya aja udah bikin kenyang

Body scrub alami

Body scrub alami via brit.co

Advertisement

Bahan:

1 cangkir gula merah

3 pisang

Body scrub ini juga bisa berfungsi sebagai pelembab tanpa minyak yang akan membuat kulitmu bercahaya dan tampak lebih muda. Selain itu juga kaya akan vitamin dan mineral yang akan membuat kulitmu lebih kencang.

Tambahkan gula merah ke pisang (sebaiknya pilih pisang yang kecoklatan karena lebih mudah dihaluskan). Haluskan kedua bahan tersebut di dalam mangkuk, jika sulit haluskan saja pisangnya menggunakan tangan.

3. Demi kulit sehalus iklan lotion, jeruk bali-alpukat-gula akan mewujudkannya untukmu

Body scrub alami

Body scrub alami via brit.co

Bahan:

1 cangkir gula

1/2 jeruk bali (diperas)

2 sdm minyak alpukat

Jeruk bali dikenal dengan manfaatnya yang dahsyat untuk menangkal radikal bebas dan menyeimbangkan tone kulitmu serta menghilangkan berbagai macam noda  di kulit. Alpukatnya walaupun berbentuk minyak nggak akan memperbesar pori-porimu kok, tenang!

Buat jus dari jeruk bali yang sudah diperas, dan masukkan ke dalam mangkuk bersama gula dan minyak alpukat. Aduk hingga merata tapi pastikan butiran gulanya tetap terjaga agar fungsinya sebagai scrub tetap ada.

4. Kombinasi lavender-minyak biji anggur-garam bisa jadi scrub andalan buat kamu yang berjerawat

Body scrub alami

Body scrub alami via brit.co

Bahan:

1 cangkir garam

2-3 tangkai lavender kering

2-6 tetes minyak lavender esensial

1 cangkir minyak biji anggur

Lavender kering sangat cocok digunakan untuk melawan jerawat. Sementara garam akan berfungsi sebagai scrub menggantikan gula yang sebelumnya sering kita pakai untuk mengangkat sel kulit mati. Bahan-bahan ini juga sangat sempurna untuk melawan eczema.

Ambil kuncup-kuncup lavender dari tangkainya dan campurkan dengan semua bahan yang telah diaduk hingga menyatu. Setelah itu siap pakai deh!

5. Demi kulit cantik alami sempurna, kopi-minyak kelapa-gula harus jadi resep rahasianya

Body scrub alami

Body scrub alami via crafthubs.com

Bahan:

1/2 cangkir gula

1/2 cangkir bubuk kopi alami

1 cangkir minyak kelapa

Sebagai scrub, bahan-bahan alami ini juga akan berfungsi untuk membuat kulitmu tampil lebih cerah dan bercahaya. Bahkan bisa meminimalkan selulit juga, lho! Apalagi dikombinasikan dengan minyak kelapa, pelembab kulit alami yang terkenal itu.

Campurkan semua bahan menggunakan tangan hangatmu, jangan sekali-kali menggunakan sendok atau alat bantu lainnya. Biarkan tanganmu kotor sementara untuk hasil yang luar biasa.

Setelah membuat body scrub alami ini, kamu bisa menempatkannya di toples bekas ataupun tempat lainnya biar tampak makin cantik. Jadi bisa kamu pakai juga untuk jangka waktu yang lama, bukan hanya saat membuatnya saja. Selamat mencoba, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya