Jarang sekali anak muda zaman sekarang yang mau minum jamu. Selain nggak cocok dengan rasanya yang cenderung ada pahit-pahitnya, minum jamu dianggap hal yang kuno dan nggak relevan. Padahal minuman tradisional khas Indonesia ini punya banyak manfaat buat kesehatan lho. Pun racikannya yang berasal dari bahan-bahan alami bikin jamu minim efek samping dan murah banget harganya. Tinggal kamu yang mau berdamai dengan rasanya atau nggak.

Ada lho jamu-jamu khusus yang bagus jika dikonsumsi olehmu para cewek. Nggak cuma mengatasi masalah menstruasi hingga bau badan, tapi juga menunjang kecantikan dan kesuburan untuk aset masa depan. Baca dulu, siapa tahu minatmu tergerak.

1. Kunyit asam dari dulu sudah jadi andalan para leluhur untuk melancarkan haid dan mengurangi nyeri yang ditimbulkannya

kunyit asam via hellosehat.com

Advertisement

Jamu kunyit asam paling pas dikonsumsi oleh kamu yang sedang atau menuju haid. Bahan-bahan alami di dalamnya seperti kunyit, asam jawa, dan perasan jeruk nipis sangat ampuh melancarkan siklus haid, mengurangi nyeri haid dan baik untuk organ reproduksi. Meminum jamu ini secara rutin juga menghilangkan bau badan karena kandungan minyak atsiri di dalamnya yang akan mengontrol produksi keringat dan melawan bakteri penyebab bau badan. Kamu pun jadi lebih percaya diri!

2. Kalau tadi haid, bagaimana dengan keputihan dan bau nggak sedap di area miss V? Tenang, jamu kunci sirih bisa jadi senjatamu mengatasinya

kunci sirih via cookpad.com

Jamu berbahan dasar temu kunci dan daun sirih ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi keputihan dan bau yang nggak sedap di area miss V. Sirih dipercaya mengurangi wangi yang nggak sedap akibat keputihan, sedangkan temu kunci punya zat anti kanker pada bagian rimpangnya yang menjaga kesehatan organ intim. Ramuan ini juga merapatkan vagina, menyempitkan rahim, menghilangkan bau badan, dan memperkuat gigi. Kalau nggak begitu suka dengan rasanya, kamu bisa menambahkan kayu manis atau asam jawa.

3. Selain menurunkan berat badan dan melangsingkan badan, jamu galian singset juga dipercaya mencegah keriput dan bikin awet muda

galian singset via iyakan.com

Jamu ini jadi andalan cewek-cewek zaman dulu untuk bikin singset badan. Memang sih, jamu ini banyak dijual di pasaran dalam bentuk kemasan, namun kamu juga bisa mengolahnya sendiri dengan bahan kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, lengkuas, serai, cengkeh, kapulaga, ketumbar, dan beberapa rempah tradisional lainnya. Selain bikin langsing, jamu yang umumnya dikonsumsi oleh para cewek setelah melahirkan ini rupanya juga melawan masalah keriput! Jika kamu ingin terlihat awet muda, galian singset jawabannya.

4. Nggak hanya untuk meredakan nyeri maag, jamu beras kencur pun ampuh atasi jerawat dan mengencangkan kulit

Advertisement

Jamu beras kencur dianggap yang paling bersahabat rasanya saat diminum. Rasanya yang nggak pahit dan cenderung gurih dan hangat ini punya manfaat yang baik untuk pencernaan, terutama menebalkan dinding lambung dan meredakan nyeri maag. Racikan beras, kencur, gula aren, cengkeh, dan sedikit jeruk nipis ini dipercaya mengurangi minyak pada wajah. Bubuknya pun bisa kamu gunakan sebagai masker yang ampuh mengempiskan jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit lho!

5. Rasanya memang super pahit, tapi berkat jamu pahitan, nggak cuma cegah jerawat dan bau badan, tapi juga basmi diabetes

jamu pahitan via www.ibudanbalita.com

Jamu pahitan ini memang rasanya lebih pahit dengan warnanya yang juga lebih gelap dibanding jamu lainnya. Bahan utamanya saja dari sambiloto, brotowali, lempuyang, daun meniran, serai, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih, dan adas. Tapi jangan buru-buru ilfeel, manfaatnya selain menghilangkan bau badan, juga mencegah jerawat, melancarkan peredaran darah, menghilangkan gatal-gatal pada kulit dan yang paling ampuh adalah menurunkan risiko diabetes jika dikonsumsi secara rutin.

6. Jamu sinom rasanya nggak terlalu pahit, manfaatnya untuk detoks yang juga membasmi bakteri penyebab jerawat

jamu sinom via miignon.com

Setelah meminum jamu yang pahit, biasanya kamu akan diberi jamu sinom. Sinom adalah daun asam jawa yang masih muda dan biasanya diramu dengan campuran temulawak, kunyit, kayu manis, kapulaga, dan gula putih atau gula merah sebagai pemanis. Bukan cuma rasanya yang enak, jamu sinom juga membantu membantu proses detoksifikasi. Jika racun-racun dalam tubuh bisa dikeluarkan, maka kulit wajah juga bisa terbebas dari serangan bakteri penyebab jerawat.

7. Jamu gepyokan ini cocok banget buatmu yang sudah menikah dan punya momongan, ASI-mu bakal lancar jaya karenanya

jamu gepyokan via www.suratkabar.id

Nama gepyokan berasal dari bahasa Jawa yang berarti dipukul-pukulkan. Jamu gepyokan juga dikenal dengan sebutan jamu uyup-uyup. Dibuat dari rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, bangle, kunyit, temulawak, puyang, temu giri dan daun katup. Jamu ini andalannya ibu menyusui karena ampuh memperlancar keluarnya ASI. Selain itu juga berkhasiat menghilangkan bau badan dan mendinginkan perut. Untuk mengurangi rasa pahit dan bau rempah yang kuat, jamu ini bisa dinikmati dengan menambahkan gula atau madu.

Kalau kamu sanggup menghabiskan banyak uang untuk perawatan wajah di salon atau membeli produk kosmetik maupun skincare impor, harusnya berani dong membeli jamu yang harganya nggak seberapa. Soal rasa bisa dibiasakan. Sudah produk lokal, alami, tanpa efek samping, murah, bikin cantik lagi. Nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya