Mungkin setelah membaca judul artikel ini, kamu langsung berpikir, “Kenapa sih aplikasi skincare pakai jari aja harus ada aturannya?”. Tapi kenyataannya, skincare akan berfungsi maksimal jika digunakan dengan efektif dan benar. Mengingat tekstur dan juga kandungan di dalam masing-masing produk skincare juga berbeda-beda, jadi perlu disesuaikan penerapannya agar bisa meresap baik ke dalam kulit.

Nah, sebaiknya jangan asal gosok produk skincare-mu itu dengan jari tangan ke wajah. Agar hasilnya lebih efektif dan maksimal, simak cara tepat memakai skincare menggunakan jari berdasarkan jenis produk berikut ini.

1. Cleanser: gunakan tiga jari dan gerakkan memutar berlawanan arah bulu kulit wajah

gerakan memutar via www.adorebeauty.com.au

Advertisement

Untuk membersihkan wajah menggunakan cleanser, terutama yang teksturnya krim atau losion, caranya adalah menggosoknya dengan lembut. Gunakan tiga jari (telunjuk, jari tengah, dan jari manis) untuk membentuk lingkaran di area pipi, dahi, hidung dan dagu. Gosok dengan tekanan ringan berlawanan dengan arah bulu kulit wajah untuk mengangkat kotoran yang menempel.

2. Exfoliator: buat gerakan setengah memutar dan jangan terlalu menekan

setengah memutar via www.adorebeauty.com.au

Karena produk ini gunanya untuk mengangkat sel kulit mati, maka teknik pengaplikasiannya juga hampir mirip dengan menggunakan cleanser. Hanya saja, gerakannya setengah lingkaran dengan memutar sedikit saja. Jangan terlalu menekan atau menggosok terlalu keras. Fokuslah pada area pipi, hidung, serta T-zone yang berkebutuhan khusus untuk dieksfoliasi.

3. Pelembap: aplikasikan dari bagian tengah wajah menuju ke luar dengan tekanan lembut

arahkan ke luar via www.avoskinbeauty.com

Pelembap juga penting untuk menghidrasi kulit, selain sebagai dasar sebelum menerapkan makeup. Caranya simpel, kamu cukup mengaplikasikannya dari bagian tengah wajah menuju ke luar wajah dengan jari. Pastikan menggunakan tekanan yang lembut dengan ujung jari agar pelembap bisa diserap baik oleh kulit.

4. Eye cream: oles lembut dan tepuk-tepuk dengan jari manis

pakai jari manis via dailyvanity.sg

Advertisement

Untuk menutrisi kulit di bawah area mata, khususnya merawat mata panda, penggunaan eye cream atau krim mata diperlukan. Cara mengaplikasikan yang benar adalah dengan mengoleskannya dengan lembut pada kantung mata menggunakan jari manis. Lalu tepuk-tepuk lembut agar produk meresap. Lakukan pijatan singkat dengan menggerakkan jari dari arah luar ke dalam, lalu naik ke atas, dan kembali ke titik awal.

5. Serum: ratakan dengan jari sambil ditepuk-tepuk lalu tambahkan sesi pijat

ditepuk-tepuk via maed.co

Serum mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit. Agar semua kandungan positif yang ada di serum itu diterima oleh kulit dengan maksimal, tambahkan sesi pijat wajah mengoles rata dan menepuk-nepuknya. Nggak perlu lama, minimal 3-5 menit saja sudah cukup.

6. Face oil: tuang ke telapak tangan lalu ratakan ke wajah

ratakan dengan telapak tangan via www.goodhousekeeping.com

Hampir sama manfaatnya dengan serum, namun face oil ini menggunakan bahan dasar minyak esensial. Untuk mengaplikasikannya, tuangkan ke telapak tangan terlebih dahulu. Kemudian ratakan ke wajah, gunakan telapak tangan untuk menekan-nekan face oil secara lembut pada wajah agar kandungannya meresap dengan baik pada kulit.

Meski mengaplikasikan produk skincare menggunakan jari tangan tergolong simpel, namun baiknya jangan kamu asal menggosoknya saja. Gunakan teknik yang direkomendasikan agar kandungannya lebih meresap ke kulit wajah dan hasilnya nanti lebih maksimal. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya