Selain komedo dan jerawat, kulit kering kerap menjadi masalah yang bikin cewek nggak percaya diri. Meski sudah melakukan berbagai perawatan, namun kulit kering yang dimiliki nggak kunjung membaik. Kira-kira masalahnya di mana, ya?

Pasalnya, perawatan kulit nggak boleh asal-asalan lantaran harus disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki. Jika memang kamu berkulit kering, maka kamu harus menggunakan produk skincare yang diperuntukkan untuk kulit kering. Ini pun harus disesuaikan dengan kegiatanmu tiap harinya. Nggak percaya? Simak deh tujuh kebiasaan sepele yang menyebabkan kulit jadi kering berikut ini.

1. Berlama-lama mandi dan keramas dengan air hangat ternyata bikin kulit kering

jangan terlalu lama mandi dengan air hangat via youngwomenshealth.org

Advertisement

Setelah lelah beraktivitas, memang lebih enak memanjakan diri dengan mandi air hangat lantaran bikin tubuh lebih rileks sekaligus menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di kulit lebih maksimal. Tapi, mandi dan keramas pakai air hangat terlalu lama, apalahi kalau sering dilakukan, bisa menyebabkan kulit cepat kering. Makanya, jangan keseringan dan terlalu lama mandi pakai air hangat, ya!

2. Mandi pakai sabun batangan yang bertekstur kasar juga bisa bikin kulit jadi kering. Kandungan detergennya itu lo!

sabun batangan yang kasar via www.healthline.com

Selama ini, kita mungkin berpikir kalau sabun batangan cukup baik dan aman-aman saja untuk membersihkan kulit. Namun hal ini bisa saja keliru, terutama jika sabunnya mengandung detergen dan bahan kimia yang keras karena dapat mengganggu lapisan kulit luar dan menghilangkan minyak alami yang melembapkan kulit. Nggak heran kalau kulitmu jadi kering, bahkan sampai iritasi.

Pilih sabun batangan yang lembut dan tidak beraroma yang bisa membersihkan tanpa mengurangi kelembapan kulit.

3. Terlalu sering melakukan eksfoliasi termasuk luluran yang justru akan mengikis lapisan kulit dan membuatnya iritasi

terlalu sering luluran via www.standard.co.uk

Advertisement

Pengangkatan sel-sel kulit mati atau biasa disebut eksfoliasi memang bagus dilakukan. Namun jika terlalu sering melakukan eksfoliasi, kulitmu bakal terkikis dan mudah iritasi dan akhirnya kering. Baiknya, lakukan eksfoliasi paling banyak sekali atau dua kali seminggu. Pilih produk yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat karena bisa meluruhkan sel-sel kulit mati secara lembut dari permukaan kulit.

4. Memakai losion yang asal suka wanginya, padahal nggak sesuai dengan kondisi kulit sebenarnya

salah gunakan lotion via www.elitedaily.com

Seringkali kita memakai losion hanya karena menyukai wanginya. Padahal, losion yang baik adalah yang sesuai dengan jenis kulit. Dilansir dari Reader’s Digest, jika kulitmu kering, hindari losion yang mengandung air dengan kadar minyak rendah karena bisa tak terserap dengan baik oleh kulit dan cepat menguap, dan akhirnya bikin kulitmu jadi kering. Kamu pun perlu memerhatikan waktu pemakaiannya dengan benar, yakni setelah mandi sambil menepuk-tepuk kulit terlebih dahulu untuk memastikan krim meresap dengan benar.

5. Sudah jadi rahasia umum kalau kulit bisa kering akibat kurang minum air putih

kurang minum air putih via www.thedailymeal.com

Tak hanya penggunaan produk dari luar tubuh, kulit yang kering juga bisa disebabkan dari dalam tubuh. Kurang minum air putih misalnya. Kamu juga akan terlihat lelah dan tak bersemangat. Karena itu, sempatkan cukup konsumsi air putih tiap hari, apalagi kalau aktivitasmu sangat padat.

6. Sabun detergen dan pewangi pakaian ternyata juga memengaruhi kondisi kulitmu lo

detergen juga menyebabkan kulit kering via www.businessinsider.com

Sabun deterjen dan pewangi pakaian yang kamu gunakan untuk mencuci baju ternyata bisa menyebabkan kulit kering. Terutama kalau penggunaan detergennya terlalu banyak karena dapat ‘bersarang’ di antara serat-serat kain dan ‘menggosok’ kulit yang nantinya menyebabkan iritasi dan kering.

7. Kamunya terlalu fokus sama kulit wajah saja, lalu lupa merawat kulit tubuhnya

terlalu fokus merawat wajah via www.allure.com

Baik kulit wajah maupun kulit tubuh, semuanya sama-sama penting. Sayangnya, kita kerap terlalu fokus merawat bagian wajah saja yang seringnya juga lebih sering bermasalah. Padahal, kulit bagian tubuh lainnya juga butuh perhatianmu lo. Terutama bagian yang mudah sekali kering seperti kaki, siku, dan lutut.

Percaya atau nggak, kenyataannya kulit kering bisa terjadi akibat kebiasaan yang dilakukan setiap harinya. Mulai sekarang, jangan lagi sepelekan kebiasaan-kebiasaan tersebut, dan perbaiki supaya kondisi kulitmu nggak makin kering, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya