5 Jenis Lampu Rumah Sesuai dengan Kebutuhan Ruangan. Jangan Keliru Pasang

Jenis lampu

Lampu saat ini menjadi salah satu alat penerangan vital yang penting untuk menunjang kehidupan manusia. Keberadaannya yang mudah ditemukan di mana-mana, membuat banyak orang menyebut alat penerangan ini hanya sebatas ‘lampu’. Padahal, lampu memiliki beragam jenis serta kegunaan yang berbeda lo, apalagi jika akan dipasang untuk setiap ruangan dalam rumah. Pemilihan lampu yang tepat bisa membuat rumah terlihat rapi dan cantik.

Advertisement

Oleh karena itu, mengetahui apa saja jenis lampu dan kegunaannya dapat membantumu memilih lampu yang tepat sesuai kebutuhan ruangan. Nah, berikut ini Hipwee akan kasih informasinya. Simak yuk, ulasan lengkapnya!

1. Lampu pijar, jenis lampu pertama kali yang ditemukan dan cocok digunakan untuk setiap ruangan

Lampu pijar / Credit: Photo by Eprism Studio from Pexels

Lampu pijar atau lampu bohlam merupakan jenis lampu yang pertama kali ditemukan oleh Thomas Alva Edison. Jenis lampu ini memiliki harga murah dengan masa nyala selama 1000 jam atau sekitar 3-4 bulan. Selain itu, lampu pijar memiliki cara pasang atau instalasi yang mudah, yaitu hanya tinggal memutar bohlam dalam fitting lampu. Meski cocok dipasang di setiap ruangan, intensitas cahaya lampu pijar tidak terlalu terang dan kurang bagus untuk mata. Namun, cahaya panas dalam lampu pijar dapat menghangatkan ruangan.

2. Lampu neon atau TL memiliki cahaya terang tinggi dan awet hingga 10 tahun

Lampu neon / Credit: Photo by Erik Christensen on Unsplash

Lampu neon juga biasa dikenal dengan nama tubular lamp (TL) yang memiliki cahaya lebih terang dibandingkan lampu pijar. Meski lebih populer dengan bentuk lurus memanjang, lampu neon memiliki beragam bentuk, seperti spiral atau memutar dan memanjang vertikal dengan fitting seperti lampu pijar. Meski lebih terang dari lampu pijar, lampu neon dapat menghemat energi lebih baik. Bahkan, daya tahan penggunaannya bisa mencapai 15.000 jam atau sekitar 10 tahun. Lampu ini cocok dipasang di ruangan yang luas atau teras rumah.

Advertisement

3. Untuk cahaya ruangan yang lebih lembut, pilih lampu LED

Lampu LED / Credit: Photo by Zain Ali from Pexels

Lampu LED merupakan jenis lampu yang paling fleksibel untuk dipasang di setiap ruang. Cahaya yang dihasilkan lampu ini tidak menyebabkan panas berlebih, sehingga membuat ruangan lebih nyaman. Apalagi teknologi LED atau Light Emitting Diode menghasilkan energi yang lebih rendah dan membuat lampu ini dikenal lebih ramah lingkungan sekaligus hemat listrik. Kemampuan bertahannya mencapai 100.000 jam lo. Bahkan, dibandingkan jenis lampu lain, lampu LED lebih adaptif terhadap perubahan kondisi cuaca.

4. Sedangkan untuk hunian minimalis, lampu downlight cocok digunakan karena bentuknya bisa tersembunyi dalam plafon

Lampu downlight / Credit: Photo by Vecislavas Popa from Pexels

Lampu downlight diletakkan tersembunyi atau masuk ke dalam plafon. Sejak tahun 1930-an, jenis lampu ini disukai untuk hunian modern lo. Pasalnya, pancaran cahaya yang dihiasilkan lampu ini bisa menambah keindahan perabot disekitarnya dengan lebih detail. Jenis lampu downlight yang umumnya digunakan untuk rumah tinggal adalah downlight inbow. Memiliki cahaya yang membuat ruangan lebih terang, lampu ini juga membuat plafon terlihat luas karena tidak ada bohlam menggantung di atasnya.

5. Lampu halogen untuk kebutuhan pencahayaan eksterior rumah

Advertisement

Lampu halogen untuk eksterior rumah / Credit: Photo by Cee on Unsplash

Lampu halogen merupakan jenis lampu yang dapat memberikan efek spotlight atau menyoroti. Hal itu membuat lampu ini lebih cocok digunakan sebagai eksterior di luar ruang lo, seperti pencahayaan pada kolam ikan atau tanaman depan teras. Varian warna lampu oranye pada lampu halogen menciptakan suasana dramatis yang tepat untuk dijadikan lampu hias. Alhasil, halaman depan rumahmu ketika malam bisa menjadi lebih cantik jika memasang lampu ini~

Setiap jenis lampu memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Mulai dari harga yang lebih ekonomis hingga kualitas pencahayaan. Ketika kamu sedang memilih jenis lampu untuk ruangan di rumah, pastikan kamu telah memahami sejumlah jenis lampu di atas, ya. Memasang lampu dengan jenis yang tepat untuk setiap ruangan membuat isi rumah terlihat rapi. Jadi, nggak ada deh acara untuk gonta-ganti lampu. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE