Selain piza, pasta merupakan kuliner khas Italia yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, minyak zaitun, dan garam yang dibentuk mirip mi, dimasak, dan diberi siraman saus. Nah, penambahan saus ini jadi kunci kelezatan dari pasta. Biasanya, jenis saus ini juga menjadi nama bawaan dari pasta, seperti yang banyak tertera di buku menu restoran Italia.

Ada beberapa saus pasta ala Italia yang terkenal, masing-masing punya rasa, penampilan dan ciri khas yang berbeda. Kalau kamu masih bingung membedakannya, Hipwee Tips akan membantumu menjelaskannya. Simak, ya!

1. Saus bolognese yang paling terkenal ini asalnya dari Bologna, Italia, yang berbahan utama daging cincang

bolognese via www.grandhalic.com

Advertisement

Saus bolognese ini warnanya kemerahan karena terbuat cincangan daging, wortel, dan bawang putih. Kemudian ditumis bersama mentega dan kaldu. Setelah matang, diberi sedikit campuran krim dan keju parmesan agar lebih lembut. Kini, saus bolognese dimodifikasi dengan penambahan susu dan tomat.

2. Saus carbonara yang warnanya cenderung putih dan bertekstur kental asalnya dari Roma

carbonara via www.goodtoknow.co.uk

Saus ini terbuat dari bahan dasar kuning telur, keju parmesan, bawang putih, lada dan beef bacon. Tapi ada juga yang menambahkan krim agar lebih kentalSeluruh bahan ini ditumis dengan minyak zaitun hingga mengental. Nah, agar warnanya nggak terlalu pucat, biasanya saus ini ditambahkan sosis atau smoked beef agar penampilannya makin cantik.

3. Kalau saus aglio e olio yang asalnya dari masakan rumahan khas Naples, Italia, citarasanya lebih gurih, oily, dan ada sensasi pedasnya

aglio e olio via www.notesofbacon.com

Saus ini paling mudah dibuat, kamu hanya perlu menumis bawang putih cincang dan garam dengan minyak zaitun. Tambahkan lada hitam bubuk jika suka pedas, cincangan parsley, dan cabai merah kering. Agar lebih gurih, tambahkan juga parutan keju saat disajikan.

4. Nah, kalau saus yang hijau warnanya namanya pesto yang berasal dari Genoa, Italia Utara

pesto

Advertisement

Saus pesto sederhana terdiri dari campuran daun basil, bawang putih, kacang pinus, dan keju parmesan yang dihaluskan (kecuali keju). Bahan yang sudah halus tadi ditumis dengan minyak zaitun dan ditambah keju parmesan, dimasak hingga wangi. Nah, warna hijaunya berasal dari daun basil. Sedangkan rasa gurih dan tekstur renyahnya berasal dari kacang pinus dan keju.

5. Saus tomat khas Italia biasa disebut marinara, rasanya asam manis dengan sensasi hangat

marinara via heartysmarty.com

Saus ini terbuat dari campuran tomat segar, minyak zaitun, bawang putih, dan daun herbal seperti basil, daun mint atau peterseli yang menambah sensasi hangatnya. Tomat ditumis bersama bawang putih, daun herbal, dan minyak zaitun. Kemudian, diaduk hingga tomat hancur sempurna dan mengental.

6. Sekilas mirip carbonara, saus alfredo berwarna lebih putih karena nggak pakai telur dalam pengolahannya. Rasa gurihnya pun lebih ringan

alfredo via www.bonappetit.com

Saus alfredo disebut-sebut sebagai saus terbaik untuk fetucini bergaya Italia-Amerika. Saus ini diracik pertama kali oleh pemilik restoran Roma pada tahun 1914 bernama Alfredo di Lelio. Bahan dasarnya hanya mentega dan heavy cream yang dimasak selama 8-10 menit hingga saus mengental dan lembut. Agar lebih gurih, ada juga yang menambahkan bawang putih dan keju parmesan.

Sebenarnya masih ada jenis saus lainnya yang kerap disiramkan di atas pasta, namun keenam saus pasta di atas tadi adalah yang paling populer dan banyak ditawarkan di restoran yang menyediakan menu pasta.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya