8 Solusi Basmi Jentik Nyamuk di Bak Mandi Selain Pakai Abate. Lingkungan Bersih, Bebas DBD~

Jentik nyamuk

Jika kamu ingin rumahmu benar-benar terbebas dari nyamuk, bunuhlah dari jentiknya karena jentik nyamuk adalah awal dari kehidupan serangga yang mengganggu ini. Selain bikin gatal, nyamuk juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya, seperti demam berdarah dan malaria. Itulah kenapa, kamu perlu menghindari hal yang jadi penyebab adanya jentik nyamuk dalam rumah. Salah satu caranya ialah dengan rajin menguras bak mandi. Pasalnya, tempat jentik nyamuk bersarang kebanyakan ialah di bak mandi atau area dengan genangan air.

Advertisement

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membunuh jentik nyamuk. Selain menggunakan bubuk abate, kamu juga dapat menjajal solusi dari Hipwee Tips berikut. Walau terkesen sepele, nyatanya cara ini lumayan ampuh dan benar-benar bisa membunuh jentik nyamuk sampai tuntas lo!

1. Rajin membersihkan dan menguras bak kamar mandi atau tempat genangan air lainnya

kuras bak | credit: Kleo via www.kleo.ru

Kuraslah bak mandi minimal dua kali seminggu. Saat menguras, pastikan kamu juga menyikat dinding-dinding bak supaya telur jentik nyamuk DBD yang menempel benar-benar hilang. Pastikan juga tak ada genangan air di sekitar rumah, termasuk di pot tanaman maupun dispenser. Kalau sekiranya ada air yang menggenang, segera kuras, bersihkan, dan ganti. Atau kalau perlu buatlah lubang kecil agar air bisa mengalir.

2. Memelihara ikan cupang bisa dimanfaatkan untuk membunuh jentik nyamuk merah atau jenis jentik nyamuk lainnya

pelihara cupang | credit: Commons Wikimedia via commons.wikimedia.org

Selain jadi hiasan, cupang juga bisa digunakan untuk membasmi jentik nyamuk. Pasalnya, ikan aduan ini ternyata suka memakan jentik nyamuk di bak mandi maupun akuarium. Bahkan jentik nyamuk untuk cupang kerap dicari para pecinta betta fish sebagai suplemen peliharaannya. Selain cupang, kamu juga dapat menaruh ikan lain, seperti ikan mas atau ikan kepala timah untuk memakan jentik nyamuk di bak mandimu.

Advertisement

3. Gunakan air rebusan daun sirih untuk membunuh jentik nyamuk hidup di bak kamar mandi dan tandon airmu

rebusan daun sirih | credit: Cookpad via cookpad.com

Daun kaya antiokdisan ini ternyata dapat dimanfaatkan juga lo! Cara penggunannya pun mudah dan nggak butuh waktu lama.

Rebus beberapa lembar daun sirih muda lalu tuang airnya ke dalam bak maupun genangan air lainnya. Tunggu sekitar 15 sampai 30 menit hingga jentik nyamuk mati, lalu kuras dan bersihkan seperti biasa.

4. Meski proses pembuatannya agak rumit, namun campuran biji pepaya dan tawas cukup worth it untuk digunakan sebagai pembunuh jentik nyamuk

Advertisement

rebusan biji pepaya | credit: Commons Wikimedia via commons.wikimedia.org

Jentik nyamuk hidup dengan cara memakan jasad renik. Untuk itu, kamu bisa membasminya dengan menghilangkan sumber makanannya. Cukup gunakan biji pepaya supaya jentik nyamuk pelan-pelan hilang dan nggak balik lagi.

Keringkan biji pepaya di bawah sinar matahari lalu tumbuk dan campur dengan tawas yang sudah dihancurkan dengan perbandingan 1:2. Masukkan campuran biji pepaya dan tawas dalam kantong berserat kemudian benamkan di genangan air.

5. Cara populer lain yang bisa dicoba ialah membunuh jentik nyamuk dengan garam kasar. Lebih efektif daripada menaruh tanaman pembunuh jentik ternyata~

tabur garam kasar | credit: Easy Spa Deals via www.eazyspadeals.com

Bumbu dapur ini memiliki tingkat keasinan yang lebih tinggi daripada garam biasanya. Jadi wajar jika jentik nyamuk bisa mati seketika, termasuk telur-telur jentiknya.

Cuci garam lalu jemur sampai kering. Setelah kering, tumbuk sampai halus lalu taburkan ke bak mandi, tandon air, atau kolam ikan. Diamkan beberapa saat sampai jentik nyamuk nggak bergerak-gerak. Kalau sudah, kuras bak dan sikat kemudian isi lagi dengan air seperti biasa.

6. Cuka apel dengan konsentrasi 15 sampai 85 persen dapat dimanfaatkan untuk membunuh jentik nyamuk sekaligus membasmi telur-telurnya

beri cuka apel | Foto oleh Ekaterina Bolovtsova dari Pexels via www.pexels.com

Bahkan dalam waktu enam jam pun, jentik nyamuk dan telur-telurnya akan musnah seketika. Cukup tuang beberapa sendok makan cuka apel di tempat yang dipenuhi jentik nyamuk. Tutup rapat tempatnya, lalu buka dan buang airnya serta bersihkan dengan sikat. Sayangnya, cara ini tak akan efektif jika kamu menggunakan cuka masak biasa dengan konsentrasi 5 sampai 95 persen.

7. Cara membunuh jentik nyamuk lainnya yakni dengan menggunakan kayu manis

kayu manis | Photo by Pixabay on Pexels via www.pexels.com

Aroma wangi dari kayu manis dapat membuat jentik nyamuk tak berdaya dan mati seketika. Tapi tentu kamu tak bisa menggunakan kayu manis matang yang biasa dipakai untuk membuat setup pisang. Pakailah minyak kayu manis kering atau setidaknya air rebusan kayu manis untuk dituang ke wadah yang jadi tempat hidup jentik nyamuk.

8. Terakhir, gunakan daun jeruk untuk membasmi jentik nyamuk pada genangan air di sekitar rumah

daun jeruk | Photo by Lenore Edmon on Flickr via www.flickr.com

Metode penggunannya sama dengan daun sirih. Yakni dengan merebus daun lalu tuang air rebusan ke dalam bak dan diamkan sampai jentik nyamuk mulai mati. Sebelum dipakai lagi, baiknya bak sudah disikat dan diganti dengan air baru yang lebih bersih.

Jentik nyamuk yang disebut juga sebagai larva nyamuk ini ternyata lumayan mengganggu lo! Selain bikin insecure saat mandi, larva nyamuk juga bisa berkembang dan menyebabkan penyakit. Makanya, segera basmi sebelum berubah jadi nyamuk berbahaya. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE