Jurus Nggak Jadi Sakit dalam Waktu 3 Hari. Plus Nggak Gampang Ketularan Sana-sini

Cara mencegah diri jatuh sakit

Di musim hujan kayak sekarang ini, tubuh bakal lebih gampang sakit. Kalau udah bersin-bersin, sakit kepala, tenggorokan gatal, artinya sebentar lagi kamu bakal kena flu. Sebenarnya banyak kasus flu yang diderita karena lalai atau mungkin nggak tahu gimana cara mencegahnya. Termasuk ketularan orang lain juga.

Advertisement

Berikut Hipwee Tips berikan trik sederhana yang bisa dilakukan agar kamu terbebas bahkan sebelum sakit flu, terlebih kalau tanda-tandanya udah mulai muncul.

1. Virus flu bisa dengan mudah menyebar melalui sentuhan, cuci tangan dengan sabun akan menghindarinya masuk ke tubuhmu

cuci tangan pakai sabun via www.statefarm.com

Biasakan untuk cuci tangan pakai sabun atau pakai hand sanitizer untuk menghilangkan kuman yang menempel di tanganmu dan mencegah penyebarannya. Lakukan setelah bepergian, pakai toilet umum, pegang uang, sebelum makan dan sebelum pergi tidur.

2. Hindari menyentuh bagian wajah terutama mata, hidung, dan mulut untuk mengurangi peluangmu terkena flu

jangan sentuh wajah via vripmaster.com

Virus flu bisa masuk ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut. Dengan nggak menyentuh wajah sembarangan, kamu bisa mengurangi peluang untuk terserang batuk atau pilek.

Advertisement

3. Jangan dulu berbagi makanan dan minuman atau memakai barang milik orang lain. Imunmu itu lagi lemah lo!

jangan berbagi makanan via www.gsb.stanford.edu

Kalau mulai muncul tanda-tanda bakal sakit, baiknya tolak tawaran berbagi makanan dan minuman dengan orang lain. Gunakan peralatan makan dan minum sendiri, termasuk nggak saling meminjamkan barang milik pribadi seperti handuk, seprai, sarung bantal, bahkan HP dengan orang lain.

4. Kuatkan pondasi tubuh dengan banyak makan makanan yang bernutrisi

banyak makan, tapi yang sehat via www.popsugar.com.au

Apa pun penyakit yang kamu coba hindari, usahakan tubuhmu tetap sehat dengan menyantap makanan yang kaya vitamin dan mineral penting. Kurangi makanan-makanan kayak gorengan atau yang berminyak.

5. Perkuat imun tubuhmu dengan selalu minum vitamin C rutin setiap hari setelah sarapan

minum vitamin C rutin via www.healthline.com

Setelah sarapan, usahakan untuk selalu minum vitamin C demi meningkatkan kekebalan tubuhmu. Atau kamu bisa makan buah-buahan yang sarat vitamin C seperti jeruk, stroberi, atau apel.

Advertisement

6. Minumnya juga dibanyakin, apalagi kalau kamu udah mulai demam badannya

minum banyak via bengreenfieldfitness.com

Konsumsi banyak cairan akan membantu menipiskan lendir yang ada di dalam tubuhmu dan mengurangi demam ketika terjangkit flu. Kalau bisa yang hangat untuk melegakan ternggorokanmu juga.

7. Jauhkan diri dari paparan dingin, terutama di bagian leher

pakai syal di leher via www.jimmybeanswool.com

Salah satu penyebab flu juga karena paparan udara luar yang dingin. Usahakan untuk selalu melindungi bagian lehermu dengan syal agar nggak kena udara dingin. Pokoknya kondisikan tubuhmu selalu hangat.

8. Lakukan olah napas, seenggaknya mendapat udara segar tiap pagi

olah napas tiap pagi via www.guideposts.org

Daya tahan tubuh juga membutuhkan asupan oksigen yang lebih banyak. Buka jendela tiap pagi dan hela napas di udara segar terbuka.

9. Perbanyak tidur, langkah ini penting dan nggak bisa di-skip

tidur cukup via www.healthline.com

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam hampir tiga kali lebih rentan terhadap pilek dibandingkan dengan orang yang tidur cukup delapan jam sehari, seperti yang dilansir dari Hello Sehat. Semua usaha yang udah kamu lakukan di atas kalau nggak diimbangi dengan tidur, nggak bakal mempan.

Kalau kamu udah terapkan cara-cara di atas rutin dan intensif, niscaya virus flu yang mau masuk ke tubuhmu nggak akan jadi menyerang. Asalkan tertib, dalam waktu tiga hari saja, kamu nggak bakalan jadi sakit. Jurus menghadapi serangan virus itu memang cuma bisa dilawan kalau daya tahan tubuhmu prima. Itu kuncinya.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE