Kenapa lebih baik kita menggunakan obat-obatan alami atau herbal dibandingkan dengan obat kimia? Salah satu jawabanya adalah karena obat-obatan alami dipercaya tidak memiliki efek samping atau resiko mengalami efek sampingnya lebih rendah dibandingkan dengan obat kimia. Meski lebih pelan, obat alami lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Untuk sakit yang ringan sebaiknya kamu memilih obat-obatan alami, nggak perlu ragu soal khasiatnya karena nenek moyang kita sudah membuktikannya ribuan tahun yang lalu. BTW, salah satu rahasia umur panjang orang-orang tua di Jepang, Korea dan China juga karena mengonsmsi obat-obatan alami, lho. Berikut Hipwee Tips sajikan salah satunya!

1. Yoghurt, pisang, dan air kelapa siap menyembuhkan saat diare tiba-tiba menyerang

sembuhkan diare dengan bahan alami via magazine.foxnews.com

Diare adalah jenis gangguan pencernaan yang disebabkan penyerapan air di usus besar tidak berjalan normal. Obat alami yang kamu kenal mungkin hanya oralit, salak (masam) dan daun jambu biji, padahal masih banyak lagi. Beberapa diantaranya sangat mudah kamu dapatkan di sekitarmu, sebut saja yoghurt, pisang, dan air kelapa.

Yoghurt mengandung bakteri baik yang menyeimbangkan sistem saluran pencernaan dan pisang mengandung potassium yang menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare. Sementara itu air kelapa mengandung elektrolit yang dapat membunuh bakteri penyebab diare.

2. Tanpa obat tetes yang bikin perih saat sariawan, masih banyak bahan alami yang bisa menyembuhkan

Advertisement

pisang dan madu via listentolena.com

Sariawan terjadi karena kekurangan nutrisi terutama vitamin C. Bisa juga karena mulut tergigit, penggunaan produk tertentu, mulut tidak bersih, suhu di sekitar, hingga penyebab genetik. Pastikan kamu mengenali penyebabnya terlebih dahulu sebelum mengobatinya. Ada banyak sekali obat alami yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Ini salah satunya:

  • Pisang + madu
    Haluskan pisang dengan sendok, tambahkan madu, tempelkan pada bagian yang terkena sariawan
  • Daun jambu biji
    Kunyah, lalu berkumurlah
  • Kunyit
    Buat pasta dari kunyit lalu oleskan.

3. Sakit kepala ringanmu akan reda hanya dengan makan permen mint, kentang, pisang dan semangka

sakit kepala via popsugar.com

Sakit kepala ada banyak jenisnya dan yang akan Hipwee Tips bahas disini adalah sakit kepala ringan ya, guys! Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa sakit kepala adalah mengonsumsi banyak air putih karena kemungkinan besar penyebab rasa sakitmu adalah dehidrasi.

Sakit kepala juga bisa terjadi karena tubuhmu kehilangan elektrolit karena itu kamu juga disarankan untuk makan kentang dan semangka (bagian pangkalnya) yang mengandung kalium serta pisang yang mengandung magnesium dan potasium.

Dan yang paling gampang adalah makan permen mint, kandungan mentolnya akan membuat kepalamu lebih rileks.

4. Belum ada yang mengalahkan khasiat seduhan hangat rempah-rempah untuk mengobati batuk. Wajib coba!

rempah-rempah via essentialsanctuary.com

Bukan hanya jeruk nipis dan kecap saja lho obat alaminya batuk. Obat alami batuk yang paling manjur justru jahe karena mengandung zat anti bakteri bagi tubuh.

Cukup menyeduh irisan jahe dan air hangat saja sudah cukup, atau bisa ditambah kencur juga. Untuk batuk berdahak kamu butuh usaha yang cukup ekstra, air rebusan daun sirih dan jahe adalah obat yang paling ampuh. Sementara untuk batuk kering air rebusan kunyit atau gula merah.

Kalau kamu tidak suka rasa rempah-rempah, masih ada pilihan lain yaitu asam jawa dan gula merah yang dikonsumsi dengan cara diseduh menggunakan air hangat.

5. Dari jus wortel hingga makan pepaya, obat alami sakit perut yang bisa kamu jadikan pilihan

jus alami! via recipeshubs.com

Sakit perut ada banyak penyebabnya dan bahan-bahan alami ini bisa kamu coba untuk untuk pertolongan pertama. Pepaya misalnya, kandungan enzim pencernaan yang disebut papain dapat memecah makanan yang menyebabkan iritasi lambung. Jika sakit perutmu disertai suara “gemuruh” dari dalam perut kamu bisa memilih teh yang dicampur jahe untuk menenangkan perut.

Kamu juga bisa mencoba jus wortel atau makan buah pisang mampu memerangi dehidrasi dan buah apel yang mengandung pektin serta enzim lainnya yang mampu menyingkirkan partikel makanan. Kandungan kalium air kepala juga sama bagusnya untuk mengatasi sakit perut. Tinggal pilih deh sekarang 🙂

6. Ucapkan selamat tinggal pada flu dan virus yang membawanya setelah minum ramuan madu dan jahe

madu & jahe via rosewellness.com

Penyakit menular ini disebabkan oleh virus. Walaupun tergolong ringan, flu sama sekali tak boleh disepelekan. Penyakit yang hampir pernah dialami semua orang ini ternyata bisa disembuhkan tanpa obat dalam batasan tertentu.

Selain banyak minum, makan buah & sayur dan istirahat total, kamu dapat menggunakan aroma mint maupun bawang-bawangan yang dapat berfungsi sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Minum minuman hangat dari rempah seperti kencur, jahe, kemangi dan serai juga akan sangat membantu.

Resep yang bisa kamu coba adalah madu dan jahe. Caranya, parut jahe dan campurkan madu lalu seduh dengan air hangat. Konsumsi 3 kali sehari. Sembuh deh!

7. Lupakan dulu paracetamol dan cari bawang merah untuk menurukan suhu badanmu yang demam

bawang merah via egokick.com

Jangan langsung mencari paracetamol saat kamu mengalami demam. Yang harus kamu cari pertama kali justru adalah bawang merah. Salah satu bumbu masakan ini mengandung minyak atsiri, sikloaliin, kamferol, matilaliin, kuersetin, dan florogusin. Senyawa-senyawa itu terbukti dapat menurunkan demam serta menjaga stamina tubuh.

Caranya cukup parut bawang merah lalu tambahkan baby oil dan balurkan pada keningmu.

Demi menurunkan suhu tubuh, kamu nantinya akan mengeluarkan banyak cairan melalui keringat maupun urin. Nah agar tidak kekurangan cairan sebaiknya kamu mengonsumsi air kepala yang enak dan menyegarkan.

Kalau ada yang alami kenapa harus nyari-nyari yang mengandung bahan kimia lagi?

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!