Menabung rasanya menjadi hal yang harus kamu lakukan agar kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan tanpa merepotkan orang lain. Selain itu, kamu juga harus mulai memikirkan tabungan demi masa depan yang akan kamu jalani, karena nggak mungkin kan kamu terus mengandalkan orangtuamu.

Tapi, seringkali menabung jadi hal yang susah untuk kamu lakukan karena banyak godaan yang mengintai di keseharianmu. Untuk itu, coba deh kamu lakukan hal-hal di bawah ini supaya nabung jadi hal mudah untuk kamu lakukan.

1. Sesekali menolak ajakan teman untuk nongkrong nggak salah kok. Nggak mau nongkrong kan bukan berarti kamu nggak asyik.

mainnya minggu depan aja, ya… via www.outsideonline.com

Memang susah menolak ajakan dari teman untuk nongkrong bareng. Tapi, nggak ada salahnya kok kalau kamu menolaknya sesekali. Kamu harus beri mereka pengertian jika akan ada banyak hal yang harus kamu jalani selain pergi hangout bareng mereka. Jika mereka menilai kamu jadi nggak asyik karena nggak lagi sering nongkrong, cuekin aja, jangan dibuat baper. Toh, hidupmu kamu yang jalani sendiri.

2. Kamu ingin beli sepatu baru? Coba deh pikir dua kali! Selama sepatu lamamu masih bisa dipakai, kenapa mesti beli yang baru.

masih ada sepatu lama via favim.com

Advertisement

Keinginan membeli sesuatu yang nggak terlalu penting mesti mulai kamu pikirkan dua kali. Semisal kamu mau beli sepatu baru hanya karena keinginanmu aja, mending nggak usah deh, selama emang sepatumu masih bisa kamu pakai. Nggak usah ikutin gengsi untuk beli ini dan itu selama emang kamu belum butuh. Cermat buat memilih ya.

3. Jangan gengsi buat menawar kalau lagi membeli sesuatu. Kamu bisa menghemat sedikit uangmu lho.

boleh ya nawar… via plasadana.com

Saat kamu harus membeli sesuatu yang kamu butuhkan, coba deh untuk menawar, karena itu bisa menjadi salah satu cara yang ampuh agar kamu bisa menyisihkan uang kembalian dan menabungnya. Nggak usah malu ya untuk menawar.

4. Makan enak dan mahal sesekali ngga papa sih. Tapi ngga setiap hari juga kan?

sushi mahal lho, makannya sesekali aja via shogunsushiteriya.com

Coba kamu tanya pada dirimu sendiri apa kamu yakin mau menghadiahi dirimu dengan makanan ala restoran? Walau memang dirimu punya hak untuk bahagia, tapi bukan berarti kamu harus menghamburkan uang untuk itu. Toh, kamu bisa membeli bahan makanan dan memasaknya sendiri. Itu akan jauh lebih hemat!

5. Siapa bilang yang boleh bawa bekal makanan hanya anak SD, kamu juga boleh bawa bekal makanan dari rumah.

ngebekel aja! via blog.kulina.id

Kalau kamu merasa bekal makanan hanya identik dengan anak SD maka kamu salah. Selain untuk berhemat, membawa bekal makanan dari rumah juga nyatanya bisa membuat kamu lebih sehat lho. Karena bekal yang dimasak di rumahmu sendiri kan pasti sudah jelas terjamin kebersihannya. Jadi, apa kamu masih malu untuk bawa bekal dari rumah?

6. Bagi kamu yang selalu terpaku sama merk sebuah barang, mulai sekarang coba deh mulai mengenyampingkannya. Butuh merknya apa manfaatnya?

nggak butuh merk, butuhnya kamu~ via -tgf.tumblr.com

Kalau kamu selalu terpaku pada sebuah merk setiap mau membeli barang kebutuhanmu, mulai sekarang coba deh pikirin lagi. Yang nggak bermerk belum tentu jelek kok dan pada akhirnya fungsi dari barang itu akan sama aja. Merk hanya buat barang itu lebih berkelas dan mahal, nggak akan buat sepatu bermerk yang kamu beli dipakai di kepala kan? :p

7. Beli barang bekas? Kenapa tidak? Selama kamu pintar milih, penampilanmu tetap mempesona.

bekas rasa baru~ via www.aristo.id

Saat kamu membutuhkan sesuatu, coba deh pikir untuk membelinya secara bekas sebelum kamu memutuskan untuk pergi ke mall. Nggak salah kok kalau kamu beli barang-barang bekas selama kamu bisa memilih dengan baik barang itu. Semisal kamu membeli baju atau jaket bekas, syaratnya cuma satu kok, jangan lupa kamu cuci sampai bersih sebelum kamu pakai ya.

8. Kamu juga bisa kok menjual barang-barang yang sudah nggak terpakai. Daripada jadi bangkai di rumah, mending jadi tabungan kan?

dipilih, kak~ via www.redbankgreen.com

Kamu juga bisa menabung dari barang yang sudah nggak terpakai di rumah. Yap! Kamu bisa menjualnya lho. Daripada barang-barang itu cuma jadi pajangan yang nggak berguna di rumah, mending kamu cairkan jadi uang dan kamu tabung deh hasilnya.

9. Yang harus kamu ingat adalah, hemat bukan berarti pelit ya.

aku hemat bukan pelit~ via www.ciputra-uceo.net

Kamu boleh kok hemat untuk menabung, tapi jangan sampai kamu jadi orang yang pelit ya. Ingat, hemat dan pelit itu adalah dua hal yang berbeda lho. Kamu harus hemat dengan pengeluaran yang kamu punya agar kamu bisa menabung, tapi jangan sampai kamu lupa untuk tetap berbagi ya. Berbagi nggak melulu soal yang besar dan mahal kok, tapi lebih bagaimana kamu mampu menyesuaikan diri dengan nggak berlebihan.

Semangat menabung ya, semoga cara tersebut dapat membantu kamu yang selama ini kesulitan untuk menabung. Jangan pernah takut untuk mulai menabung ya, karena itu demi kebaikan kamu juga. 🙂