Belajar Dari Musibah yang Dialami Vidi Aldiano, Kenali Ciri Kanker Ginjal dan Pencegahannya

Kanker ginjal Vidi Aldiano

Nama Vidi Aldiano baru-baru ini tengah menjadi perhatian oleh warganet hingga kawan selebritas  Indonesia. Hal itu bermula setelah dirinya mengunggah sebuah video yang berisi pernyataan bahwa ia didiagnosis mengidap suatu penyakit yang tidak biasa. Hal itu sontak membuat warganet kaget lantaran pelantun lagu Status Palsu ini terlihat begitu sehat.

Advertisement

Melalui unggahan video singkat di akun Instagram pribadinya tersebut, Vidi menjelaskan tentang penyakit yang dideritanya. Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan kondisinya saat ini kepada seluruh penggemarnya. Publik pun lantas beramai-ramai memberikan support kepada dirinya.

Vidi memberitahu warganet tentang kanker ginjalnya dengan tenang dan tersenyum seperti biasa. Salut banget!

Unggahan video Vidi Aldiano via www.instagram.com

Pengakuan ini diunggah Vidi Aldiano pada Jumat (13/12) lalu. Pengakuan yang membuat kaget banyak pihak. Bagaimana tidak, dalam video berdurasi 2 menit itu dirinya mengatakan bahwa ia baru saja diputuskan oleh dokter mengidap kanker ginjal. Hal tersebut dibeberkan oleh Vidi sendiri dengan gestur yang tenang dan tetap tersenyum seperti biasanya.

Dalam keterangan video tersebut, Vidi juga menuliskan secara gamblang bahwa dirinya saat ini memiliki kanker yang bersarang pada tubuhnya. Penyanyi yang khas dengan kacamatanya tersebut juga meminta maaf jika selama ini ia memiliki kesalahan atas perbuatannya.

Advertisement

Ternyata kanker ginjal dapat disebabkan oleh pola hidup yang nggak sehat hingga karena faktor keturunan, lo

Ilustrasi penderita kanker ginjal via www.alodokter.com

Kanker ginjal adalah penyakit kanker yang muncul dan tumbuh pada bagian ginjal manusia. Melansir Alodokter, sebenarnya hingga saat ini penyebab secara pasti tentang penyakit ini memang belum diketahui secara pasti. Meski begitu, tetap ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya serangan penyakit tersebut.

Faktor utama penyebab kanker ginjal ialah pola hidup yang tidak sehat. Salah satunya adalah kebiasaan merokok. Selain itu, ada juga faktor internal seperti misalnya memiliki anggota keluarga yang juga memiliki riwayat penyakit yang sama. Penyakit kanker dapat menurun melalui gen yang diwariskan kepada keturunan, lo. Kamu perlu berwaspada jika anggota keluargamu ada yang mengidap penyakit kanker ginjal.

Jika sudah mengetahui faktor penyebabnya, segala penyakit tentu bisa dicegah. Inilah gejala awal kanker ginjal dan pencegahannya

Advertisement

Pencegahan kanker ginjal via parenting.orami.co.id

Gejala awal kanker ginjal biasanya meliputi berbagai hal. Mulai dari urin yang mengandung darah, terdapat benjolan pada pinggang bagian belakang, hilang nafsu makan, rasa nyeri pada pinggang, sampai hingga sering kelelahan tanpa sebab. Jika kamu merasakan gejala-gejala tersebut, segeralah ke dokter.

Untuk mencegahnya ada beberapa hal penting yang harus dilakukan. Pertama, terapkan pola hidup sehat. Kedua, perlu juga untuk menjaga tekanan darah agar tetap dalam kondisi normal. Ketiga, bagi kalian yang bekerja di lapangan, direkomendasikan untuk menggunakan pelindung agar terhindar dari zat-zat yang berbahaya supaya tak dapat masuk ke dalam tubuh.

Berikut tadi adalah pengenalan tentang bagaimana penyakit kanker ginjal dapat terjadi serta langkah untuk mencegahnya. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Nggak ada salahnya berwaspada. Yuk, kita doakan sama-sama semoga Vidi Aldiano lekas diangkat penyakitnya dan diberi kesembuhan. Aamiin.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE