Kamu sebal earphonemu cepat rusak?

Earphone adalah salah satu benda elektronik yang selalu ada dalam tas bawaan. Bersama handphone, benda ini ibarat dua sejoli yang menemani aktivitasmu saban hari. Kamu menggunakannya untuk mendengarkan musik, menelepon, atau sekedar menutup telingamu dari kebisingan.

Meski benda ini sering kamu gunakan, mungkin kamu kerap lupa merawatnya. Gak jarang earphonemu jadi cepat rusak tanpa sebab yang jelas. Baru beberapa bulan digunakan, earphonemu sudah kudu dimuseumkan. Padahal, merawat earphone biar awet itu gak susah kok. Hanya dengan cara-cara sederhana dari Hipwee ini, earphonemu bisa punya umur yang lebih panjang lagi. Apa saja caranya? Yuk, simak!

1. Kamu berencana beli earphone baru? Pilihlah earphone model L yang biasanya lebih tahan banting daripada model yang lain!

PIlih earphone tipe L via www.kaskus.co.id

Earphone itu tersedia dalam dua tipe colokan, berbentuk lurus dan L seperti pada gambar. Nah, jika sekarang kamu sedang berburu earphone baru, maka pilihlah dengan model L yang bisa lebih awet. Pasalnya jek colokan yang berbentuk lurus bisa mudah lepas saat kabel terjepit atau tertarik benda lain. Sedangkan earphone dengan colokan bentuk L bisa lebih berumur panjang karena jek kabel terpasang lebih kencang dan tidak mudah lepas. Dengan begitu, kemungkinan rusak karena kabel tertarik kemana-mana jauh lebih rendah.

2. Berhentilah menyetel volume terlalu keras jika ingin telinga dan earphone-mu tetap waras

Advertisement

Jangan setel volume terlalu tinggi via www.wikihow.com

Terbiasa menggunakan earphone saat di keramaian seringkali bikin kamu menyetel volume gadget secara maksimal. Padahal hal ini tidak baik untuk earphonemu lho. Terlalu sering pasang volume keras bisa bikin komponen earphone mudah rusak dan suaranya juga kadang jadi tak jernih lagi. Bahkan earphonemu  bisa mengalami “kebocoran suara”, yaitu suara jadi tak teredam lagi dan bisa terdengar dari luar meski kamu sudah set volume yang kecil.

Selain itu, perlu diingat, suara yang terlalu keras juga bikin kesehatan telingamu terganggu. Hal ini bisa menyebabkan telingamu jadi tak peka dengan suara pelan. Nah, jika ingin earphone dan telingamu tetap sehat walafiat, gak ada salahnya berhenti dari kebiasaan mendengarkan suara keras dan setidaknya pasang volume 75%saja.

3. Letakkan gawai di dekat telingamu demi mengurangi risiko kerusakan akibat kabel yang tertarik

Kerusakan earphone bisa terjadi saat kamu terlalu sering menarik-narik kabelnya, hal ini bikin komponen dalam jeck jadi mudah lepas. Agar hal itu tidak terjadi lagi, cobalah letakkan gawaimu tak jauh dari telingamu saat kamu memasanginya dengan earphone. Kamu bisa masukkan di saku baju, di saku lengan, atau saku jaketmu. Jangan biarkan kabel earphonemu tertarik paksa dalam jarak yang terlalu jauh. Dengan begitu, gak heran barang kesayanganmu ini bisa lebih berumur panjang.

4. Saat memakainya, sebaiknya keringkan dulu telingamu untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya konsleting pada earphone

Keringkan dulu telingamu via www.thecrowdfundnetwork.com

Air adalah salah satu biang keladi yang bisa bikin earphonemu cepat rusak. Dan secara tak sadar, kadang kamu malah menggunakannya saat kondisi telingamu basah. Gak heranlah, earphone jadi cepat dimuseumkan.

Nah, agar hal ini tak terjadi lagi, sekarang kamu bisa lakukan kebiasaan baru. Saat kamu habis mandi, setelah wudhu, atau kelar cuci muka, sebaiknya lap dulu telingamu dengan handuk atau tissu. Jika sudah pasti kering, barulah kamu gunakan earphonemu lagi. Dengan begitu, gak mustahil kalau earphonemu kali ini bisa lebih awet lagi.

5. Agar tumpukan debu tak merusak suara, sesekali bersihkan kepala earphone dengan sikat gigi

Bersihkan dengan sikat gigi via www.buzzfeed.com

Suara sumbang atau kemresek terkadang disebabkan oleh debu yang terperangkap di kepala earphone. Agar suaranya kembali nyaring, kamu bisa membersihkannya dengan sikat gigi. Pastikan sikat gigimu dalam kondisi kering ya, lalu gosokkan perlahan di kepala earphone. Dengan cara seperti ini, gak heran suara nyaring akan terdengar lagi. Selain itu, komponen di dalamnya pun tak terganggu dengan debu yang menempel.

6. Satu earphone bisa jadi digunakan berganti-ganti. Agar tetap steril, bersihkan kepala earphone dengan cutton bud yang dicelupkan pada alkohol 70 persen

Bersihkan earphonemu dengan alkohol via www.buzzfeed.com

Selama berbulan mungkin kamu tak pernah membersihkan earphone yang kadang dipinjam orang. Hal ini akan mengurangi kenyamanan. Membersihkan earphone sebenarnya gampang kok. Kamu cukup gunakan cutton bud yang dicelupkan dalam alkohol 70%, lalu oleskan pada permukaan earphone agar kembali bersih. Tenang, alkohol ini lebih cepat menguap daripada air kok.

Nah, dengan tips ini, earphonemu akan lebih bersih dan steril. Dan kamu tak perlu khawatir lagi saat earphonemu dipinjam orang lain.

7. Supaya earphone-mu bisa bertahan, cara melipat kabelnya pun juga harus diperhatikan

Cara melipat earphone via gimana-bisa.blogspot.com

Earphone menjadi mudah rusak karena kamu sering meletakkanya sembarangan. Hal ini akan membuat earphone tertarik kesegala arah dan bikin kabel terlilit berantakan. Akibatnya, kabel lepas dan suara jadi tak jelas. Untuk menghindari itu sebenarnya mudah kok. Simpanlah earphonemu dengan melipat secara benar.

Caranya, lilitkan kabel earphone pada tiga jari tanganmu dengan pola seperti angka delapan. Sisakan beberapa bagian, lalu lilitkan pada bagian tengah. Setelah itu, masukkan ujung colokan pada lubang lilitan. Earphonemu siap disimpan. Jika kamu patuh dengan aturan ini, earphone bisa lebih awet lagi.

8. Kamu juga bisa menyimpan earphone menggunakan tempat khusus agar benda kesayanganmu tak mudah rusak

Gunakan kotak khusus untuk menyimpan earphone via www.buzzfeed.com

Gak sedikit dari kita yang seringkali menyimpan earphone bercampur dengan kabel lainnya. Charger laptop, kabel USB, charger handphone, dan kabel elektronik lainnya berkumpul menjadi satu tempat yang sama. Hal ini bisa jadi bencana untuk earphonemu.

Nah, selain menyimpan dalam kondisi lilitan yang benar, kamu juga bisa terapkan tips menyimpan earphone dalam kotak kemasan. Kamu bisa manfaatkan kotak bekas permen atau kantong khusus untuk meletakkan earphonemu. Cara ini akan mengurangi resiko kerusakan karena kabel yang terlilit berantakan.

9. Jika earphone jadi benda yang kamu butuhkan sehari-hari, sebaiknya jangan sembarangan meminjamkan earphone-mu

Jangan pinjamkan earphone pada orang lain via www.e-techgadget.com

Selain dengan perawatan di atas, kamu juga bisa menjaga earphonemu dengan cara mengurangi pinjam meminjam dengan orang lain. Bukan berarti pelit, earphone itu layaknya sikat gigi yang tidak baik jika dipakai oleh banyak orang. Kamu gak tahu ‘kan kuman seperti apa yang bersarang di telinganya. Selain itu ada kemungkinan saja dia lupa balikin dan kamu juga gak tahu kalian kapan akan bertemu lagi.

Nah, sudah tahu ‘kan cara merawat earphone? Ternyata hal yang perlu dilakukan agar benda satu ini tetap awet itu gak sulit kok. Dengan menerapkan 9 tips ini, bukan mustahil earphonemu bisa berumur lebih panjang lagi.

Selamat merawat dan semoga earphone-mu awet, ya! 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya