Kehadiran rambut tipis di muka sering dianggap jadi faktor penambah ketampanan bagi cowok. Muka yang tidak lagi licin dipercaya bisa menimbulkan kesan maskulin. Rasa percaya diri dan perhatian dari cewek pun bisa lebih mudah didapat kalau wajahmu dihiasi kumis dan jenggot tipis.

Tapi sayang, tidak semua cowok bisa dengan mudah menumbuhkan rambut tipis di wajahnya. Beberapa bahkan membutuhkan usaha. Buat kamu yang ingin menumbuhkan rambut tipis di wajah (tapi gagal terus), sebenarnya ada trik yang bisa ditempuh kok! Di sini Hipwee akan memberimu 5 cara mudah untuk menumbuhkan rambut tipis di wajah sekaligus merawatnya.

1. Nutrisi jadi kunci tumbuhnya rambut-rambut halus di sekitar pipi. Mulai sekarang protein dan kacang-kacangan wajib jadi makananmu sehari-hari

Terutama vitamin B Kompleks

Terutama vitamin B Kompleks via www.ladycarehealth.com

Advertisement

Menumbuhkan jenggot, sama saja resepnya dengan menumbuhkan tinggi badanmu, yakni perlu nutrisi yang tepat dan cukup. Vitamin B1, B6, dan B12 yang bisa kamu konsumsi lewat buah-buahan atau suplemen makanan terpisah, akan membantumu menumbuhkan janggutmu. Tak lupa, konsumsi protein yang cukup dari daging merah, ikan, biji-bijian dan telur juga mempercepat pertumbuhan jenggot impianmu.

2. Pertumbuhan jenggot tak ubahnya seperti sel tubuh. Kalau waktu tidurmu kurang, jangan harap ia bisa cepat tumbuh!

Tidur yang cukup dan berkualitas bisa membantu

Tidur yang cukup dan berkualitas bisa membantu via slickmen.com

Manusia membutuhkan tidur untuk regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Momen tidur pula yang jadi kesempatan bagi tubuh untuk menumbuhkan ulang sel-sel yang dibutuhkan. Dalam kasus menumbuhkan rambut halus di muka, hukum yang dijalankan pun hampir sama.

Apabila kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup, otomatis jenggotmu akan beregenerasi dengan baik, dan bisa bertambah panjang dalam waktu yang lebih singkat!

3. Bersabarlah saat harus menghadapi rasa gatal dan tidak nyaman. Yah, namanya juga perjuangan…

Kamu hanya perlu bersabar!

Kamu hanya perlu bersabar! via essentialhealth.com

Advertisement

Jenggotmu kan bukan candi roro jonggrang yang selesai dalam semalam; kamu mesti sabar sebelum akhirnya memiliki jenggot idaman yang bisa kamu pamerkan. Sebagai langkah awal, cukup taruh jauh-jauh shaver dan trimmer-mu agar tidak terbesit keinginan untuk mencukur jenggotmu yang terkadang mulai gatal.

Rasa gatal pada saat jenggotmu ukurannya masih nanggung, itu wajar kok. Soalnya bentuk dan panjangnya masih absurd dan menusuk kesana-kemari, yang cukup menguji kesabaranmu. Namun ketika ukurannya sudah cukup panjang, gejala tersebut bakal hilang dan bisa lebih nyaman berjenggot.

4. Pastikan rambut di wajahmu ikut “mandi.” Pakai shampo atau sabun demi memastikannya tetap bersih di akhir hari

Jangan lupa membilas jenggotmu

Jangan lupa membilas jenggotmu via www.cbc.ca

Memiliki jenggot juga membutuhkan ketelatenanmu untuk membersihkan jenggotmu sedari ukurannya masih pendek. Kalau kamu nggak membiasakan membilasnya dengan shampoo atau sabun ketika mandi, nantinya bagian janggutmu akan sering terasa gatal akibat sering menampung keringat. Apalagi nanti bila jenggotmu sudah panjang dan kamu malah tidak rajin membilasnya, hii!

Kalau kamu bersedia mengeluarkan uang lebih, kamu bisa membeli sabun yang khusus untuk membersihkan jenggot, khususnya bila kamu merasa kering dan perih ketika menggunakan sabun mandi atau shampoo.

5. Layaknya rambut yang membutuhkan styling gel, jenggot juga butuh beard oil. Sisihkan dana untuk membeli item perawatan khusus rambut wajah yang satu ini

Beard oil, masih sedikit susah untuk dicari diluar toko online, tapi worth it kok

Beard oil, masih sedikit susah untuk dicari diluar toko online, tapi worth it kok via integrale.org

Setelah jenggotmu panjang, kamu mulai merasa bahwa bentuk jenggotmu kurang teratur dan kering, seolah habis dijemur di terik matahari. Nah, tentu saja ada grooming tool yang kamu butuhkan untuk menjaga jenggotmu tetap lembab dan nyaman, inilah fungsi beard oil alias minyak jenggot.

Minyak jenggot ini banyak variannya kok, dan bisa bertahan cukup lama untuk masing-masing botolnya. Selain rasanya yang nyaman, minyak jenggot ini juga memiliki aroma-aroma yang maskulin macam kopi atau cool water, yang bikin jenggotmu tambah menawan.

Menumbuhkan dan merawat rambut halus di wajah memang tidak mudah. Butuh waktu dan ketelatenan, apalagi akan terasa berat dan gatal awalnya. Tapi percayalah, semua akan terbayar disaat jenggotmu sudah panjang dan nyaman. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya