Banyak cara yang bisa diupayakan untuk dapat memiliki rumah, salah satunya ialah dengan mengajukan KPR ke bank. Namun, untuk dapat mengajukan KPR kamu perlu mempersiapkan berkas yang bisa dibilang cukup rumit. Berkas-berkas inilah yang nantinya akan dijadikan pedoman pihak bank untuk dapat memberikan bantuan finansial kepadamu.

Nah, salah satu berkas yang diminta oleh pihak bank ialah slip gaji. Lantas, bagaimana dengan pekerja freelance alias lepas yang nggak punya slip gaji? Apakah ia tetap bisa mengajukan KPR? Tenang, berikut beberapa tips yang bisa kamu upayakan agar tetap bisa mengajukan KPR di bank.

1. Saat mengajukan KPR ke pihak bank, janga lupa untuk menyertakan portofolio pekerjaan yang sudah pernah kamu lakukan

portofolio kerjaan via www.careeraddict.com

Advertisement

Portofolio ini dapat menjadi pengganti slip gaji yang nggak dimiliki oleh pekerja lepas. Semakin banyak klien yang bekerja kepadamu, maka keraguan pihak bank atas pekerjaanmu pun akan berkurang. Jangan lupa juga untuk mencantumkan bukti transfer honor yang kamu terima dari klien. Kalau bayaranmu dianggap mencukupi dan sirkulasi pemasukan lancar, maka pengajuan KPR pun akan lebih berpotensi disetujui.

2. Sebelum mengambil KPR, pastikan dulu dirimu bebas dari riwayat kredit bermasalah

bebas hutang via pengusahamuslim.com

Pihak bank nggak akan mau mengambil risiko dengan memberikan pinjaman kepada orang yang memiliki catatan kredit yang buruk. Hal ini karena, pinjaman yang diberikan untuk mengajukan KPR kan nominalnya cukup banyak.

3. Jadikan rata-rata pendapatanmu sebagai patokan harga rumah yang ingin dibeli melalui sistem KPR

rata-rata pendapatan via www.malaymail.com

Daripada nantinya ‘ngos-ngosan’ membayar cicilan tiap bulannya, mending beli rumah yang harganya sesuai dengan pemasukanmu. Pihak bank nggak akan memberikanmu kredit jika harga rumah dirasa terlalu mahal untuk pemasukan yang kamu dapatkan.

4. Supaya lebih terpercaya, siapkan dulu uang muka yang akan digunakan untuk membeli rumah melalui program KPR

siapkan DP via economy.okezone.com

Advertisement

Nah, kalau uang muka sudah siap, pihak bank pun jadi akan lebih percaya untuk meloloskan pengajuan KPR-mu. Selain itu, kamu juga nggak perlu mondar-mandir untuk mencari pinjaman uang muka kan kalau sudah siap.

5. Pastikan pendapatan yang kamu miliki melebihi jumlah cicilan tiap bulannya

gaji tiap bulan via batam.tribunnews.com

Pihak bank akan lebih percaya dengan kemampuanmu membayar cicilan jika pemasukan yang dimiliki dinilai cukup. Makanya, pihak bank juga akan kembali menanyakan pengeluaran lain yang biasanya kamu keluarkan selain mencicil biaya KPR.

6. Usahakan untuk nggak mengajukan KPR jika kamu masih memiliki tanggungan kredit lainnya

kredit yang lain via batam.tribunnews.com

Hal ini dilakukan supaya kamu nggak merasa keberatan ketika harus membayarkan cicilan KPR setiap bulannya. Kalau masih ada kredit lain kan kamu jadi nggak bisa fokus tuh untuk melunasi cicilan KPR-nya.

Sayang kalau kamu harus menunda punya rumah hanya karena nggak punya pekerjaan tetap. Asalkan modal mencukupi, kamu tetap bisa ajukan KPR di bank meski kamu adalah seorang pekerja freelance. Berkas mah bisa diakali!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya