“itu kulit apa zebra cross? kok belang-belang gitu?”

Kulit belang karena terlalu sering terpapar sinar matahari memang membuat tampilan kita kurang oke, ya. Warna kulit asli orang Indonesia yang kuning hingga sawo matang itu justru akan terlihat kurang menarik jika sudah belang atau berbintik karena kurangnya perawatan dari sang empunya kulit. Hmmm… apakah kamu salah satunya?

Nggak perlu ribet kok untuk membuat tampilan kulit sawo matang kita lebih cantik. Dokter kulit atau ramuan-ramuan mahal juga nggak perlu disentuh demi warna kulit yang merata sempurna. Tips-tips mudah dan murah dari Hipwee kali ini akan membantumu mengembalikan warna kulit alamimu dan membabat habis si belang! Check this out…

1. Para pengendara motor nggak perlu takut kulitnya belang. Pakai masker atau penutup muka saja demi kulit wajah yang terjaga alami.

pengendara motor wajib pakai masker nih via mpm-motor.co.id

Kalau kamu lebih suka atau terbiasa naik motor, nggak perlu takut kulitmu jadi belang deh! Benda wajib yang kamu punya adalah masker atau penutup wajah. Selain terhindar dari pengaruh buruk matahari, masuknya polusi udara juga akan terminimalisir dengan masker ini.

2. Ramuan turun temurun dari kunyit ini memang dewa. Dengan campuran sedikit madu murni, ramuan ini akan mengembalikan warna kulit cantikmu secara alami.

Advertisement

masker kunyit bikinan sendiri lebih alami via sukawera.com

Dari zaman nenek moyang kita, kunyit memang dikenal sebagai tanaman obat yang baik untuk kesehatan khususnya kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan E dalam kulit sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati serta menghaluskan kulit. Nggak perlu repot membuatnya, kamu cukup haluskan 1-2 buah kunyit yang kemudian dicampur dengan 1-2 tetes madu murni. Balurkan saja ke kulit belangmu secara rutin 2-3 kali seminggu. Good luck!

3. Campuran olive oil, beras tumbuk dan madu mampu mencerahkan serta melembabkan kulitmu, lho! Nggak percaya? Coba saja aduk rata ketiganya lalu gunakan sebagai masker.

madu, olive oil dan beras yang bagus buat kulitmu via howtosolutions.inf

Jika kamu nggak punya olive oil atau minyak zaitun, kamu cukup menggunakan madu saja, kok. Campurkan saja madu atau minyak zaitun tadi ke 1 gelas beras yang sudah ditumbuk, aduk rata. Lalu, balurkan ke kulitmu yang belang dan gunakan rutin sebelum mandi 2-3 kali seminggu. Siap-siap deh punya kulit mulus bebas belang!

4. Rutin pakai lotion ber-SPF atau mengandung UV Filter juga harus kamu lakukan demi kulit halus, lembab dan bebas belang.

sebisa mungkin rutin pakai lotion ya via stylecaster.com

Jangan sembarangan memilih lotion untuk kulitmu ya, girls. Hindari memilih lotion karena wangi atau murahnya saja. Pilihlah lotion yang mengandung SPF atau UV filter supaya melindungi kulitmu dari pengaruh buruk sinar matahari atau radikal bebas di luar. Pssssttt… nggak mau dong kulit cantikmu belang dan nggak terawat?

5. Nggak cuma lotion, kamu juga butuh sunblock untuk aktivitas luar ruanganmu yang agak ekstrim. Letakkan benda kecil ajaib ini di tas-mu agar kamu siap setiap saat.

rajin pakai sunblock via tips-cewek.com

Ke pantai

Naik motor jarak jauh seharian

Nyetir seharian

Olah raga di luar ruangan

Itulah gambaran beberapa kegiatan luar ruangan yang memerlukan sunblock agar kulitmu nggak tambah belang.

6. Lumatan kentang juga nggak kalah ampuh untuk mengatasi kulit belangmu. Tambahkan tetesan jeruk nipis agar hasilnya lebih maksimal, ya.

kentang juga baik lho buat kulit via ledisia.com

Ini dia langkah mudah membuat ramuan anti kulit belang dengan kentang dan keruk nipis :

  • siapkan 2-3 buah kentang segar, lumatkan sampai halus
  • siapkan 1 buah jeruk nipis
  • taruh lumatan kentang tadi di mangkuk atau wadah bersih, tetesi dengan jeruk nipis secukupnya
  • balurkan ke seluruh tubuh atau bagian yang belang saja
  • diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

Mudah ‘kan? mulai lakukan rutin seminggu sekali yuk!

7. Jus tomat nggak cuma enak diminum, tapi juga berkhasiat membuat kulit belangmu tersingkir secara alami.

tomat nggak cuma enak dibikin jus via realfoods.co.uk

Kalau kamu penggemas jus tomat tanpa gula, coba deh sekali-kali jangan buang sari-sari tomatnya. Gunakan sari tomat ini sebagai masker alami kulit belangmu. Cukup olesakan ke bagian yang membutuhkan, diamkan 5-10 menit, lalu bilas deh pakai air dingin. Cara ini nggak mustahil membuat kulitmu tampil cantik merata hanya dengan 2 minggu, lho. Asal lakukan rutin 2-3 kali dalam seminggu, ya.

8. Kalau kamu malas membuat ramuan sendiri, kamu bisa pakai sabun pepaya, kok. Tapi ingat, kamu harus memilih sabun pepaya dengan minim kandungan kimiawinya.

jangan sabun pepaya yang asal ya… via lelong.com.my

Di mall atau supermarket sudah banyak dijual sabun pepaya dengan berbagai merk dan harga. Nggak perlu memilih yang harganya selangit, kamu cukup melihat kandungannya saja. Pilihlah sabun pepaya dengan kandungan kimiawinya sedikit serta pepayanya yang banyak. Jangan sampai asal pilih karena akan berdampak pada pengelupasan kulit serta warna yang merah meradang, lho! Bukannya belang yang ilang, malah jadi meradang. Serem ‘kan?

9. Kaus kaki nggak cuma buat anak sekolah, kok. Mulai pakai kaus kaki rutin saat aktivitas di luar ruangan supaya kulit kakimu nggak belang dan kusam.

pakai kaus kaki kalau perlu via global.rakuten.com

Buatmu yang aktif dan lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, kaus kaki adalah benda wajib yang mesti kamu punya demi menghindari kulit kaki belang dan kusam. Awalnya kakimu mungkin akan gerah dan pengap, tapi kebiasaan ini ampuh kok buat mengatasi kulit belangmu. Worth to try lah…

10. Punya koleksi sarng tangan juga nggak ada salahnya buat mencegah tangan yang belang. ‘Kan nggak lucu kalau mukanya putih tapi tangannya item 🙁

jangan lupa pakai sarung tangan yaa via inivindy.com

Tips satu ini wajib dicoba khsusunya buat kamu yang lebih sering naik sepeda atau motor. Yang bikin kulit tangan hitam itu nggak cuma sinar matahri, lho. Tapi radikal bebas dan jahatnya polusi udara yang membuat kotoran di kulit tanganmu menumpuk sehingga warnanya lebih hitam dibanding kulit muka. Jadi, mulai detail merawat kulit yuk!

Nah, kira-kira kamu mau coba tips yang mana nih? Kalau perlu, semuanya boleh kamu coba kok demi kulit cantik sebadan-badan 🙂