Kulit mulus tanpa jerawat, pastinya idaman hampir setiap kaum hawa. Tapi apa boleh buat, kadang jerawat muncul di luar kuasa. Sebabnya pun bermacam-macam, bisa karena memang kulitmu berminyak dan sensitif, bisa faktor udara dan debu, atau bisa jadi kamu sendiri malas untuk membersihkan wajah setelah beraktivitas.

Daripada pakai produk kimia yang banyak risikonya, pakai bahan-bahan alami tentu lebih aman!

Pakai masker pisang contohnya. Buah kuning yang mengandung vitamin A, B, E, dan ton potasium ini bisa bekerja secara alami melawan bintik-bintik hitam dari paparan sinar matahari, radikal bebas, keriput, sampai dengan melembabkan wajah. Pun dengan kandungan vitamin C pembasmi jerawatnya, duh emang ajaib!

1. Bebaskan wajahmu dari kekeringan dengan campuran buah pisang dan madu. Kandungan vitamin C-nya luar biasa!

pisang dan madu via epricurious.com

Pisang yang dicampur madu, bakal jadi pelembab super untuk kulit wajahmu. Selain menjaga kelembaban kulit, madu ini pun sama-sama bisa meningkatkan kecerahan kulit kamu secara alami.

Advertisement

Cara membuatnya, kamu cukup mencampurkan satu buah pisang yang dihaluskan dengan satu sendok makan madu. Lalu gosokkan serta pijat pada wajah secara merata. biarkan selama 15 menit, dan bilas deh. Wajahmu nggak cuma bersih tapi juga lembab seharian!

2. Masker pisang dicampur lemon nggak cuma bikin muka bersih kembali, tapi juga bantu angkat kulit mati

banana and lemon via melonmondays.com

Punya kulit berminyak memang paling rentan kusam dan berjerawat. Makanya masker pisang kali ini perlu kamu tambahkan perasan lemon di dalamnya. Sebab, asam sitrat dari lemon ini ampuh banget membersihkan dan mengelupas kulit mati. Dan yang paling penting, lemon ini dapat meningkatkan penyerapan vitamin C!

Cara membuatnya; hancurkan buah pisang matang, tuangkan setengah dari perasa lemon, dan aduk hingga tercampur rata. Langsung deh kamu olesi ke seluruh wajah, tunggu sampai 15 menit, gosok perlahan, lalu bilas hingga bersih. Jangan kaget kalau kulit wajahmu terasa lebih ringan!

3. Mengurangi minyak berlebih dan pastinya mencegah jerawat, masker pisang dengan baking soda bisa jadi pilihan tepat!

baking soda dan pisang via theodysseyonline.com

Bukan cuma jadi bahan pelengkap kue saja, baking soda juga bisa kamu andalkan sebagai pembersih debu serta kotoran dan penghilang kelebihan minyak yang dapat menyumbat pori-pori di wajah.

Kamu cuma perlu menambahkan setengah sedok teh baking soda ke dalam pisang yang sudah dihaluskan. Lalu olesi masker dengan rata ke seluruh wajah, kecuali mata lho, ya. Setelah sekitar 10 menit didiamkan sedikit kering, bilas deh dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

Kekuatan baking soda yang lainnya adalah, dia mampu memaksimalkan penyerapan nutrisi masker pisang hingga ke dalam pori-pori.

4. Bakteri penyebab jerawat bisa nggak berkutik dengan masker pisang campuran bubuk kunyit

pisang & kunyit via styleglow.com

Bubuk kunyit yang mudah kamu temui di dapur ini ternyata punya sifat antibakteri yang bagus untuk melumpuhkan bakteri penyebab jerawat.

Cara membuatnya, kamu tinggal campurkan pisang yang sudah dihaluskan dengan setengah sendok teh bubuk kunyit. Lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah, diamkan sampai 15 menit, dan terakhir bilas sambil di gosok perlahan.

Bonusnya, kulitmu bisa lebih cerah dengan masker pisang dan kunyit ini!

5. Pisang yang dicampur alpukat bisa bantu menjaga kelembaban dan kekenyalan kulitmu

pisang & alpukat via gabworthy.com

Punya kulit wajah yang kenyal mirip-mirip adek bayi, siapa sih yang nggak pengen? ‘Kan senang kalau dibilang baby face atau awet muda. Nah, dengan perpaduan buah pisang dan alpukat, kulit cantik milikmu bukan lagi mimpi! Vitamin atau nutrisi dalam pisang bisa bantu kamu mencegah keriput. Sedangkan alpukat sendiri nggak cuma menjaga kelembaban kulit, tapi juga bisa membuat wajahmu lebih kenyal.

Kamu cukup menghancurkan setengah alpukat dengan satu pisang matang. Setelah itu oles ke wajahmu, dan diamkan selama 20 menit sebelum akhirnya dibersihkan dengan air dingin sambil digosok perlahan.

6. Jerawat merah dan meradang akan dilibas habis dengan masker pisang yang dicampur yoghurt. Serius, kamu kudu coba!

banana & yoghurt via myeasyrecipes.net

Jerawat merah yang meradang nggak cuma terasa sakit, tapi juga bikin kamu mendadak hilang percaya diri. Alih-alih kamu tutupi dengan make-up tebal, mending kamu obati dengan masker pisang yang dicampur yoghurt. Sebelum mencoba masker ini, kamu perlu tahu kalau yoghurt ini bisa membantu mengurangi peradangan dan kemerahan dari jerawat.

Kamu cukup mencampurkan 1/3 cangkir yoghurt dengan pisang yang sudah dihaluskan. Aduk hingga benar-benar rata. Kemudian olesi ke wajahmu sampai rata, diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

7. Berjuang melawan jerawat juga bisa kamu lakukan bersama masker pisang yang ditambah minyak kelapa

minyak kelapa dan pisang via thebeautyarchive.wordpress.com

Kamu memang nggak bisa mencegah bakteri penyebab jerawat menempel di kulit wajah, tapi setidaknya kamu bisa lho membunuhnya dengan asam laurat yang terkandung di minyak kelapa. Jadi, minyak kelapa ini nggak cuma bisa melembabkan, tapi juga bisa mencegah jerawat.

Kamu cukup mencampurkan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam pisang yang sudah ditumbuk. Setelah itu, langsung oleskan ke wajah kamu, biarkan selama setengah jam, baru kemudian dibilas sampai terasa bersih dan segar.

Bagaimana? Murah dan mudah ‘kan DIY masker pisang yang bisa bantu kamu melawan jerawat membandel? Kamu cukup pilih salah satu di antara DIY masker ini yang sekiranya cocok dengan kondisi kulitmu. Karena yang natural lebih terjamin, kenapa arus repot pergi perawatan yang belum tentu menjamin. Selamat mencoba!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!