Kulit belang selalu jadi masalah apalagi buat kamu cewek-cewek yang punya segudang aktivitas di luar dan terpapar sinar matahari. Walau segala cara sudah dicoba, tetap saja kulitmu menjadi belang alias warnanya nggak rata. Nggak cuma mengganggu pemandangan, warna kulit yang nggak rata pasti bakal membuatmu risih dan merasa nggak nyaman.

Lalu, gimana ya menghilangkan kulit yang sudah terlanjur belang ini? Kalau bisa sih pakai yang alami saja, daripada berisiko sama yang kimia-kimia. Nah, berikut ini Hipwee Tips sajikan beberapa caranya khusus buatmu!

1. Trio mentimun, lemon dan kunyit adalah penyelamat pertama dan utama untuk kulit belang yang makin parah tampilannya

Jus mentimun dicampur jus lemon via khoobsurati.com

Jus mentimun berfungsi sebagai pendingin, sementara asam sitrus pada lemon berfungsi sebagai pemutih untuk kulitmu yang menghitam.

“Campurkan satu sendok jus mentimun dan jus setengah buah lemon. Tambahkan sejumput bubuk kunyit ke dalam ramuan hingga tampak seperti pasta. Oleskan pada daerah kulit yang  belang (lebih hitam dibandingkan daerah kulit yang lain). Biarkan selama 20 menit dan basuh dengan air.”

2. Manfaatkan gel lidah buaya yang masih segar, cukup mengoleskannya semalaman dan kulitmu bisa kembali cetar

Advertisement

Gel lidah buaya via imarcgroup.wordpress.com

Lendir atau gel yang ada di dalam tanaman lidah buaya merupakan obat terbaik untuk mengembalikan warna kulitmu yang menghitam.

Cukup keluarkan lendirnya kemudian oleskan pada bagian kulit yang belang dan biarkan semalaman. Akan lebih baik kalau kamu menggunakan lendir dari lidah buaya yang masih segar.

3. Campurkan pepaya dan madu, dan dapatkan kulit putih berseri tanpa ada lagi warna lain yang mengganggu

Pepaya dan madu via helenacesar.com

Lumatkan daging buah pepaya dan jadikan masker di daerah kulit yang belang. Buah pepaya dapat memutihkan area kulit yang menghitam dan  madu akan jadi pelembab yang sempurna setelahnya.

Pepaya juga bisa membersihkan kulitmu layaknya sabun cuci muka lho, guys!

4. Putihkan lagi bagian kulityang menghitam dengan mengoleskan jus tomat yang dicampur dengan sedikit yoghurt

Jus tomat via simplyrecipes.com

Jus satu buah tomat dan tambahkan satu sendok penuh yohgurt ke dalamnya. Oleskan campuran itu pada bagian kulit yang belang. Antioksidan pada tomat akan membersihkan kulit dan yoghurt akan mengurangi warna hitamnya.

Untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat kamu bisa menambahkan beberapa tetes air lemon ke dalamnya. Jangan lupa dibilas setelah cukup kering, ya!

5. Campuran jus jeruk  dan yoghurt nggak cuma enak untuk diminum, tapi manfaatnya juga oke buat kulitmu

Jus jeruk dan yogurt via girlontherange.com

Campurkan jus jeruk dan yoghurt dengan perbandingan yang sama lalu oleskan pada bagian kulit yang belang. Vitamin C dan asam alpha hydroxyl yang dikandung oleh jeruk akan memudarkan kulit yang hitam. Sementara yoghurt akan membuat kulitmu tampak lebih cerah dari sebelumnya.

6. Habis liburan ke gunung atau pantai dan kulitmu makin hitam? Air kelapa akan membantu mengembalikannya

Air kelapa via ccdsuperstores.com

Pilih air kelapa yang masih segar pada kulit yang belang dan biarkan mengering. Ulangi paling tidak tiga kali dalam waktu 30 menit. Untuk olesan yang terakhir biarkan selama satu setengah jam dan bilas dengan air dingin.

Terapkan selama beberapa hari dan dapatkan kulitmu yang normal lagi.

7. Jangan lupakan juga resep nenek moyang yang terbukti ampuh sejak jaman dulu: kunyit yang dicampur dengan susu

Susu dan kunyit via archanaskitchen.com

Kunyit memiliki kandungan antiseptik yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit, bisa buat obat juga.

“Campurkan dua sendok teh susu dan setengah sendok teh bubuk kunyit hingga jadi pasta. Oleskan pada kulit yang belang dan biarkan sampai 20 menit. Dapatkan kulit segarmu lagi :)”

Selain bisa mengembalikan kulitmu yang belang, ramuan-ramuan alami tadi juga bisa membuat kulitmu ternutrisi sekaligus sehat, lho. Jadi, kapan nih mau coba?

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!