Lampu Indikator Mobilmu Nyala Terus? Ini yang Mungkin jadi Sederet Penyebabnya

Lampu indikator mobil

Seharusnya lampu indikator yang ada di dashboard mobil kalian akan menyala sementara, namun jika terus menyala, ini artinya ada suatu masalah dimobil kalian. Tetap tenang, jangan panik dan jangan pula diremehkan masalah ini. Segera menepi dan matikan mesin dengan memutar kunci ke posisi OFF dan nyalakan kembali ke posisi ON. Jika masih terus menyala, segera pergi ke bengkel.

Advertisement

Lampu indikator mobil yang menyala terus menerus, biasanya menunjukkan beberapa pertanda bahwa ada komponen mobil kalian yang sedang bermasalah. Itu juga pertanda ada beberapa hal yang harus segera diperbaiki, mungkin bisa berkaitan dengan mesin atau bagian-bagian penting mobil. Semua tanda lampu indikator tersebut merupakan kode perawatan mobil seperti suhu, tekanan oli dan lain-lain.

Jika lampu-lampu indikator terus menyala, pastinya itu dapat mengganggu konsentrasi kalian ketika sedang dalam perjalanan. Maka dari itu penting banget untuk tahu kenapa lampu indikator mobil terus-terusan menyala. Berikut sederet alasan yang bisa jadi penyebab lampu indikator mobil kalian yang menyala terus menerus.

Jika lampu indikator engine check menyala, itu menandakan ada masalah di mesin mobil kalian

Lamp indikator engine check menyala, ini menandakan bahwa ada kerusakan pada mesin atau terdapat sesuatu yang tidak berfungsi pada mesin mobil kalian. Disarankan untuk kalian bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih buruk pada mesin mobil kalian.

Advertisement

Lampu indikator ABS (Anti-Lock Braking System) menyala, segera lakukan pengecekan jika ini terjadi

Sistem penggereman merupakan salah satu faktor terpenting dalam sebuah kendaraan. Nah untuk itu, jika lampu indikator ABS ini menyala terus-terusan, bisa dipastikan bahwa ABS mengalami kerusakan atau ada hal yang salah pada komponen tersebut. Segera perbaiki untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lampu indikator aki menyala, tandanya aki kalian ada masalah

Sebagai sumber daya kelistrikan kendaraan, aki mobil membutuhkan perawatan khusus supaya mobil kalian dapat menyala dengan normal. Ketika kalian mendapati lampu indikator aki pada mobil menyala terus, itu tandanya ada masalah yang harus segera dicek. Jika kalian tidak segera menggantinya, kerusakan pun dapat terjadi pada mobil kalian.

Lampu indikator oli menyala, pastikan kalian ganti oli mesin mobil kalian dengan oli baru 

Advertisement

Jangan pernah lupa untuk mengganti oli mobil kalian, jika tidak ingin mesin mobil kalian rusak. Biasanya jika oli mobil kalian habis, maka indikator oli pada mobil kalian akan menyala terus. Segera ganti oli mesin mobil kalian dengan yang baru, karena jika tidak, hal ini akan menyebabkan kerusakan yang cukup lumayan parah pada mesin mobil kalian.

Lampu indikator airBag menyala, segera ke bengkel langganan kalian untuk dilakukan perbaikan

Pada umumnya, mobil – mobil keluaran terbaru akan dilengkapi dengan fasilitas keselamatan seperti airbag. Dan jangan pernah remehkan jika lampu indikator Airbag nyala terus menerus, dan hal ini menandakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan airbag mobil kalian tersebut.

Nah, bila kalian mengalami kondisi seperti di atas, jangan menunda apa lagi menganggap remeh, segera ke bengkel langganan kalian untuk segera mengeceknya dan memperbaikinya. Lakukan perawatan secara rutin agar mobil kalian tetap nyaman dan aman pada saat digunakan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE