5 Langkah Sederhana Mencukur Rambut Sendiri di Rumah. Nunggu ke Barbershop Keburu Gondrong

Cara potong rambut sendiri

Penyebaran pandemi Covid-19 membuat beberapa hal yang awalnya mudah jadi sulit dilakukan. Salah satunya adalah mencukur rambut. Karena kebijakan social distancing, mau nggak mau kita mesti melakukan segala sesuatunya di dalam rumah. Kalau biasanya kita tinggal pergi ke barbershop untuk cukuran, hari-hari ini kita diharuskan menahan diri.

Advertisement

Berhubung situasi hari ini cukup gawat, nggak usah muluk-muluk, lebih baik cukur rambut yang sederhana aja. Lalu gimana caranya? Berikut Hipwee Tips punya langkah-langkah sederhana buat kalian yang udah gerah pengen cukuran. Tetap di rumah aja, ya!

1. Pertama, pastikan kamu punya peralatan yang dibutuhkan. Siapkan gunting, sisir, cermin, semprotan dan jepitan rambut

Alat-alat mencukur rambut via www.alodokter.com

Selain tekad yang kuat, hal pertama yang harus kamu siapkan sebelum mencukur rambut adalah peralatannya. Yang kamu butuhkan sebenarnya sederhana kok, kamu perlu gunting, sisir, cermin, botol semprotan dan jepitan rambut. Kalau nggak punya jepitan, kamu bisa menggantinya dengan karet atau ikat rambut.

2. Setelah alat-alat siap, jangan langsung mencukur, basahi rambut agar nantinya lebih mudah untuk dipotong. Ini berlaku untuk semua jenis rambut lo~

membasahi rambut via kawaiibeautyjapan.com

Basahi rambut dengan semprotan yang sudah disiapkan sebelumnya. Sebenarnya sah-sah saja memotong rambut dalam keadaan kering, tapi membasahi rambut terlebih dahulu akan lebih memudahkan proses pemotongan nantinya. Membasahi rambut berlaku untuk semua jenis rambut, entah itu keriting, lurus atau bergelombang.

Advertisement

3. Setelah dibasahi, sisir rambut sampai rambut mati dan rontok terangkat. Ulangi langkah ini sampai rambut nggak ada yang menyangkut lagi di sisir

sisir rambut via hellosehat.com

Ulangi langkah ini terus menerus sampai bisa dipastikan nggak ada lagi rambut yang menyangkut. Langkah ini penting dilakukan agar rambut rontok nggak menganggu saat proses mencukur kelak.

4. Jika rambut rontok sudah terangkat, lakukan proses parting. Proses ini membutuhkan jepit, karet atau ikat rambut

membagi rambut via www.youtube.com

Parting adalah teknik memisahkan setiap sisi rambut dan memilih bagian yang ingin kamu potong. Sebagai contoh, jika kamu ingin memotong bagian sisi rambut, maka kamu harus mengikat bagian atas rambut secara hati-hati dan presisi. Di sini kamu perlu fokus dan teliti, ya!

5. Jika semua proses persiapan sudah dilakukan, kamu tinggal mencukur rambut sesuai model yang kamu mau

Advertisement

cukur sesuai selera via mas-kulin.com

Langkah mencukur yang baik adalah mulai dari bagian belakang, lalu ke samping kanan, samping kiri dan terakhir bagian atas rambut. Potong rambut perlahan-lahan dan lihat perubahannya. Karena kita bukan ahlinya, nggak perlu potong dengan model yang sulit, lebih baik model sederhana seperti potongan lurus mengikuti bentuk kepala.

Nah itu dia tips sederhana untuk mencukur rambut sendiri di rumah. Jika kamu sudah biasa, lakukan bergantian dengan keluargamu, ya~

Yuk, terus tambah kebaikanmu di bulan ramadan ini bersama Hipwee! Jangan lupa kunjungi halaman #RamadanDirumah ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE