Langkah Mudah Membuat Stiker WhatsApp Pakai Foto Sendiri. Eksklusif dan Nggak Ada yang Nyamain

Cara membuat stiker Whatsapp

Sekarang, nggak hanya Line aja yang punya fasilitas stiker. Sejak diperbarui tanggal 5 November 2018 lalu, Whatsapp juga punya stiker lho. Berkirim pesan melalui aplikasi Whatsapp akan makin menyenangkan deh. Serunya lagi, kita bisa lho membuat stiker kita sendiri. Bisa dengan gambar diri, hewan peliharaan yang lucu, dan sebagainya. Mengobrol dengan aplikasi ini jadi nggak membosankan.

Advertisement

Kali ini, Hipwee akan menjelaskan cara membuat sendiri stiker dengan foto atau gambarmu sendiri. Caranya gampang kok. Cukup memasang aplikasi tambahan di ponselmu, kamu sudah bisa menjadikan wajahmu sendiri sebagai stiker di Whatsapp. Yuk ikuti bersama cara membuat stiker di Whatsapp ini. Siapkan dahulu tiga gambar terbaik yang ingin dijadikan stiker karena satu paket stiker, minimal harus memuat tiga gambar.

1. Sebelum membuat stiker, sebaiknya dipastikan dahulu kalau aplikasi Whatsapp yang terpasang di ponselmu adalah versi paling baru

Pastikan Whatsapp yang ada di ponselmu adalah versi paling baru. via www.hipwee.com

Nggak semua versi Whatsapp bisa menerima dan mengirim stiker. Harus di atas versi 2.18.339. Jadi, cek aplikasi Whatsapp kalian versi berapa dengan cara membuka aplikasi Whatsapp di ponselmu. Kemudian pilih menu di pojok kanan atas. Pilih ‘Setting’ -> ‘Help’ -> ‘App Info’. Nah, kamu sudah bisa melihat versinya.

Update dahulu aplikasi Whatsapp kalau belum punya versi terbarunya. via www.hipwee.com

Kalau belum versi terbaru, ‘Update’ dahulu dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store. Selain itu, bisa juga mengunduh langsung dari websitenya. Untuk android, tinggal buka link seperti di gambar dan unduh aplikasinya.

Advertisement

2. Untuk membuat stiker, diperlukan tiga aplikasi yaitu aplikasi untuk menghapus ‘background‘, menambah tulisan, dan membuat gambar jadi stiker

Tiga aplikasi ini wajib ada untuk membuat stiker di Whatsapp. via www.hipwee.com

Ada dua aplikasi wajib yang harus ada untuk membuat stiker dan satu aplikasi tambahan yang digunakan untuk mempercantik stikermu. Aplikasi wajib adalah aplikasi menghapus latar belakang dan ‘Personal Stickers for Whatsapp‘. Aplikasi yang digunakan untuk menghapus latar belakang foto adalah ‘Background Eraser‘. Aplikasi tambahan adalah ‘PicsArt‘. Bisa juga kok menggunakan aplikasi lain. Yang penting fungsinya sama, yaitu untuk menambah tulisan atau menghias stiker. Aplikasi tersebut bisa diunduh di Play Store atau App Store kok.

3. Setelah gambar siap, hapus ‘background‘ gambar menggunakan aplikasi ‘Background Eraser‘ sehingga tinggal gambar orangnya saja

Gunakan aplikasi untuk menghapus latar belakang pada foto. via www.hipwee.com

Pertama-tama, buka dahulu aplikasi ‘Background Eraser‘ dan buka foto yang sudah disiapkan dengan memilih pilihan ‘Load a photo‘.

Gambar di ‘crop’ dahulu agar pas dengan gambar yang diinginkan. via www.hipwee.com

Advertisement

Nanti akan ada pilihan untuk memotong gambar sampai batas gambar yang diinginkan. Setelah dipotong, langsung hapus saja latar belakang foto. Agar lebih mudah, pilih ‘Magic‘ dan sesuaikan ukuran kuas dengan mengubah ‘Expectant Magic Size‘.

Hapus latar belakang dan simpan. via www.hipwee.com

Sekarang proses penghapusan latar belakang bisa dilakukan. Jika sudah selesai, pilih ‘Done’ yang ada di pojok kanan atas lalu pilih ‘Finish’. Gambar akan tersimpan dalam kondisi tanpa latar belakang dengan ekstensi png.

4. Tambahkan tulisan pada gambar jika diperlukan. Tulisan bisa membuat stikermu jadi lebih ekspresif lho~

Gunakan aplikasi penyunting gambar untuk menambahkan hiasan pada stiker via www.hipwee.com

Yang satu ini sebenarnya nggak wajib. Tapi, menambah tulisan di stiker bisa membuat stiker akan lebih menarik dan ekspresif. Caranya menggunakan aplikasi ‘PicsArt‘. Buka aplikasi lalu pilih tanda ‘+’ yang terletak di bawah.

Biasanya, stiker ditambah kata-kata yang sesuai dengan ekspresi orang di stiker kan~ via www.hipwee.com

Kemudian pilih gambar stiker yang sudah dihapus latar belakangnya tadi. Menambah tulisan dilakukan dengan menggunakan alat ‘Text‘. Kalian bisa memilih jenis huruf, warna, hingga garis luar huruf lho. Sesuaikan deh dengan ekspresi di stiker. Nggak hanya tulisan, bisa juga dihias dengan gambar atau balon tulisan. Kalau sudah selesai, pilih tanda anak panah di atas kanan.

Jangan lupa menyimpan setelah disunting ya via www.hipwee.com

Selanjutnya, simpan stiker tersebut. PicsArt sudah memiliki pilihan untuk menyimpan sebagai stiker. Klik ‘Save‘ dan gambar langsung tersimpan.

5. Buka aplikasi ‘Personal Sticker for Whatsapp‘ dan buat paket stiker dari gambar yang sudah disunting. Minimal dalam satu paket ada 3 gambar ya

Buka aplikasi ‘Personal Stikers for Whatsapp’ untuk menjadikan gambar jadi stiker di Whatsapp. via www.hipwee.com

Untuk menjadikan gambar stiker tersebut menjadi stiker di Whatsapp, buka aplikasi ‘Personal Stickers for Whatsapp‘. Pilih ‘Add‘ di paket stiker. Kalau sudah berhasil, nanti akan muncul tanda centang. Syarat agar bisa ditambahkan sebagai stiker adalah sudah harus ada tiga gambar yang dibuat.

6. Sekarang stiker dengan fotomu sudah ada di Whatsapp dan siap digunakan untuk berkirim pesan. Lucu kan~

Menggunakan stiker di Whatsapp juga mudah kok via www.hipwee.com

Cara menggunakan stiker untuk berkirim pesan mudah kok. Buka chatroom di Whatsapp lalu pilih gambar emoticon di kiri bawah. Ada tiga pilihan di bawahnya yaitu emoji, gif, dan stiker. Pilih stiker dengan ikon gambar kertas yang terlipat.

Stiker lucu sudah bisa digunakan deh untuk berkirim pesan. via www.hipwee.com

Stiker bisa langsung digunakan untuk berkirim pesan. Tinggal klik di gambarnya saja dan stiker akan terkirim.

Mudah kan cara membuatnya? Sekarang kamu sudah bisa memiliki stiker Whatsapp limited edition di mana cuma kamu yang punya stiker itu. Bahkan, wajah di stiker bisa wajahmu sendiri lho~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE