Lagi asyik-asyik ngerjain tugas atau nonton film tiba-tiba laptopmu hang nggak bisa nyala? Ini kejadian paling menyebalkan sih, apalagi kalau yang dikerjain itu skripsi dan sejenisnya, super bad mood! Hang emang “penyakit” yang paling sering diderita laptop dan itu sangat mengganggu. Yang bisa kamu lakukan mungkin cuma bingung atau langsung membawanya ke tukang servis komputer.

Padahal sebenarnya beberapa kasus nge-hang masih bisa kamu betulkan sendiri lho, guys! Syaratnya, kamu harus tahu penyebabnya dulu, karena sebab yang berbeda penangannnya juga nggak sama. Hipwee Tips akan memberitahumu beberapa penyebab laptop hang yang sering terjadi sekaligus bagaimana memperbaikinya. Cekidot!

1. Jangan-jangan memori laptop-mu terlalu minim dan nggak sesuai standar, coba dicek sebelum masalahnya makin besar

RAM laptop via youtube.com

Laptop yang hang bisanya karena kekurangan memori alias RAM-nya yang minim. Coba cek kapasitas memori laptopmu, untuk laptop intel pentium 4 dengan OS windows XP dan aplikasi standar sebaiknya RAM-nya 1 GB. Kalau punyamu belum sesuai standar sebaiknya diganti saja, ya!

2. Terlalu banyak program yang di-install atau dijalankan, harus ada yang di-uninstall dan ditutup paksa. Caranya…

Uninstall program via windowscentral.com

Advertisement

Uninstall program yang jarang kamu pakai dengan cara masuk ke control panel >> klik menu Programs >> pilih Programs and Features >> pilih software yang akan di-uninstall >> klik uninstall

Sementara itu, kalau kamu menduga komputermu hang karena ada program tertentu yang sedang kamu jalankan, kamu harus segera menutupnya. Masalahnya kalau laptop sedang hang, mau nge-close susah ‘kan? Kursornya saja nggak bergerak.

Kalau itu yang terjadi coba tekan Ctrl+Alt+Del atau Ctrl+Shift+Esc untuk masuk task manager dan menutup program itu dari sana. Kalau nggak bisa juga tekan saja power secara paksa.

3. Banyaknya temporary file yang membengkak juga bisa bikin laptopmu hang, sering-sering disk cleanup saja habis ini!

Disk cleanup via windowscentral.com

Temporary file atau file sementara yang nggak pernah dibersihkan akan sangat mengganggu performa laptopmu. Karena itu kamu harus rutin melakukan disk cleanup dengan cara:

Start menu >> All Programs >> Accessories >> System Tools >> Disk Cleanup atau ketik cleanmgr di menu pencarian. Setelah masuk ke bagian disk cleanup pilih drive yang kamu inginkan dan centang temporary file (biasanya sudah otomatis tercentang), delete deh!

4. Anti virus itu satu aja udah cukup, kebanyakan masang security program justru bisa bikin laptopmu hang

Pasang satu anti virus saja via digitaltrends.com

Program antivirus dan firewall itu nggak usah sampai 2-3 yang dipasang, satu saja sudah cukup yang penting selalu update. Kebanyakan anti virus malah bisa bikin laptopmu membeku alias hang. Jadi pilih satu saja anti virus yang standar dan pastikan selalu update versi anti virusnya.

5. Masalahnya mungkin ada pada hardisk yang low space, terfragmentasi, sudah usang, eror atau bad sector. Atasi dengan cara ini…

Defragment disk via dbstech.com

Hardisk yang low space diatasi dengan cara di-upgrade. Sementara itu kalau sudah usang harus segera diganti karena rpm-nya sudah turun.

Jika hardisk-nya terfragmentasi maka kamu harus melakukan defragmentasi, caranya: “Menu >> accessories >> system tool >> Disk fragmenter“, ini sebaiknya dilakukan secara berkala tiap bulan.

Untuk mengatasi error bad and sector cukup klik kanan hardisk C >> properties >> tools >> check now >> centang “scan for and attemnp recovery of bad sector” –> start

Hindarkan hardisk dari debu, goncangan, dan panas berlebih juga ya

6. Buffer printer juga bisa jadi penyebab hang-nya laptopmu, coba cabut power printernya dulu

Matikan dulu printernya via reference.com

Saat mencetak dokumen dibutuhkan banyak tenaga CPU untuk melakukannya. Hal ini menyebabkan kekacauan pada buffer printer tersebut. Untuk mengatasinya, coba cabut power printer selama 10 detik lalu hidupkan lagi dan kembalikan ke pengaturan default printer.

7. Waspada 2 virus ganas: malware dan spyware! Jangan-jangan laptopmu hang karena dua virus ini

Awas virus via mind42.com

Virus akan menginfeksi program dengan cara merusak atau menghapusnya. File yang corrupt atau bahkan hilang bisa menyebabkan sebuah laptop menjadi hang. Kalau laptopmu sudah benar-benar terkena dua virus ini, maka sebaiknya kamu jalankan windows safe mode dan mematikan fasilitas system restore. Jangan lupa untuk menggunakan Virus Cleaner dan meng-update sistem operasi di laptopmu.

8. Jangan biarkan laptopmu sampai kepanasan karena hardware yang overheat bisa bikin laptopmu jadi macetan

Kipas laptop via youtube.com

Mungkin kipas hardware-mu sudah kotor dan waktunya dibersihkan, sebaiknya kamu bawa ke ahlinya saja untuk membersihkan kipas ini agar sirkulasi udara di CPU berjalan lancar. Bersihkan debu dan kotoran paling tidak sebulan dua kali. Terkadang kamu juga butuh kipas tambahan, terutama buat kamu yang suka main game.

Paling tidak, kalau kamu sudah tahu 8 penyebab sekaligus cara mengatasi laptop hang, kamu nggak perlu langsung pergi ke tempat servis laptop kalau ada apa-apa. Selagi masih bisa dibenerin sendiri kenapa nggak mau nyoba? Semoga membantu, ya!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!