Rasa senang dan bangga mungkin kini tengah dirasakan oleh kamu yang baru saja diterima di perguruan tinggi idaman. Namun, nggak sedikit juga dari kamu yang mungkin bersedih karena harus kuliah di luar kota yang mengharuskanmu untuk berpisah dari orang-orang tersayang seperti orang tua dan pacar. Nggak sedikit pasangan yang kemudian memutuskan untuk berpisah daripada menjalani hubungan jarak jauh.

Sebenarnya, kamu masih bisa menjalin LDR meski harus menuntut ilmu di kota orang. Nggak sedikit juga kok yang berhasil dengan hubungan jarak jauhnya. Terapkan tips-tips ini agar LDR-mu tetap lancar sementara kamu juga harus kuliah jauh dari rumah.

1. Media komunikasi sudah semakin canggih, jadi nggak ada lagi alasan buat nggak menghubungi pacar yang jauh di sana

Komunikasi itu penting via www.liputan6.com

Advertisement

Kalau sudah ada sarana yang mendukung, jangan ragu untuk memanfaatkan sarana tersebut untuk media komunikasimu dan pasangan. Kamu juga harus menyiapkan anggaran atau bujet untuk beli pulsa dan kuota, supaya komunikasimu makin lancar dan nggak terkendala masalah susah sinyal.

2. Meski LDR, jangan lupa untuk tetap memberikan perhatian-perhatian kecil ke pacar. Kan pacar tetap butuh disayang~

Kasih perhatian via www.suara.com

Bukannya basa-basi, pertanyaan-pertanyaan seperti ‘lagi apa’ atau ‘sudah makan belum’ pun ampuh untuk merekatkan hubungan jarak jauhmu dengan pasangan. Jadi, jangan risih jika pasanganmu bertanya hal-hal demikian kepadamu. Namanya juga perhatian~

3. Komunikasi memang perlu, tapi jangan lalu jadi posesif dan menghubungi pacarmu terus menerus tanpa kenal waktu. Pacarmu juga punya kesibukan lo!

Menyebalkan~ via www.sun-sentinel.com

Meski komunikasi adalah kunci, kamu juga perlu ingat bahwa pacarmu juga punya kehidupan lain di kota seberang sana. Itulah kenapa, wajib hukumnya bagi kamu untuk memberi waktu untuknya supaya dia bisa melakukan aktivitas yang ia sukai. Jangan sedikit-sedikit dihubungi, yang ada pacarmu jadi risih dan memicu pertengkaran lo!

4. Hobi curhat bukan berarti kamu harus selalu menceritakan masalah percintaanmu dengan pacar ke lawan jenis. Bisa jadi orang lain tersebut malah mencari celah agar kalian putus. Kan gawat~

Curhat ke lawan jenis via www.liputan6.com

Advertisement

Ini nih yang kerap kali dilakukan oleh kebanyakan pasangan LDR. Karena pacar lagi jauh, kamu jadi sering menceritakan masalahmu dengan orang lain. Kalau sudah begini, jadinya malah orang lain dong yang lebih mengerti kamu daripada pacarmu. Kalau diterus-terusin, hubunganmu sama si teman curhat in makin dekat, sementara hubunganmu dan pacar malah jadi goyah. Duh, jangan deh!

5. Boleh kesal, tapi sesaat saja! Kalau memang ada masalah, mending langsung dibicarakan baik-baik

Komunikasi dengan pasangan via womantalk.com

Jangankan berjauhan, saat lagi dekat saja, kamu bisa kok kesal dengan pacarmu. Saat sedang ada masalah, jangan keluhkan dengan orang lain, supaya orang lain nggak mengambil celah di sela-sela hubungan kalian. Daripada begitu, mending langsung bicarakan baik-baik ke pacar, supaya sama-sama dicari jalan keluarnya.

6. Biar nggak gampang ‘meleng’ dan ingat kalau ternyata kamu punya pacar, bawa benda yang selalu mengingatkanmu ke pacar

Foto pacar di dompet via www.hipwee.com

Sebagai seseorang yang sudah punya pacar namun harus LDR, kamu perlu benda yang akan selalu mengingatkanmu dengan sang pacar. Misalnya, dengan memasang wallpaper ponsel dengan wajahnya atau memasang foto pacarmu di dompet. Cara ini cukup ampuh untuk mencegahmu berpaling dan ingat terus dengan sang pacar.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika kelak harus LDR-an dengan pacar saat kuliah. Tenang, kuliah beda kota nggak apa-apa, yang penting komitemennya kan tetap sama.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya