7 Makanan dan Minuman ini Haram Diberikan ke Kucing Peliharaan. Bikin Sakit Bahkan Mati Dadakan

Makanan berbahaya untuk kucing

Tingkah kucing yang menggemaskan bikin kita selalu ingin menyentuh dan memainkannya. Nggak cuma menghibur, kucing peliharaan juga bisa bantu menghilangkan stres pemiliknya lo! Supaya tingkahnya tetap aktif, kucing butuh asupan makanan dan minuman yang bergizi. Sayangnya, nggak semua makanan boleh diberikan kepada kucing. Sebab sistem pencernaan yang sensitif membuatnya lebih rentan terkena penyakit.

Advertisement

Berikut beberapa makanan dan minuman yang baiknya nggak pernah diberikan pada kucing. Kalau ngeyel, bisa-bisa kucingmu sakit bahkan mati.

1. Berbeda dengan anak kucing, kucing dewasa justru nggak diperbolehkan untuk diberi susu

susu untuk kucing kecil saja via leahsthoughts.com

Ketika sudah dewasa, kucing jadi intoleran terhadap zat laktosa yang terkandung dalam susu. Kalau dikonsumsi, susu bisa bikin kucing mengalami diare dan muntah.  Kalau pengen kasih susu, berikan yang nggak berlaktosa atau yang berlaktosa rendah, ya!

2. Meski baik untuk manusia, alpukat justru dilarang untuk diberikan pada kucing

alpukat via www.bustle.com

Selain buah, biji, batang, dan kulit pohon alpukat mengandung zat persin yang berbahaya bagi kucing. Jika sampai kemakan, kucing bisa mengalami masalah serius seperti sulit bernapas dan paru-parunya yang dipenuhi air. Nggak cuma itu, biji alpukat pun bisa mendatangkan masalah jika nggak sengaja tertelan.

3. Sama seperti penderita mag, kucing pun nggak bisa mengonsumsi kopi atau kafein lainnya

Dalam kopi terkandung theobromina dan teofilin yang dapat membuat kucing gagal jantung. Untuk mengindentifikasinya, kamu bisa melihat dari tingkah kucing atau detak jantungnya.

4. Supaya terhindar dari sakit, jangan pernah memberikan bawang-bawangan pada kucing

bawang via id.wikipedia.org

Semua bawang mengandung defoksida dan sulfoksida yang dapat mengganggu sistem kerja sel darah merah pada kucing. Jika dikonsumsi, ini bisa membuat kucing anemia dan sakit perut.

5. Meski nggak beracun, namun kamu nggak disarankan untuk memberikan tulang pada kucing

Struktur tulang yang keras membuat pencernaan kucing sulit untuk mencernanya. Ini juga bisa membuat kucing tersedak dan mengakibatkan luka pada usus. Kalau memang mau kasih tulang, perhatikan ukurannya dan pilihlah bagian tulang tertentu yang lunak saja.

Advertisement

6. Memang sih cokelat enak, tapi nggak baik kalau kucing yang makan

coklat via www.idntimes.com

Kandungan toksisitas yang tinggi pada cokelat akan membuat laju jantung pada kucing jadi lebih cepat. Ini bisa memicu kerusakan organ dan kematian pada kucing akibat konsumsi kandungan tersebut.

7. Ikan tuna, terlebih tuna kalengan bisa memberi masalah yang sangat serius bagi kucing peliharaan

Meski kucing bisa doyan makan ikan tuna, tapi jangan biarkan ia memakannya. Kandungan mineral dan vitamin dari tuna yang relatif kurang membuat kucing jadi kekurangan gizi. Nggak cuma itu, tuna pun mengandung merkuri yang bisa membuat kucing muntah dan sakit.

Kalau dilihat sekilas, makanan-makanan ini nggak tampak berbahaya bagi kucing. Si kucing pun bisa jadi doyan melahapnya. Tapi kalau sampai dikonsumsi terus-terusan, kucing bisa jadi sakit bahkan mati lo! Makanya, mulai perhatikan makanan atau minuman yang dikonsumsi kucing kesayanganmu, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE