Selain Bikin Susah Tidur, 9 Makanan ini Disinyalir Jadi Penyebab Mimpi Buruk. Hindari deh!

Makanan sebelum tidur

Siapa pun pasti pernah mengalami mimpi buruk. Munculnya mimpi buruk bisa menyebabkan seseorang jadi nggak nyaman setelah bangun tidur. Bahkan, jika mimpi buruk sering menghantui, kamu akan mengalami stres, insomnia, serta mengidap beberapa kelainan penyakit tertentu.

Advertisement

Banyak hal yang bisa menyebabkan mimpi buruk. Selain karena tekanan mental dan stres, bahkan asupan makanan tertentu yang dimakan di malam hari sebelum tidur pun bisa menyebabkan mimpi buruk lo! Supaya tidurmu jadi lebih berkualitas, berikut makanan yang perlu kamu hindari agar terhindar dari mimpi buruk.

1. Kandungan yang terdapat dalam keripik ternyata menjadi salah satu penyebab datangnya mimpi buruk

keripik via www.bonappetit.com

Keripik mengandung banyak lemak trans dari proses penggorengan yang bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Hal inilah yang kemudian membuatmu jadi sulit tidur dengan nyenyak akibat ngemil keripik sebelum tidur.

2. Makanan yang mengandung tepung dan glukosa seperti pasta, roti, atau piza juga bisa menjadi salah satu penyebab kemunculan mimpi buruk

Makanan olahan tepung dan glukosa butuh waktu cukup lama untuk dicerna. Kalau kamu memang ingin makan pasta, baiknya konsumsi setidaknya dua atau tiga jam sebelum tidur, ya!

Advertisement

3. Kandungan kalori dan lemak yang terdapat pada keju dipercaya mampu membuat seseorang mudah mengalami mimpi buruk

Produk makanan berbahan dasar susu biasanya mengandung triptofan yang bisa membuat hormon serotonin alias hormon yang mengatur jam tidur dalam tubuh terganggu dan memicu mimpi buruk.

4. Mengonsumsi es krim di malam hari bisa membuat otak bingung dan menyebabkan mimpi buruk

Kandungan lemak dan gula pada es krim yang kamu konsumsi bisa menyebabkan aktivitas otak menjadi naik lo! Padahal, ini kan waktunya otak untuk beristirahat.

5. Makanan pedas bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat yang mana berpengaruh pada kualitas tidurmu

makanan pedas via ceritamenarik.com

Makanan pedas akan membuat suhu tubuh meningkat sehingga menyebabkan pikiran jadi gelisah. Padahal, jika pikiran gelisah, kinerja otak akan jadi lebih aktif meski tubuh merasa lelah. Tidur pun jadi terganggu dan mimpi buruk bisa saja menghantuimu.

Advertisement

6. Soda juga menjadi salah satu penyebab mimpi buruk karena kandungan kafein dan gulanya

Kandungan kafein dan gula pada soda bisa membuat seorang jadi sulit tidur. Nah, jika hal ini berlanjut, kamu bisa saja mengalami mimpi buruk saat tidur sekalipun tidur di siang hari.

7. Mengandung banyak gula, cokelat juga menjadi salah satu makanan penyebab mimpi buruk

Karena mengandung banyak kafein dan gula, cokelat yang dikonsumsi pada malam hari bisa membuatmu jadi sulit tidur dan menyebabkan mimpi buruk. Nggak cuma cokelat batang, minum cokelat panas sebelum tidur pun juga jadi penyebab utama mimpi buruk.

8. Senyawa diuretik alami yang terkandung pada seledri bisa membuatmu mengalami mimpi buruk

Senyawa diuretik ini menyebabkan proses pembentukan urine jadi lebih cepat. Sehingga meningkatkan frekuensi buang air kecil lebih sering. Nah, hal ini ternyata bisa menyebabkan tidur jadi lebih gelisah dan kualitas tidur terganggu.

9. Jika kamu mengonsumsi bawang putih sebelum tidur, bisa jadi kamu akan mengalami mimpi buruk nantinya

bawang putih via stail.my

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut antikoagulan. Senyawa ini bisa menyebabkan terjadinya pengenceran darah yang akan berpengaruh pada kualitas tidur yang buruk.

Sejumlah makan di atas disinyalir bisa membuatmu sulit tidur lantaran mengganggu proses pencernaan sementara organ tubuh dalam mode nonaktif ketika tidur. Nah, jika hal ini dibiarkan terjadi terus-menerus, bisa jadi kamu akan mengalami mimpi buruk setiap kali tidur lo. Mending kalau mau makan makanan ini, jauh-jauh waktu sebelum tidur deh~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE