5 Manfaat Ampas Tahu yang Perlu Kamu Ketahui. Bisa Buat Ide Bisnis juga lo!

Manfaat ampas tahu

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar “ampas tahu”? Mungkin kamu akan terbayang sisa perasan sari tahu, mirip sisa perasan santan kelapa, atau bahkan endapan dari sisa fermentasi tahu. Yap, nggak salah kok. Ampas tahu memang berupa partikel padat dari endapan sisa sari tahu. Warnanya putih keruh dan memiliki bau khas kedelai.

Advertisement

Ampas tahu bisa kamu dapatkan di industri tahu rumahan, mereka biasanya menjual ampas tahu untuk berbagai kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa menemukannya di pasar tradisional dari mulai dari yang basah atau yang sudah dikeringkan menjadi tepung kasar. Meski dikategorikan sebagai limbah, jangan anggap enteng limbah yang satu ini ya. Jika dimanfaatkan dengan baik, ampas tahu bisa jadi aset yang berharga, lo.

1. Kandungan gizi ampas tahu masih cukup bagus. Tinggi protein, karbohidrat dan serat. Cocok jadi gerakan makanan tanpa limbah!

Ampas tahu jadi bahan makanan alternatif yang diolah menjadi tepung – Photo by Klaus Niel | Photo by Polina via www.pexels.com

Dilansir dari Cybext, ampas tahu yang kualitasnya baik dalam arti belum membusuk memiliki kandungan protein mencapai 23,55% atau setara 26,6 gram/100 gram. Selain itu, ada karbohidratnya mecapai 26,92%, serat 16,53% dan lemak 5,54%. Kandungan gizi yang masih cukup baik, membuat ampas tahu dijadikan bahan pangan alternatif.

Istilah zero waste food processing atau makanan tanpa limbah juga cocok untuk diterapkan pada ampas tahu yang layak diolah menjadi bahan dasar pangan. Biasanya ampas tahu dikeringkan hingga pada kadar air tertentu dan menjadi tepung kasar. Selanjutnya tepung digiling hingga menjadi serbuk halus. Tepung ampas tahu bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kue.

Advertisement

2. Ampas tahu bisa dikreasikan menjadi berbagai olahan layak konsumsi. Lezat dan sehat tentunya

Ampas tahu sebagai pengganti daging pada steak| Photo by Anna Tarazevinch via www.pexels.com

Selain diolah menjadi tepung, ampas tahu bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat berbahan ampas tahu basah. Ampas tahu bisa diolah menjadi tempe yang disebut dengan tempe gembus. Kemudian tempe gembus ini dijadikan bahan dasar Sate Kere, khas Surakarta. Ampas tahu juga bisa dijadikan pengganti daging pada streak panggang, nuget dan bakso. Cocok banget nih, untuk para vegetarian. Selain itu, ampas tahu juga bisa diolah menjadi cemilan seperti kripik dan krupuk.

3. Ampas tahu jadi alternatif pakan ternak yang murah, berkualitas dan menguntungkan. Lebih baik daripada rumput tetangga~

Bisa jadi alternatif pakan ternak | Photo by Gburshtein via id.depositphotos.com

Dilansir dari Balai Pengajian Teknologi Pertanian, pemberian ampas tahu sebanyak 2 kg dicampur dengan konsentrat 2,5 kg (dedak halus, jagung halus, tepung ikan, mineral, garam) untuk tiap ekor sapi per hari dapat memberikan pertumbuhan yang optimal pada sapi. Dengan komposisi ini, rumput hanya dijadikan makanan pendamping saja. Ampas tahu dan konsentrat dapat memberikan meningkatkan pertumbuhan dan pertambahan berat badan hingga 0,8 kg/hari. Sehingga masa pemeliharaan lebih cepat dan pendapatan peternak bisa meningkat.

4. Pupuk organik dari ampas tahu bisa menjaga kesuburan tanah dan meningkatkan produktivitas tanaman

Pupuk dari ampas tahu bisa menyuburkan tanah| Photo by Benyamin Mellish via www.pexels.com

Ampas tahu yang dibuang begitu saja bisa merusak struktur tanah. Namun, jika diolah dengan tepat, ampas tahu justru menjadi pupuk organik yang sangat baik bagi tanah dan tanaman. Dilansir dari Kompasiana, ampas tahu diolah dengan cara diberi EM4 atau konsentrat khusu yang biasanya dimanfaatkan untuk membuat kompos organik, tujuannya untuk membantu proses fermentasi. Ampas tahu yang dicampur dengan EM4 ini akan menghasilkan mikroorganisme yang beragam untuk meningkatkan kesuburan tanah, sehingga tanaman bisa lebih produktif.

Advertisement

5. Harganya murah, manfaatnya melimpah! Sebagai limbah yang dimanfaatkan, ampas tahu bisa jadi ladang bisnis yang menggiurkan dan ramah lingkungan

Ampas tahu punya banyak manfaat | Photo by Kalypso World via DepositPhotos – Ron Lach via www.pexels.com

Harga ampas tahu mentah atau belum diolah dan dikeringkan, sebenarnya sangat tidak menentu, tergantung ketersediaan dan tergantung harga pokok kedelai. Hanya saja bisa dikisarkan antara 3 ribu hingga 6 ribu/kg, tergantung kualitasnya. Harga bahan dasar ini tentu tergolong murah jika diolah menjadi aneka makanan lezat yang menarget pasar khusus.

Selain makanan, ampas tahu juga bisa jadi bisnis yang menggiurkan jika diolah menjadi pupuk atau pakan ternak. Ampas tahu yang diolah menjadi pupuk dan pakan ternak tidak harus yang memiliki kualitas

bagus, jadi bisa didapat dengan harga yang lebih murah. Sementara harga jualnya kisaran 15 ribu hingga 25 ribu. Selain menguntungkan, bisnis olahan ampas tahu juga ikut membantu mengurangi pencemaran lingkungan lo.

Nah, itu dia hidden gems dari ampas tahu yang biasanya terabaikan. Nggak nyangka ya, ada limbah yang bisa begitu bermanfaat dan punya nilai ekonomi yang tinggi jika dimanfaatkan dengan tepat. Apakah kamu tertarik untuk memanfaatkan ampas tahu? Atau kamu punya ide lain untuk memanfatkan ampas tahu ini? Share yuk, pengalamanmu.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE