Selain Simpan Es Batu, 7 Manfaat Lain Freezer ini Bikin Cengar-Cengir. Asli, Harus Coba sih~

Manfaat lain freezer

Sepertinya kamu harus bersepakat, kalau semua benda yang diciptakan memiliki lebih dari satu fungsi. Seperti rice cooker yang juga bisa dimanfaatkan untuk masak mi instan, setrikaan yang bisa digunakan untuk bikin roti bakar, dan kini freezer kulkas yang bisa digunakan untuk mencuci celana jeans!

Advertisement

Iya, freezer kulkas. Benda ini nyatanya nggak hanya berfungsi untuk membekukan air menjadi es atau menjaga bahan makanan lainnya tetap awet. Berikut 7 manfaat lain freezer yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Untuk memisahkan lembar foto atau berkas yang menempel keras, masukkan ke dalam freezer agar lebih mudah dilepas

memisahkan lembar foto atau berkas yang lengket via www.ehow.com

Lembar foto yang disimpan terlalu lama biasanya akan menempel satu sama lain. Dan jika kamu memaksakan untuk memisahkannya, maka lembar tersebut akan rusak.

Nah, masukkan foto atau berkas tersebut ke dalam plastik tertutup, lalu masukkan ke dalam freezer selama 20 menit. Gunakan pisau dapur atau penggaris untuk memisahkannya. Kalau belum berhasil, ulangi menyimpan di dalam freezer.

Advertisement

2. Freezer bahkan bisa membersihkan panci yang menghitam karena kelamaan dijerang atau digunakan untuk masak air

menghilangkan bekas hitam pada panci via food.detik.com

Terlalu lama menjerang air atau kelupaan menghangatkan makanan kadang bikin panci jadi gosong. Untuk mengatasinya, kamu bisa letakkan panci tersebut dalam freezer selama beberapa jam. Setelahnya, cuci dengan cara biasa. Noda yang menempel akan lebih gampang terangkat.

3. Kamu punya sepatu yang kekecilan? Masukkan ke freezer untuk ‘nambah’ ukuran

upgrade ukuran sepatu dengan freezer via www.ehow.com

Kini kamu bisa memanfaatkan freezer untuk sedikit meregangkan ukuran sepatu agar nyaman digunakan. Tinggal isi dua kantong ziplock dengan air, sisakan 2,5 cm ruang kosong antara garis air dan segel. Kemudian masukkan ke dalam rongga sepatu. Simpan di dalam freezer selama 2-3 hari agar air yang membeku bisa meregangkan ukuran sepatumu. Eits, bersihkan sepatumu dulu ya biar nggak mengotori freezer.

4. Buatmu yang malas mencuci jeans, cara ini cukup membantu. Nggak butuh air dan deterjen, tinggal masukkan ke freezer!

memasukkan jeans ke freezer nggak akan merusak serat kain via www.ehow.com

Daripada mencuci jeans dengan cara konvensional yang berisiko merusak serat kain atau bikin melar, lebih baik gunakan cara nggak biasa ini. Kamu bisa masukkan jeans ke dalam kantong plastik terlebih dahulu, lalu biarkan selama 1-2 hari agar freezer membunuh bakteri penyebab bau.

Advertisement

5. Mendinginkan sprei dan selimut ke dalam freezer juga bisa dilakukan demi sensasi tidur yang lebih nyenyak

biar nggak gerah via www.ehow.com

Tidur di musim kemarau itu memang bikin dilema. Mau pakai selimut gerah, nggak pakai selimut tapi kok banyak nyamuk. Nah, atasi dengan menaruh sprei, selimut dan sarung bantal di dalam kantong plastik, kemudian simpan di dalam freezer selama 1-3 jam. Pasang kembali sejenak sebelum tidur dan biarkan keademan menyelimutimu. 😀

6. Freezer pun bisa menambah usia pemakaian lilin dan baterai untuk keadaan darurat

lilin yang dingin atau beku akan lebih lama mencair ketika digunakan via www.ehow.com

Lilin yang didinginkan akan lebih lama meleleh jika dibakar. Sementara baterai yang disimpan dalam freezer memiliki daya guna yang lebih panjang. Untuk menyiasati keadaan darurat seperti mati listrik tiba-tiba dan berkepanjangan, nggak ada salahnya simpan kedua benda ini ke dalam freezer. Pastikan kamu menutup rapat dalam wadah dan menyesuaikan dengan suhu ruangan terlebih dahulu sebelum menggunakannya, ya.

7. Satu lagi, berkat freezer, kamu akan bisa melepas permen karet yang menempel pada pakaian

memudahkan melepas permen karet yang menempel di pakaian via www.kanal247.com

Kebanyakan orang akan gegabah ketika membersihkan pakaian yang ketempelan permen karet. Bukannya bersih, noda permen karet malah makin awet. Baiknya alasi pakaian yang terkena permen karet dengan selembar kertas dan simpan di dalam freezer selama 1-2 jam. Permen karet akan lebih mudah diambil setelahnya.

Freezer ternyata nggak sekadar jadi tempat untuk membuat es batu atau menyimpan bahan makanan lainnya saja, ya. Tertarik nggak, untuk mencoba salah satu manfaat lain dari freezer ini? Atau kamu sudah mencoba satu di antaranya?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE