Bukannya Membuka Pori-pori, ini 6 Manfaat Menguapi Wajah dengan Air Hangat yang Sebenarnya

Manfaat menguap wajah

Ada banyak cara untuk merawat wajah. Salah satunya ialah dengan menguapinya menggunakan air hangat. Hingga kini banyak orang percaya bahwa menguap wajah dengan air hangat bisa membuka pori-pori. Tapi sebetulnya bukanĀ  di situ esensinya.

Advertisement

Ada beberapa manfaat menguap wajah dengan air hangat, yang tentunya bisa memangkas kocekmu untuk datang ke salon perawatan.

1. Penguapan wajah dengan air hangat bisa meningkatkan sirkulasi darah

perlancar sirkulasi darah

Cara ini bisa mengeluarkan uap hangat dan keringat secara bersamaan yang bikin pembuluh darah melebar dan melancarkan peredaran darah. Nah, karena aliran darahnya lancar, oksigennya akan terdistribusi secara optimal. Wajah pun akan terlihat lebih berseri dan bercahaya.

2. Sebum atau minyak alami yang terperangkap di wajah bisa diluruhkan dengan menguapinya pakai air hangat

menghilangkan sebum via www.puckerandpout.com

Sebenarnya, sebum bisa menjaga kesehatan kulit wajah. Sayangnya, kalau terperangkap di bawah permukaan kulit justru bisa berkembang menjadi bakteri yang jadi penyebab komedo dan jerawat. Nah, menguapinya dengan air hangat bisa sedikit membantu meluruhkan sebum yang terperangkap.

Advertisement

3. Kulit wajah pun bisa terhidrasi dengan baik kalau kamu sering menguapinya

kulit terhidrasi via www.lanshin.com

Kalau kulit wajahmu tergolong kering, coba deh masukkan rutinitas menguapi wajah dengan air hangat. Uap air hangat ini bisa bantu meningkatkan produksi minyak yang bikin wajahmu makin lembap. Tapi nggak perlu khawatir, minyak alami ini nggak sampai menyumbat pori-pori kalau kamu membersihkan wajah dengan rutin.

4. Produk skincareĀ pun akan terserap dengan baik kalau kamu rutin melakukan rutinas menguapi wajah dengan air hangat

skincare cepat terserap via theskincareedit.com

Proses penguapan akan meningkatkan permeabilitas kulit, sehingga memungkinkan untuk menyerap nutrisi lebih baik. Permeabilitas sendiri merupakan kemampuan yang dimiliki membran untuk meloloskan sejumlah partikel untuk menutrisi kulitmu.

5. Kalau wajahmu lagi berjerawat, bantu hilangkan dengan menguapinya menggunakan air hangat

menghilangkan jerawat via www.cosmo.ph

Penguapan wajah bisa menghilangkan sel kulit mati, bakteri, kotoran, dan minyak berlebih yang jadi penyebab jerawat. Nggak hanya itu, penguapan pun mampu melembutkan lapisan kulit akibat bekas jerawat yang nggak kunjung hilang lo!

Advertisement

6. Kalau mau wajahmu lebih awet muda, sesekali uapi wajahmu dengan air hangat

lebih awet muda via www.health.com

Saat diuap, aliran darah akan meningkat dan bisa mengencangkan kulit. Proses penguapan ini juga bisa meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang merupakan protein utama yang bikin kulit kencang. Nggak cuma itu, menguap dengan air hangat juga bisa bikin wajah lebih rileks. Apalagi kalau kamu tambahkan minyak essential ke dalamnya.

Meski memiliki banyak manfaat, sayangnya cara ini nggak boleh dilakukan pada kulit sensitif dan yang punya masalah kulit. Apalagi jika proses penguapan yang kamu lakukan terlalu dekat dengan wajah. Jadi, kamu yang kulit wajahnya normal, nggak sensitif atau punya masalah, lakukan ini 2 kali seminggu saja, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE