Sering Dianggap Gulma Jahat, Rumput Teki Ternyata Punya 6 Manfaat Sebagai Tanaman Obat

Manfaat rumput teki

Siapa yang langsung ingat sama lord Didi Kempot waktu dengar istilah rumput teki? Meski terkenal di kalangan sobat ambyar sebagai tembang nelangsa, gulma pertanian yang kerap tumbuh di lahan terbuka ini sering dianggap mengganggu. Ini karena pertumbuhannya yang cenderung nggak terkendali, serta adaptif di berbagai kondisi tanah.

Advertisement

Meski begitu, kamu nggak perlu sebal kalau pekarangan rumahmu ditumbuhi rumput teki. Karena faktanya rumput liar ini bukan gulma jahat. Nggak seperti lagu Suket Teki-nya Didi Kempot yang bikin ambyar mengingat keegoisan seorang kekasih, rumput teki adalah tanaman obat bermanfaat. Rumput teki terbukti memiliki protein dan daunnya mengandung silikon monoksida, kalsium oksida dan senyawa klorin. Nah, daripada terlanjur dibasmi, mending kamu simak dulu 6 manfaat rumput teki ini.

1. Dapat digunakan sebagai obat menstruasi

bisa menjadi obat menstruasi via www.shutterstock.com

Siklus menstruasi perempuan kadang bisa terganggu karena pola makan, hormon, atau stres. Nah, sebelum kamu mengonsumsi obat-obatan generik, ada baiknya coba menggunakan umbi rumput teki. Cukup siapkan umbi rumput teki yang sudah dicuci hingga bersih, lalu dihaluskan dan rebus hingga mendidih. Selanjutnya, kamu bisa minum hasil rebusan secara teratur.

Kandungan minyak atsiri yang terkandung terbukti bisa mengobati masalah menstruasi yang nggak teratur.

Advertisement

2. Bisa mengobati kencing batu

bisa mengobati kencing batu via www.thespruce.com

Nggak hanya mengatasi masalah menstruasi, umbi rumput teki juga bisa menyembuhkan kencing batu. Dengan cara pengolahan yang sama, hasil rebusan umbi dapat melancarkan saluran kencing yang tertahan secara efektif. Untuk perempuan, sekali minum dapat dua manfaat nih!

3. Efetif untuk menurunkan demam

efektif menurunkan demam via m.dailyhunt.in

Kalau biasanya kamu mengompres demam hanya dengan air, baiknya coba mencampurkan umbi rumput teki. Kamu bisa menghaluskan umbi untuk kemudian dicampur dengan sedikit air. Antipiretik yang cukup tinggi pada ramuan umbi rumput teki sangat efektif untuk menurunkan demam.

4. Mengatasi tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko hipertensi

mengatasi tekanan darah tinggi dan hipertensi via alchetron.com

Untuk mengantisipasi darah tinggi dan hipertensi, ekstrak alkohol yang dimiliki ekstrak rumput teki dipercaya efektif. Selain itu, kandungan tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, menurunkan gula darah, serta mempercepat penyembuhan luka baru. Kamu tinggal mengompreskan rumput teki pada bagian luka hingga mengering.

Advertisement

5. Mengobati berbagai masalah pencernaan

mengobati masalah pencernaan via mangalorespice.com

Lagi-lagi umbi rumput teki bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan senyawa aktif dan enzim dalam rumput teki dapat merangsang reaksi biokimia yang memengaruhi sistem pencernaan. Jika kamu sering mengalami masalah buang air besar, diare, hingga disentri, mungkin bisa coba mengonsumsi ekstrak umbi rumput teki.

6. Bisa digunakan untuk mengurangi peradangan

berperan sebagai obat antiinflamasi via wsimag.com

Penelitian terkait rumput teki sudah sampai pada ditemukannya sifat antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan. Dengan mengonsumsi ekstrak rumput teki yang tinggi kandungan triterpenoid secara rutin, penyakit seperti diabetes, gangguan hati, bahkan ginjal bisa terobati secara alami.

Nah, meski memiliki banyak manfaat, rumput teki juga memiliki efek samping namun jarang terjadi. Sejumlah penelitian menemukan efek samping berupa sembelit dan bahkan penurunan tekanan darah. Ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter atau mengonsumsinya secara nggak berlebihan, ya!

Bagaimana, masih akan menganggap gulma yang satu ini jahat alih-alih bermanfaat sebagai tanaman obat?

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE