6 Manfaat Menaruh Tanaman Hijau di Dalam Rumah Selain untuk Hiasan. Bikin Tidur Lebih Nyenyak!

Manfaat tanaman indoor

Salah satu hobi yang tengah digemari di masa-masa social distancing ialah memelihara tanaman di dalam rumah. Alasannya sebenarnya sederhana, utamanya agar rumah terlihat lebih cantik.

Advertisement

Tapi tak sebatas itu, meletakkan tanaman hijau di dalam rumah ternyata punya banyak manfaat lain. Bahkan, ada yang menyebut bahwa tanaman indoor ini bagus untuk kesehatan tubuh. Kamu yang sampai sekarang masih ragu untuk menanam dan meletakkan tanaman hijau di dalam rumahmu, simak dulu artikel berikut ini.

1. Tanaman hijau di dalam rumah bisa bantu membersihkan udara dan menetralisir racun di dalamnya

bisa membersihkan udara via id.pinterest.com

Faktanya, di dalam ruangan pun bisa jadi terdapat polutan seperti radon, formaldehyde, benzen, dan asbestos. Mengutip laman Klik Dokter, penelitian yang dilakukan oleh NASA Clear Air Study menyebut bahwa tanaman bisa menghilangkan sampai 87 persen racun di udara dalam waktu 24 jam. Beberapa tanaman yang bisa menyerap polutan di antaranya Lidah Mertua, Lidah Buaya, dan Lili Perdamaian.

2. Sakit pernapasan bisa diredakan dengan meletakkan tanaman hijau dalam rumah

mengurangi penyakit pernapasan via hellosehat.com

Mengutip laman Liputan 6, penelitian yang dilakukan oleh University of Agriculture di Norwegia mengungkap jika tanaman hias dapat membantu meringankan gejala alergi. Tanaman ini bisa mengurangi debu dalam rumah sehingga sakit pernapasan pun bisa diredakan. Bahkan, risiko batuk, sakit tenggorokan, dan asma bisa menurun lebih dari 30 persen lo! Pilih tanaman indoor yang tetap menlepaskan oksigen bahkan saat malam hari, ya!

Advertisement

3. Tanaman hijau juga bisa meredakan stres dan meningkatkan kesehatan mental

bisa meredakan stres via www.piqsels.com

Dengan memandang dan menyentuh daun tanaman selama dua menit, stres bisa mereda, melansir laman Cosmopolitan. Jika kamu masih pemula, pilihlah tanaman yang mudah perawatannya, seperti sukulen misalnya. Tapi jika rumahmu punya cahaya yang minim, tanamlah Philodendron.

4. Tanaman yang diletakkan di meja kerja dipercaya dapat meningkatkan produktivitasmu dalam bekerja

lebih produktif via jabar.sindonews.com

Meletakkan tanaman hijau di atas meja kerja bisa meningkatkan produktivitas hingga 15 persen. Sebab, secara nggak langsung tanaman akan memberikan koneksi sehingga otak jadi lebih tenang dan fokus.

5. Tanaman yang diletakkan di kamar bisa membuatmu tidur lebih nyenyak lo!

tidur lebih nyenyak via www.islampos.com

Sayangnya nggak semua tanaman boleh diletakkan di kamar, karena bisa membuatmu berebut oksigen dengannya. Nah, beberapa tanaman yang bisa membuat tidurmu lebih tenang di antaranya ialah melati, lavender, dan gardenia.

Advertisement

6. Bahkan, ada tanaman yang bisa meminimalisir radiasi

menangkal radiasi via titiknol.co.id

Biasanya, tanaman dengan daun kecil bisa mengurangi efek radiasi yang ditimbulkan oleh penggunaan alat elektronik seperti komputer dan ponsel. Seperti kaktus misalnya, yang dipercaya bisa mengurangi efek radiasi layar komputer.

Nah, biar tanaman dalam ruangan tetap tumbuh subur, baiknya jangan terlalu banyak disiram. Ada juga beberapa tanaman yang sesekali harus kamu keluarkan dari rumah, supaya terpapar sinar matahari. Tapi tenang, merawat tanaman indoor nggak seribet itu kok. Jadi, bisa dicoba sekalian mengisi waktu selama WFH, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE